APAKAH BESI TUANG (CAST IRON) ITU ???


Secara umum Besi Tuang (Cast Iron) adalah Besi yang mempunyai Carbon content 2.5% – 4%. Oleh karena itu Besi Tuang yang kandungan karbonnya 2.5% – 4% akan mempunyai sifat MAMPU LASNYA (WELDABILITY) rendah. Karbon dalam Besi Tuang dapat berupa sementit (Fe3C) atau biasa disebut dengan Karbon Bebas (grafit). Perlu di ketahui juga kandungan FOSFOR dan SULPHUR dari material ini sangat tinggi dibandingkan Baja.

Ada beberapa jenis Besi Tuang (Cast Iron) yaitu :

  1. BESI TUANG PUTIH (WHITE CAST IRON).Dimana Besi Tuang ini seluruh karbonnya berupa Sementit sehingga mempunyai sifat sangat keras dan getas. Mikrostrukturnya terdiri dari Karbida yang menyebabkan berwarna Putih.
  2. BESI TUANG MAMPU TEMPA (MALLEABLE CAST IRON).Besi Tuang jenis ini dibuat dari Besi Tuang Putih dengan melakukan heat treatment kembali yang tujuannya menguraikan seluruh gumpalan graphit (Fe3C) akan terurai menjadi matriks Ferrite, Pearlite dan Martensite. Mempunyai sifat yang mirip dengab Baja.
  3. BESI TUANG KELABU (GREY CAST IRON).Jenis Besi Tuang ini sering dijumpai (sekitar 70% besi tuang berwarna abu-abu). Mempunyai graphite yang berbentuk FLAKE. Sifat dari Besi Tuang ini kekuatan tariknya tidak begitu tinggi dan keuletannya rendah sekali (Nil Ductility).
  4. BESI TUANG NODULAR (NODULAR CAST IRON)NODULAR CAST IRON adalah perpaduan BESI TUANG KELABU. Ciri Besi tuang ini bentuk graphite FLAKE dimana ujung – ujung FLAKE berbentuk TAKIK-AN yang mempunyai pengaruh terhadap KETANGGUHAN, KEULETAN & KEKUATAN oleh karena untuk menjadi LEBIH BAIK, maka graphite tersebut berbentuk BOLA (SPHEROID) dengan menambahkan sedikit INOCULATING AGENT, seperti Magnesium atau calcium silicide. Karena Besi Tuang mempunyai KEULETAN yang TINGGI maka besi tuang ini di kategorikan DUCTILE CAST IRON.

FAKTOR-FAKTOR APA YANG MEMPENGARUHI SIFAT MAMPU LAS (WELDABILITY) PADA MATERIAL INI ???

  1. Ketegangan saat pendinginan.Secara teori pengelasan (welding) material las (logam las / weld metal) akan berkontraksi selama pendinginan. Karena kerapuhan dari besi tuang inilah kontraksi cast iron mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibandingkan Baja.
  2. Bentuk yang tidak beraturan.Umumnya Besi Tuang ini dibuat dalam bentuk yang tidak berarturan atau boleh saya bilang artistik. Dengan adanya bentuk yang rumit besi tuang tersebut sedikit banyak mempunyai ketebalan yang tidak seragam hal ini akan mempengaruhi kontraksi tegangan yang terjadi pada material tersebut dan mudah terjadi retak dan perlu diingat juga yang melatarbelakangi ini adalah sifatnya yang mempunyai daya lentur yang sangat rendah.
  3. HAZ yang keras.HAZ pada Besi Tuang yang berdekatan dengan Weld Metal akan mempunyai sifat yang KERAS. Pengerasan ini diakibatkan oleh adanya bagian HAZ yang tidak ikut mencair.
  4. Pengikatan Karbon dari Base Metal.Akibat Pengelasan Besi tuang yang tercampur dengan Base Metal akan menyebabkan terjadinya pengikatan KARBON pada WELD METAL sehingga menyebabkan peningkatan kandungan SULFUR dan PHOSPOR dalam WELD METAL tersebut.
  5. Penyerapan Minyak pada Besi Tuang.Karena bentuk kareketeristik material ini rata-rata berpori maka kemungkinan terjadinya peresapan minyak dalam graphite yang menyebabkan porositas pada logam las. Biasanya sering dialami oleh temen praktisi welding, repair pada saat maintenance.

