Broker Property Harus Sabar

Membaca kata broker,apa persepsi yang muncul dipikiran kita? Persepsi kita bisa berarti orang yang suka minta komisi, ada unsur percaloan, atau malah perspektif yang negatif seperti masalah menjandi panjang. Broker sendiri berarti pedagang perantara. Mungkin takala zaman belum seperti sekarang, seorang produsen yang menciptakan suatu produk disebabkan memiliki keterbatasaan waktu dan tenaga untuk menjual dan memasarkan produknya, kemudian menggunakan jasa broker dengan imbalam komisi bagi yang mampu membawa pembeli.


Broker bertindak sebagai pedagang perantara, berfungsi mempertemukan penjual dan pembeli sehingga mempercepat dan membantu kelancaran proses negoisiasi. Hasil akhir adalah memperoleh komisi dari jasa layanan mereka. Broker menjual informasi tentang apa yang dibutuhkan pembeli, dan mencari pemasok-pemasok mana yang menyediakan barang kebutuhan tersebut.

 

Dunia per-broker-an tidak bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari kita. Dalam hal percintaan terkadang muncul juga broker yang kita kenal dengan istilah mak comblang. Tugasnya sebagai katalisator, dalam ilmu kimia, katalisator diperlukan bila ingin melarutkan dua zat yang sulit menyatu tapi dengan adanya katalisator maka zat tersebut akhirnya dapat menyatu.

 

Mak comblang juga ini berfungsi sama seperti itu. Dialah yang aktif berperan untuk bagaimana dua orang yang sedang jatuh cinta ini agar dapat bersatu. Dan bila jadian etika-nya sih ada komisi, biasanya bentuk traktir makan sebagai rasa syukur.

 

Dibidang property, seorang broker memiliki peran untuk menegosiasikan penjualan property antara penjual dan pembeli dengan imbalan komisi tertentu. Sebagai broker professional mereka harus bertindak bagi kepentingan penjual dan pembeli dan buka untuk dirinya sendiri, selain itu juga harus bisa menjadi problem solver, mencari solusi bila ada ketidak sesuaian antara penjual dan pembeli dengan pendekatan win-win solution.

Semenjak saya “terdampar” di ERA, agen broker property banyak hal yang mengubah pandangan saya tentang broker. Sepertinya tugasnya mudah, cukup menghubungkan antara pemilik property dan calon buyer, tapi ternyata tidaklah demikian. Dalam dunia ini justru dikenal “pulungan” (bahasa Jawa), atau jodoh-jodohan . Bila sesama marketing associate tidak jadi closing (transaksi), antara pembeli dan penjual tidak terjadi kecocokan dan tidak terjadi transaksi, kata-kata yang sering muncul pun adalah…”yah sudalah mungkin belum jodoh!” Lemas lagi…..!

 

Kali ini saya menulis bagaimana proses bisnis menjadi pebisnis broker. Tulisan ini masih kurang detail tapi saya mencoba garis besarnya saja. (Catatan: untuk istilah property itu dapat berarti rumah, tanah, bangunan komersial seperti rumah toko, ataupun gudang, bisa juga apartemen).

 

Usaha bisnis broker property sebenarnya tidak perlu banyak modal. Kecuali kita membeli waralaba atau franchise seperti ERA, Century 21, RayWhite, Coldwell Banker, dan lain sebagainya. Itu bisa kisaran 150 juta sampai 350 juta. Belum lagi kita harus menyiapkan budget untuk mencari ruang usaha sebagai kantor, 1 orang yang bertindak sebagai member broker atau managing director, 2 orang pegawai administrasi, 1 orang driver. Gaji mereka disesuaikan dengan UMR setempat, trus ada biaya overhead, seperti listrik, biaya telepon (line telepon minimal dua line). Kantor tidak perlu membayar marketing, karena mereka sifatnya menerima komisi saja.

 

Secara sederhana untuk usaha broker property bila TANPA system waralaba bisa dimulai dengan tim kecil saja. Modal utamanya tentu informasi, yakni mencari informasi property yang akan dijual atau mencarikan property bila kita mendapatkan seorang calon pembeli yang serius dan kemudian mengajaknya bertemu untuk deal harga.

