Lima Jurus Jitu Negosiasi Bisnis

1. Pisahkan pokok masalah yang dinegosiasikan dengan lawan. Jangan sampai masalah pribadi menghambat proses negosiasi yang sedang berjalan. Tak heran perusahaan-perusaha an besar biasanya mempunyai tim negosiasi yang terdiri dari beberapa orang dengan keahlian berlapis-lapis. Dengan begitu, tidak akan pernah terjadi konflik pribadi dengan proses negosiasi.

2. Selalu mengacu pada tujuan utama negosiasi. Apa hasil akhir yang kita inginkan dalam negosiasi ini? Bukan masalah menang atau kalah, apalagi sampai menjatuhkan lawan. So, tetap berkepala dingin dan jangan pernah terpancing dengan emosi atau ego mau menang sendiri.

3. Berikan alternatif win-win solution pada lawan. Selalu fleksibel selama negosiasi agar terhindar dari jalan buntu. Persiapkan beberapa solusi alternatif yang diprediksi bisa menciptakan kondisi saling menguntungkan bagi lawan.

4. Selesaikan proses negosiasi dengan cepat dan tidak bertele-tele. Hindari faktor-faktor yang bisa melelahkan lawan seperti proses negosiasi yang terlalu lama, tempat negosiasi yang tidak kondusif, dll. Karena faktor-faktor tersebut cenderung membuat lawan jadi emosional dan berbalik menekan kita.

5. Riset, riset dan riset. Hal terpenting dalam negosiasi sering
berkaitan dengan etika dan budaya. Negosiator ulung selalu melakukan riset untuk mengetahui karakter lawannya. Apa latar belakangnya, kebiasaan, hobi, kesukaan, dll. Terbukti bahwa kebanyakan kontrak besar bisnis dimenangkan bukan di meja rapat, tapi di lapangan golf, kapal pesiar atau restoran.

7 Komentar

Filed under Tips Negosiasi Bisnis

7 responses to “Lima Jurus Jitu Negosiasi Bisnis

  1. Artikel yang Sangat bermanfaat, terima kasih atas kemurahan hati anda berbagi.

  2. fari

    thanks bgt unt infox. .next ksih cntoh kasus.jd lbh mudah aplikasie unt saya.1x lg thanks n GBU

  3. saya fikir artikel ini cukup menarik untuk di pelajari karena menjelaskan tentang negosiasi lebih lanjut…. ! tingkatkan

  4. waahhh bagus juga nihh tulisan,
    kebetulan butuh bangat buat workshop besok
    Tks sob..

  5. ifa

    artikelnya bagus. bisa nambah wawasan. tengs yaa

  6. Teknik yang bagus, akan tetapi menurut saya ada teknik yang belum tertulis di situ.Dan teknik ini sangat penting sekali.
    Teknik Tersebut adalah bagaimana membangun hubungan baik dengan klien / rekan bisnis kita. Karena dengan membangun hubungan baik dengan klien akan memudahkan kita melakukan negosiasi bisnis dengan klien kita.

    Salam,
    Hs. Sugiyanto
    ( CEO http://www.pintarbernegosiasi.com )

  7. sugianto

    Estimasi Anggaran dan Pendapatan Usaha Cuci Helm

    Menyambung materi sebelumnya tentang “manisnya bisnis” cuci helm, Bro Holik kembali menjabarkan secara detail estimasi modal awal hingga pendapatan setiap bulannya.

    Terakhir di dapat angka 11.000; yang merupakan hasil bersih setiap pencucian helm-nya, setelah dikurangi komisi untuk karyawan, sabun dan lainnya serta listrik. Jika perbulan di hitung 25 hari kerja (selebihnya hari libur kerja). Maka…

    “Kita hitung misalnya perhari minimal masuk 20 helm. Maka 20×11.000=220.000;

    Rp. 220.000×25 hari kerja: Rp. 5.500.000; itu murni labanya” jelas bro Holik

    “Kita hitung lagi sewa tempatnya. 400 ribu perbulan (satu tahun 4,8 juta). Harga mesin komplit sekitar 12 juta. Untuk merapikan tempat, 1 juta. Total Rp. 17.800.000;. Yang ini merupakan barang tak habis pakai selama satu tahun”

    “Rp. 5.500.000×12=66.000.000-17.800.000= berarti dalam setahun kita punya laba 48.200.000;” sambungnya lagi.

    “Artinya cukup tiga bulan saja modal awal sudah kembali. Jadi, itulah nikmatnya menjadi mandiri dengan usaha sendiri” tutup bro kholik.

    “Oh iya satu lagi. Saya punya guru. Suatu saat beliau menasehati saya tentang usaha yang saya geluti. Kata-kata yang selalu terngiang di telinga saya adalah. “Telah diciptakan oleh-Nya 10 pintu rejeki. Sembilan untuk para pedagang atau pengusaha, dan hanya satu untuk si pekerja”. Kata-kata tersebut merupakan hadist nabi Muhammad SAW. Dan itu sangat memotifasi untuk giat berbagi dengan menciptakan lapangan pekerjaan ” tutup bro Holik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s