Mengapa Cast Iron jika di Las Sering terjadi retak? Sebelum kita bahas hanya keretakan pada Cast Iron, ada baiknya jika kita mengerti terlebih dahulu apa yang disebut Crack pada logam, apa yang menyebabkan crack pada logam, apa pengaruh Chemical Composition terhadap mudah tidaknya suatu logam retak, Apa itu diagram CCT dan CCCT, dll. Sehingga kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan dalam memahami terjadinya crack pada pengelasan Cast Iron…..

Keretakan pada proses pengelasan Cast Iron, ada beberapa faktor yang saling dukung mendukung sehingga memudahkan terjadinya Crack.

Faktor utamanya adalah :

  1. Chemical Composition : %C = Carbon terlalu tinggi. Unsur C yang tinggi memang akan menurunkan Titik Lebur baja (Mesti dibahas juga Diagram Fe-Fe3C) sehingga antara proses peleburan dan penuangan di cetakan lebih mudah. Tetapi karena sifatnya yang lunak akan menjadi sumber keretakan di paduan Besi Cor, apalagi yang C nya berbentuk Flake (Besi cor mempunyai Carbon bebas, mungkin seperti radikal bebas di tubuh kita). %P= Posphor dan %S= Sulphur Tinggi. Dalam paduan Fe, kadar P dan S tidak boleh lebih besar dari keteentuan. Karena lebih dari itu akan menyebabkan sumber keretakan (kalau di proses rolling pembuatan besi beton bisa pecah) . Lantas mengapa unsur P dan S ini tidak diturunkan saja? Dalam proses pengecoran, unsur P dan S sangat diperlukan untuk meningkatkan mampu alir dari cairan besi….
  2. Faktor-faktor lain seperti bentuk yang kompleks dan lain tidak banyak berpengaruh, karena kebanyakan pada proses pengelasan Cast Iron, keretakan terjadi pada daerah HAZ.
  3. Bagaimana pengaruh Olie dll ? Pengotor seperti ini lebih banyak berpengaruh terhadap terjadinya Porosity pada weld metal.

Lantas bagaimana untuk menghindari terjadinya keretakan pada pada proses pengelasan Cast Iron?

  1. Gunakan kawat las Nickel.
  2. Kontrol heat input dan Cooling rate…
  3. Sebelum mengelas harus dibersihkan terlebih dulu dari misalnya Olie, Cat dlll.

Pada umumnya Besi Tuang (Cast Iron) mempunyai bentuk yang rumit suatu contoh (PIPE FITTING, SPROKECT, PUMP, CRANK SHAFT MESIN MOBIL dan beberapa peralatan yang terdapat pada Pabrik GULA) bukan dalam bentuk MILD seperti STEEL yang sering kita temui dipasaran.

BAGAIMANA KORELASINYA.

Dengan adanya bentuk yang rumit besi tuang tersebut sedikit banyak mempunyai ketebalan yang tidak seragam hal ini akan mempengaruhi konstraksi tegangan yang terjadi pada material tersebut dan mudah terjadi retak.

Untuk menghindari timbulnya keretakan pada sebuah besi tuang karena ketegangan akibat konstraksi tegangan selama pengelasan sering dilakukan dengan memperluas bidang yang dipanasi dengan PREHEATING untuk menyeimbangkan KONTRAKSI TEGANGAN dalam hal ini ada metode yang dilakukan dalam preheating :

  1. PREHEATING SETEMPAT.Tujuannya untuk menghambat tingkat pendinginan sambungan las.
  2. PREHEATING KESELURUHAN.Mempunyai fungsi untuk melepaskan tegangan internal yang tersembunyi dan untuk memperlambat pendinginan pengelasan. Hal ini cocok untuk material yang mempunyai bentuk rumit Seperti RODA GIGI, SPROKET dsb.

