Peduli Pendidikan Indonesia

Krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini seolah belum menampakkan tanda-tanda ke arah perbaikan yang signifikan. Hal ini dapat terlihat dari kian meningkatnya angka kemiskinan pada sebagian besar rakyat Indonesia. Mereka berjuang menjalani kehidupan yang tampak semakin sulit. Meningkatnya angka kemiskinan akan menimbulkan masalah-masalah baru dalam masyarakat, misalnya ketidakmampuan dalam menjalani pendidikan karena keterbatasan yang mereka alami. Di satu sisi mereka memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran guna mengembangkan keahlian dan kualitas yang mereka miliki, namun di sisi lain mereka tidak memiliki kemampuan yang dapat menunjang mereka untuk tetap melanjutkan pendidikan karena ketidaktersediaan dana.

Sebagai insan akademis sudah selayaknya kita peduli pada realitas sosial yang dihadapi masyarakat kita saat ini. Mereka berharap banyak pada kemampuan yang kita miliki untuk dapat memberikan kontribusi positif kita guna pengembangan masyarakat ke arah yang lebih baik. Berangkat dari hal di atas, kami mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Indonesia membentuk suatu forum yang bernama Forum Peduli Pendidikan Indonesia atau disingkat Forum PPI, yang berkonsentrasi pada masalah pendidikan dan pelatihan informal bagi masyarakat miskin.

Sejarah Singkat Forum PPI

Ide membuat forum ini berawal dari beberapa mahasiswa fakultas teknik yang mengumpulkan pengurus Sekolah Nonformal Fakultas pada satu tempat (di ruang sekretariat SNF FE UI) dengan tujuan awal mempererat tali silaturahmi dan saling berbagi pengalaman dalam mengurus sekolah non-formal (selanjutnnya disebut SNF). Setelah diadakan perbincangan lebih lanjut, dapat diketahui bahwa pada hampir semua fakultas di UI memiliki program pendidikan sekolah non-formal. Dari pertemuan tersebut kami menyepakati nama kegiatan yang akan menjadi landasan kami ke depan yaitu Peduli Pendidikan Indonesia (PPI). Setelah itu kami melakukan berbagai pertemuan secara intensif guna menentukan kemana arah tujuan dari kegiatan ini, akhirnya tercetuslah gagasan bahwa kegiatan ini berbentuk Forum, (walau tidak menutup kemungkinan akan mengalami perubahan seiring berjalannya kegiatan ini). Fokus utama kami berada pada masalah pendidikan, terutama pendidikan yang berorientasi pada pengembangan kemampuan masyarakat miskin. Kami berharap agar tercipta suatu pendidikan yang berkeadilan bagi setiap lapisan masyarakat.

2 Komentar

Filed under pendidikan

2 responses to “Peduli Pendidikan Indonesia

  1. Yayasan Al-Karimah Rangkasbitung

    Kepada Yth,
    Forum PPI

    Dengan hormat

    Dengan rahmat Allah SWT, kami sampaikan salam sejahtera semoga dalam menjalankan aktifitas sehari – hari kita selalu berada dibawah lindungan-Nya, Aminn
    Membicarakan masalah peduli pendidikan anak, kami disini sedang merintis sebuah Yayasan Pendidikan Anak Usia Dini guna untuk ikut andil dalam pembangunan sumber daya manusia dan guna ikut berperan serta atas tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tertuang pada pembukaan Undang Undang Dasar 1945.
    Selama ini kegiatan pada yayasan yg kami rintis masih berjalan dengan sarana dan fasilitas yang amat sangat kurang memadai, karena memang kurangnya modal yang kami miliki.
    Kami masih sangat membutuhkan bantuan, dalam bentuk apapun guna untuk mewujudkan cita – cita ini
    Mungkin ada pihak – pihak yang terketuk pintu hatinya untuk membantu kami maka kami ucapkan banyak terima kasih

    Demikian sedikit atensi dari kami, dan marilah kita bersama – sama untuk peduli terhadap Pendidikan

    Salam
    Pengurus Yayasan Al-Karimah Rangkasbitung

    Sunarto
    Ketua Yayasan

  2. Yayasan Al-Karimah Rangkasbitung

    Dear All

    Dengan Hormat

    Jika anda menginginkan informasi lebih lanjut bisa anda hubungi e mail kami di yp_alkarimah@yahoo.co.id

    Terima Kasih

    Salam
    NartO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s