Jiwa Butuh Istirahat

Saya yakin pasti akan datang saat-saat dimana penulis merasa bosan dan jenuh untuk menulis atau posting di Blog. Saya secara pribadi merasakan hal yang serupa saat ini. Sudah hampir 2 minggu belum lagi menulis dan posting, entah kenapa banyak halangan dan semangat menulis menjadi berkurang. apakah ini ada hubungannya dengan Adsense? Atau saya memang lagi suntuk atau jenuh secara alamiah saja? Atau ada hubungannya dengan suasana hati yang tidak menentu; senang, sedih, kecewa,  marah, dan hampa? Atau ada hubunganya dengan faktor ekonomi? Kalau dipikir-pikir terlalu kompleks jika dipikirkan kenapa tidak produktif menulis, lebih baik rileks sejenak meluangkan waktu untuk jiwa agar segar.

Kesibukan yang luar biasa memaksakan diri untuk tetap bekerja ketika jiwa butuh istirahat pada akhirnya hanya akan menjadikan kerja tidak produktif. Masalah bermunculan, kerja jadi tidak efisien jikalau jiwa labil dan lelah. Banyak pakar kejiwaan yang mengingatkan agar adil memeperlakukan diri, artinya manajemen waktu kerja dan istirahat harus optimal. Jika pengelolan waktu kerja dan istirahat tidak teratur jiwa cenderung labil dan hasilnya kerja tidak optimal. Bahkan ada beberapa orang yang terganggu jiwanya karena lemah dalam manajemen waktu untuk kerja dan istirahat. Gangguan jiwa itu diantaranya; Susah tidur, mudah marah emosi, tidak peka dengan lingkungan, dan cenderung over individualist (egois).

Sebaiknya kita tanggap dengan perubahan perilaku dan suasana hati. Karena perubahan dua hal tersebut mengindikasikan bahwa jiwa kita tertekan dan butuh istirahat. Banyak tips agar jiwa kita sehat, diantaranya; berlibur, bersedekah dan berbagi antar sesama, ibadah, dan melakukan hal-hal yang baru (hal yang bukan rutinitas). selamat mencoba.

Iklan

1 Komentar

Filed under intermezo

One response to “Jiwa Butuh Istirahat

  1. thanks infonya yahh, bisa jadi referensi nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s