MENGAPA KAWAT LAS BESI TUANG BERBASIS PADA UNSUR NICKEL (Ni) ??

Nickel adalah suatu logam berwarna Putih perak, Mempunyai Berat Jenis 8.5 yang hampir sama dengan Tembaga.

Nickel dijadikan sebagai bagian dari bahan Kawat Las Cast Iron karena Nickel mempunyai karakteristik LOW SOLUBILITY pada Carbon. Dengan menyatunya NICKEL & BESI dapat menghindari terjadinya CRACK (RETAK) PADA DAERAH FUSION LINE akibat adanya perbedaan EXPANSION temperature pengelasan pada material Cast Iron. Selain itu logam las ini mempunyai karakteristik yang lentur dan mudah untuk dimachining.

Perlu diketahui juga TIDAK SELAMANYA kawat las cast iron berbasiskan pada NICKEL tetapi ada juga kawat las yang berbasiskan TEMBAGA (Copper).

About these ads

36 Komentar

Filed under pendidikan

36 responses to “APAKAH BESI TUANG (CAST IRON) ITU ???

  1. didied

    tolong hal-hal yang berkaitan dengan besi tuang di tambah, karena saya ada ugas. trima kasih (didied mahasisiwa itn
    )

  2. Menurut saya karya yang anda tulis sangat memuaskan. hampir tidak ada kekurangan pada karya maupun tulisan anda. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada anda karna anda telah membantu saya untuk membuat tugas UTS( ujian tengah semester). for you thank’s very much…

    ttd:

    NURHUDA

  3. Saya ada satu masalah dalam satu pekerjaan,pengelasan cast-iron,pada material tersebut sama sekali tidak mau lengket,saya sudah coba berbagai macam kawat las tapi tidak ada yang berhasil,yang saya ingin tanyakan seperti apa proses pengelasan yang benar?,atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

    • dion

      yang namanya besi tuang tidak akan bisa di las mas, salah satu contonhnya adalah block pada engine, karna besi tuang mmpunyai kandungan yang berbeda dengan besi pada umumnya, besi tuang tidak akan berubah bentuk pada tekanan suhu tinggi, kecuali pada titik leburnya, jadi lebih baik di ganti yang baru lagi.

    • Tato

      Pengelasan cast iron harus diperhatikan adalah materialnya bila tidak terlalu korosi dapat dilakukan pengelasan, yg sangat sulit adalah exhaust manifold, krn material ini biasa dengan temperatur tinggi.
      untuk blok engine atau cylinder head rata rata dapat diwelding ,tentunya dengan perlakuan khusus dan tenaga yg trampil.

  4. Ping-balik: Besi Tuang alias Cast Iron « DUNIA WELDING DAN NDT

  5. affan

    yang lebih penting yaitu penjelasan mengenai semua sifat pada 1 material, dan perbandingan dengan material lain

  6. Dewin Purnama

    Saya mau tanya sedikit nih tentang peleburan besi tuang nodular (BTN). Pertanyaannya :

    Pada proses peleburan BTN apakah ketika di casting (di cetak) hasil leburan itu akan menjadi BTN lagi atau tidak ? Mohon penjelesannya yang detail ya….kalo bisa tolong kasih tahu artikel2 atau jurnal2 nya yang mendukung .

    Terima Kasih sebelumnya

  7. andjik

    mas mo tanya masalah grafik suhu terhadap waktu pada bahan besi cor. dengan komposisi ferrit dan carbon tertentu…mohon bantuan nya yah mass….thx

  8. r0man

    thx pak artikelnya. sangat membantu saya dalam membuat tugas.

  9. metal 04

    hebat bgt lo cep, salam dari metal 04, tapi lain kali klo ada yang nanya dibantu dong!!