Bagi hasil umum yang berlaku ada komisi berkisar 1 sampai 5%. Developer yakni yang membangun property biasanya berbentuk perumahan umumnya memberikan komisi antara 1-2% bagi broker tradisonal (BT) bila kita membawa buyer dan buyer tersebut membeli rumah developer itu.

 

BT adalah à orang yang menekuni profesi broker tanpa institusi tertentu seperti ERA,

Di ERA sendiri saya jelaskan untuk harga jual s/d 1 milyar komisinya 3%, 1 M s/d 3M komisi 2,5% diatas 3 Milyar komisi 2% sementara untuk komisi sewa (rumah, ruko atau tanah) sama rata dikenaikan 5%. Kalau kita sebagai marketing associate, itu pun ada bagi hasil sendiri dengan kantor ERA. Komisi 3% itu akan dibagi lagi dengan bagi hasil tertentu dengan sekian persen kantor ERA diwilayah jogja misalnya, kemudian royalty yang harus dibayar bagi pemegang waralaba, dan komisi antara marketing yang berhasil men-selling (menjual) dan me-listing rumah serta ada penghasilan dikenakan pajak.

 

Prospek mencari listing (maksudnya mencari pemilik yang sedang/ingin menjual atau menyewa property dan mempercayakan kita untuk memasarkannya), bisa kita dapatkan melalui kawan, kerabat, iklan baris disurat kabar, atau lagi jalan-jalan dan menemukan tanda didepan rumah pemilik. Semuanya itu bisa kita prospek agar bersedia diajak kerja sama dengan kita. Bila kita mendapatkan pembeli kita tawarkan mau tidak sang pemilik memberi komisi kepada kita, atau bekerja sama untuk deal harga, atau sistemnya jual harga dengan cara pemilik mententukan harga terserah kita mau menjual dengan harga berapa. Selisihnya itu menjadi milik kita.

 

Kegiatan untuk mencari pembeli bisa dilakukan dengan meng-iklan-kan property sang pemilik tadi, memang akhirnya kita harus mengeluarkan biaya. Dengan beriklan dari situ lah kita merespon calon pembeli yang betul-betul serius mau membeli rumah tersebut.

 

Nah bila ada respon iklan dari seorang yang bertanya tentang property yang kita iklan kan tadi, calon pembeli itu bisa kita approach dan follow-up agar mau mempercayai kita untuk berkeja sama mencari property sesuai kriteria mereka. Mungkin dengan bertemu langsung, dan berkenalan, sebagai seorang broker yang serius dan profesional tentu kita akan berusaha mencarikan tipe property sesuai dengan kebutuhan pembeli tersebut, dan bersama-sama meninjau lokasi.

 

Logikanya dengan mengiklankan property dari prospek listing tadi, kita mendapat respon dari yang membaca iklan kemudian bisa menyaringnya menjadi calon buyer, kemudian kita pun memiliki tugas baru lagi yakni mencari property yang diinginkan pembeli dengan cara melihat iklan di surat kabar, jaringan atau kawan sesama broker, atau dengan cara canvassing (kegiatan untuk mendapatkan prospek dengan berjalan-jalan disekitar lokasi tertentu).

 

Ada keahlian lagi yang diperlukan bagi seorang broker yakni kemampuan sosial atau human skill, interpersonal skill, komunikasi yang jelas dan baik, mampu membangun kepercayaan (trust) terhadap klien. Job broker ini berhubungan dengan orang-orang maka people skill sangat diperlukan, tidak ada salahnya memulai membaca buku tentang relationship dan personality. Selain itu memiliki kemampuan penjualan (selling skill) iyang harus terus menerus kita kembangkan. Kreatifitas kita dalam memasarkan dan menjual unit property suatu hal yang mutlak.

