2 MEI

Indonesia hari ini! “Bulan Mei merupakan bulan yang kental nuansa Pendidikan”, begitulah yang penulis rasakan. Subyektif memang pernyataan di atas. Namun, walaupun bukan suatu argumen pernyataan penulis merupakan refleksi dari suasana Indonesia pada bulan ini, bulan Mei.

Seperti yang kita ketahui Peringatan Hari Pendidikan Nasional Republik Indonesia jatuh pada tanggal 2 Mei. Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasonal bertepatan dengan hari lahirnya salah satu tokoh pendidkan kita yaitu Ki Hajar Dewantara dengan nama asli: Raden Mas Soewardi.

Tentang perjuangan Ki Hajar Dewantara untuk memajukan pendidikan di bumi Indonesia, beliau sempat mendirikan salah satu taman siswa pada 3 Juli 1922 untuk sekolah kerakyatan di Yogyakarta. Kemudian beliau juga sempat menulis berbagai artikel yang intinya memprotes berbagai kebijakan para penjajah (Belanda) yang kadang membunuh serta menghambat tumbuh dan berkembangnya pendidikan di Indonesia.

Keberanian beliau patut diteladani dalam berjuang untuk kemajuan bangsa ini, dan kini kita lah yang berkewajiban meneruskan perjuangan untuk pemerataan pendidikan bagi segenap anak bangsa Indonesia.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara meneruskan perjuangan para pendahulu kita? Sederhananya adalah kita berusaha mewujudkan atau merealisasikan amanat Undang-Undang tahun 1945 tentang pendidikan.

Telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pada bab XIII pasal 30 tentang Pendidikan berikut :

(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.

(5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan manusia.

Dari kelima ayat dari Undang-Undang Dasar 1945, Bab XIII Pasal 30, telah digambarkan bahwa Pendidikan itu merupakan tanggung jawab negara. Negara yang kekuasaan di pegang oleh Pemerintah seringkali lepas tangan ketika dimintai pertanggung jawaban mengenai keadaan pendidikan di Indonesia.

Walaupun anggaran Pendidikan dalam APBN 20 % dari total APBN , namun masih ada saja sekelompok orang yang terpinggirkan, terlantar, hingga terlupakan. Mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan, dan mereka yang sehari – hari membantu orang tuanya bertahan hidup sebagai pemulung, pengamen, dan anak-anak yang tidak sempat mengenyam pendidikan.

1 Komentar

Filed under pendidikan

One response to “2 MEI

  1. thanks, seperti biasa infonya sangat bermanfaat

    TELKOMSEL UNLIMITED ready stock

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s