  10. dapit

    cePPPPP…… thank bwaanget yooo ….berkat karya tulis lo,,,gw bs nyeleseiin msalah yg slma ne jd bebanku….thanks alot pokoe….heeeeeee

  11. sudiono

    numpang nanyak.

    saya mahasiswa pengecoran logam bandung yang akan menyelesaikan tugas akhir.

    saya memiliki masalah dengan tuntutan dari TA saya . mas punya ngak artikel tentang besi cor bergrafit lamelar tumpul.

    terima kasih

  12. shahir

    sy xbrapa nak paham…x blh ka nak tulis bahasa melayu? indon xpham

  13. eddyblora

    Saya ada satu masalah dalam satu pekerjaan,pengelasan cast-iron,pada material tersebut sama sekali tidak mau lengket,saya sudah coba berbagai macam kawat las tapi tidak ada yang berhasil,yang saya ingin tanyakan seperti apa proses pengelasan yang benar?,atas sarannya saya ucapkan terima kasih

  14. kalau bisa ditambahkan juga heat treatment pada besi tuang.
    Kaitannya dengan struktur mikronya, diagram fasa dan TTT, CCT diagrams

  15. makasih buad infonya….. ^_^

  16. m.muhaimin

    saya ada tugas. dari bahan cast iron nie di proses menjadi roda gigi, prosesnya bagaimana aja? kasih solusinya ya?

  17. tolong jelasin manfaat dari bagian besi tuang tersebut, mohon kofirmasinya segera..

  18. pathur

    besi tuang apakah bahan paduan

  19. rey

    boleh tak tolong bg idea cm ne kte nk gntikan besi yg dignakan sbgai tetulang dgn bnde lain yg skras besi dan mmpu mnnggng beban dlm pembinaan sesuatu bangunan…tlg bntu ak

  20. Bollard untuk tambatan kapal adalah salah produk dari Besi Tuang ( Cast Iron )
    Terimakasih artikelnya.

  21. Rega Linza

    terimah kasih, blog ini sangat membantu saya menyelesaikan tugas BKK :) XDD

  22. andhy

    saya mau tanya ne,,,
    unsur apa saja yang terkandung didalam besi tuang putih.
    thxz sblumnya.

  23. Mohon dijelaskan maksud dari mall S 35 C itu cor besi jenis apa ? trima kasih

  24. Mantap. Sangat berguna bagi saya..
    Salam kenal

  25. Muslimin B.

    Seberapa besar pengaruh proses preheating pada pengelasan Besi Tuang??

  26. ahmad

    saya tak tau besi tuang hanya 4 jenis saje ke atau ada lebih bnyak dari tu ???

  27. hendra

    apa saja problem yang di alami di dlam penggunaan besi tuang…
    dan apa persamaan besi tuang dengan besi cor..
    aku masih kurang paham..
    coba jlas kan detail nya yah..
    makasih…

  28. namanya saja besi tuang jadi pengerjaan benda-benda yang terbuat dari besi tuang adalah dengan cara dituang atau cor kalaupun dilas memang bisa, tapi hasilnya tentu saja tidak akan bertahan lama apalagi untuk bagian mesin yang menerima beban yang ekstrem!

  29. besi tuang paling baik ya dituang bisa dilas tapi hasilnya kurang bagus apalagi elemen mesin yang menerima beban kejut ataupun ekstrem

  30. sasiboy99

    apa maksud hb besi tuang putih

  31. sutikno

    Numpang nanya nihh…?
    Mengapa besi corr silit digalvanis bahkan kadang tidak mau nempel sama sekali,apa ada cara untuk menggalvanis besi corr dengan sempurna, ada yang bisa njawab ndak ya… Trims.

  32. zenith

    Makasih info nya mas bro!
    Dapet satu material buat overboss blok silinder ninin ane yg udh baret……

  33. teguh

    Mengapa pada produk dengan bahan Fc 250, selesai di las tidak mampu mesin (proses pembubutan). Pengelasan menggunakan elektrkda cin 1, apakah aplikasi pengelasan yg salah atau harus menggunakn kawat las khusus. Mhn bantuan dari kwan2. Bls ke email bteguh8237@yahoo.co.id

    Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s