 

Satu hal lagi yakni sedikit punya pengetahuan dibidang legal dan hukum, yaitu membuat suatu perjanjian kerja sama, agar aman setiap perjanjian kerja sama sebaiknya dilakukan secara tertulis untuk menghindari pemilik yang tidak mau membayar komisi. Kita pun harus familiar dengan surat-surat seperti akta tanah, sertifikat tanah, jangan sampai misalnya kita menemukan masalah menjual tanah yang sedang bersengketa, adanya teman dibidang tersebut membantu kita dalam mencari solusi-solusi. Misalnya pada notaris, pejabat pembuat akta tanah ataupun didepatemen pertanahan.

 

Pengetahuan tentang arah perkembangan suatu daerah yang lazim disebut perencanaan tata kota harus dimengerti. Daerah mana yang akan berkembang sebagai daerah bisnis, dimana daerah yang prioritas pemukiman, daerah mana yang akan berkembang misalnya saja akan dibangun suatu pusat pendidikan haruslah kita ketahui. Naik turunnya nilai property sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang disebutkan tadi.

 

Bila tertarik untuk berkecimpung dibidang bisnis broker property ada baiknya bergabung dahulu disalah satu agen property yang sudah maju dalam system untuk belajar lika-liku bisnis ini. Sehingga kita dapat menghindari jebakan-jebakan yang mungkin bisa merugikan diri kita.

 

Bisnis perantara property harus sabar, terkadang menghadapi calon pembeli, mereka biasanya tanya macam-macam. Protes sana sini kondisi tumah tersebut. Mengoceh tentang property yang dibutuhkan. Itupun sudah capek temanin keliling seharian liat beberapa listing (property) namun akhirnya bila di tanyakan tidak sesuia kriteria, tidak jadi beli, atau tidak minat sama sekali. Ditelpon kembali tidak diangkat-angkat, alias dicuekin.

Iklan

46 Komentar

Filed under property

46 responses to “Broker Property Harus Sabar

  1. dono

    mas kalo saya mau belajar jd freelance broker, apa sj yg harus diperhatikan ya??(tidak terikat dgn agen2 tertentu) atau mungkin mau berbagi ilmunya tahapan2 yang harus dijalani.
    btw thx atas pencerahannya

  2. shinta

    saya baru saya lulus kuliah, sekarang sedang bekerja di salah satu bank swasta. saya tertarik menjadi marketer property. apa yang harus saya lakukan untuk memulai pekerjaan ini dan dapatkah pekerjaan ini saya jadikan kerja sampingan? terima kasih atas jawabnnya.

  3. cepiar

    Salam. Anda sungguh mempunyai mimpi dan niatan yang baik dan berpotensi untuk sukses :).

    Yang pasti, tak ada kesuksesan untuk pekerjaan jika kita mengenyampingkan suatu pekerjaan itu.

    Mungkin maksud Anda adalah melakukan dua pekerjaan dalam waktu yang sama sebagai pegawai Bank dan Property Marketer. Pertama sebaiknya harus menyiapkan mental, dan banyak membaca atau mencari informasi tentang dunia property.

    Posisi Anda saat ini adalah Anugerah, Property dan Bank mempunyai hubungan simbiosis mutualisme. Pendanaan usaha property disokong oleh Bank, jadi cobalah Anda manfaatkan Anugerah yang Anda miliki.

    Terima Kasih

    cepiar.car@gmail.com

  4. heny

    Mas,, klo mo jadi broker property gimana ya

    tks

  5. suwandi

    pak,saya sudah bergabung di ERA dan mengikuti training 3 hari. tapi kok saya msh ragu2, saya mnt saran bapak. trim’s

  6. cepiar

    To Heny: ada 2 pilihan jadi broker property, pertama ikut agen broker yg sudah ada. ke-2 Anda membangun agen broker sendiri.
    punya agen sendiri lebih bagus dan berpotensi sukses yang luar biasa, karena Anda tak ditekan orang lain, dan bisa atur jadwal bebas, serta keuntungan jadi milik sendiri, tapi ingat biasanya pemula akan dihambat rasa malas. jadi Anda harus commit terhadap mimpi Anda.

    To Suwandi: Keragu-raguan datang dari setan, mendekatkan diri kepada tuhan adalah jawaban

  7. Kalau mau ikut agent properti dimana ya daftarnya ??
    Bisa tolong hub saya via email.
    Thanks

  8. Salam kenal

    Artikel yang bagus .

    Menurut sy menjadi agen broker sendiri lebih bagus .

    Terimakasih

    Wassalam

    Gunawan Property

  9. opinisaya

    ada biaya atau target tertentu gak jika bergabung dengan agen yang sudah ada?

  10. jadi pengen bikin agen property sendiri….

  11. laura setiawan

    saya ingin menjadi agen property.. sekian lama mencari informasi di internet tp tidak ditulis kan bagaimana cara nya bergabung dengan agen2 tersebut seperti ERA dan lain2
    bagaimana cara nya? apakah ada info?

    terima kasih banyak

  12. Memungkinkan tidak menjadi marketing di bank dan menjadi marketing property?

  13. Bambang

    Ada yang minat bikin agen properti di bekasi. Yuk kita gabung…

  14. HendraFS

    Saya lagi butuh broker property untuk daerah jakarta selatan…ada yang berminat?

  15. Hartono

    DIJUAL…rumah+kost2an,lok:Karangjati(blkg TVRI/Jl.Monjali/Selokan Mataram,lt 360m,lb 190m,lbr dpn 9,5m,lbr blkg 10,5m,pjg 38m,SHM atas namaku+IMB..KOST(300rb/bln):ada internet,6kmr uk 4x3m(full anak UGM),2 kmr mnd,dapur,tpt jemuran,parkir motor,gazebo kandang sapi..RUMAH TINGGAL:rumah Joglo,3km tdr,2 kmr mnd,dapur,jemuran,halaman dpn muat parkir 4 mobil…aman,nyaman,tenang,disain Jawa classic+natural…2 menit ke UGM+5menit ke Malioboro..harga 800jt nego(081804362064)

  16. Di jual apartement The Bellezza Permata Hijau.”Albergo Tower”
    121 m2,45 m2 … ” Louvre tower “lt 18 (156m2)/private lift ,,hubungi : >>021-94852701

  17. Ria

    saya sudah ada pengalaman (2 thn)wktu bekerja sebagai Marketing Manager di sebuah perusahaan properti lalu krna pindah kerja sekarang dimana saat ini saya masih bekerja di bidang pendidikan, tetapi saat ini banyak tawaran dan informasi properti yang ternyata membuat saya ingin terjun kembali di dunia properti sebagai free lance ( pekerjaan sampingan )..klw ada lowongan yg butuh broker properti free lance tolong hub email saya di aropria@gmail.com

    Regards,
    Ria

  18. wahyu

    buat kawan-kawan yg serius ingin terjun di bidang ini, bagaimana jika kita semua bertemu dan membicarakan bagaimana kita mewujudkan impian kita ini,buat anda yg bekerja di bank dan di dana tunai boleh bergabung.krn saya ingin membangun bisnis ini bukan hnya sbg broker,tapi bgmn kita semua nanti punya property sendiri tanpa uang.add aku ya di http://facebook.com/wahyu.guntoro1 jgn lupa tulis pesan ya. apa aja.yg berhubungan tentang hal ini.

  19. wahyu

    buat kawan kawan yg serius ingin terjun di bidang ini,bgmn klo kita bertemu dan saling bekerjasama,dan buat kawan kawan yg bekerja di dana tunai atau bank (bagian appraisal),bisa bergabung dgn kita sbg investor.add aku ya di http://facebook.com/wahyu.guntoro1

  20. ifan

    saat ini saya jadi marketing di industri Farmasi wilayah kerja gresik, lamongan, tuban, bojonegoro, sidoarjo, mojokerto, jombang yang tentunya banyak relasi dengan orang orang yang banyak duit ( Alias dokter ) saya tertarik di dunia broker property saya kebingungan bagaimana cara bergabung nya ya Insaallah saya bisa untuk kerja tersebut mohon petunjuk di mana saya bisa bergabung trimakasih.

  21. ila

    tahniah kepada penulis,saya baru memulakan kerjaya sebagai property marketer…sedikt sebanyak dpt membantu ..thanks ya…from malaysia

  22. seorang broker memang dituntut harus selalu sabar ya,bos

  23. taufik

    buat yang lagi butuh broker saya siap memasarkan nya saya punya banyak patner , kenalan dan sering ketemu banyak orang setiap hari nya.. siap memasarkan nya ..bisa hub/kirim detail properti ke : taufik_hidayat1910@yahoo.co.id

  24. taufik

    buat yang lagi butuh broker saya siap memasarkan nya saya punya banyak patner , kenalan dan sering ketemu banyak orang setiap hari nya.. siap memasarkan nya ..bisa hub/kirim detail properti ke : taufik_hidayat0910@yahoo.co.id

  25. daniel

    bagus artikelnya Mas..
    aku mo tau..
    panduan untuk yg pemula di bisnis agen property ini..
    sangat di sayangkan sekali.. tidak ada yg membagi ilmunya..

    shamuttan YM

  26. monyet

    saya ingin menjadi agen property.. sekian lama mencari informasi di internet tp tidak ditulis kan bagaimana cara nya bergabung dengan agen2 tersebut seperti ERA dan lain2
    bagaimana cara nya? apakah ada info?

  27. Hallo pak Admin … Mr Cepiar, … lagi sibuk yah? Saya berminat ingin menjadi broker nih, yang ingin saya tanyakan, apabila kita mendaftar di ERA, khan katanya ada training 3 hari ya … apakah materi training selama 3 hari itu cukup bagi kita untuk memahami tentang hukum2 pertanahan yang berkaitan dengan properti yang kita jual/beli? andai saja belum cukup, dimana tempat saya bisa belajar tentang itu? terima kasih sebelumnya … salam

  28. rooly

    bagi2 hadiah dan kartu kredit UOB buana gratis.cash back 20 % di spbu,supermarket,tagihan2,dll
    UOB Buana adalah bank asing dari singapore yang ada di indonesia.
    dimana UOB Buana adalah bank nomor 1 di Singapore.
    Disini saya hanya mencoba memberikan Jasa Pembuatan Kartu Kredit dari Bank UOB Buana dengan Syarat yang Mudah,Gratis,dan banyak Promo2 dan diskon2 nya dengan Proses yang Cepat !!!.
    untuk penga…juan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085229348635
    blog herbalmodern.blogspot.com facebook saitoserigala@gmail.com
    untuk pengiriman di luar wilayah semarang bisa lewat email scan di rooly88@gmail.com
    Kantor Cabang Pembantu Siliwangi
    Alamat
    Jl. Jend. Sudirman No. 131, Semarang
    Telephone
    (024) 7608791
    Facsimile
    (024) 7608723

  29. Andhi

    Mas,saya mau tanya gmn contoh surat untuk pemberian komisi antara penjual dan broker.takutnya pas rumah sdh laku trs penjual lngsng kabur.gmn cara mensiasati nya biar tdk terjadi.thanx bgt atas infonya.

  30. terima kasih artikelnya mas…

  31. Bagaimana cara memulai bisnis propery?

  32. asep aripin

    pak,siapapun anda.sy akan berterima kasih,dimana dan kemana sy melamar kerja jadi agen property juga pelatihan,saya tinggal di jakarta.thanks tlng jwb via email,thanks a lot

  33. rajeska property

    RAJESKA PROPERTY

    Salut buat artikel nya mas

    yang mau gabung di RAJESKA PROPERTY hub saya 0852 473 61 599

    (khusus wilayah Balikpapan kal-tim)

  34. Tulisan yang menarik. Masukin company kita (CH Property) dalam daftar perusahaan broker propertynya, boleh ya 🙂 Standard komisi Era sama dengan kita.

    Salam sukses selalu ya gan!

  35. saya masih kesulitan bagaimana cara memfollow up, ada saran ?

  36. charles sihombing

    butuh lowongan broker property…charles 0812 8953 3933

  37. Artikelnya mantab.. numpang share ..
    yang mau gabung di GALAXY PROPERTY hub saya 0812 8315 1138

  38. wah nyindir nih 😀 hehe
    ikut belajar mas jadi Broker Tradisional
    masih amatiran 😦 smoga cpt dapet calon pembelinya aamiin…

  39. arief rachman ali

    Saya sangat tertarik untuk menjadi broker property.. posisi saya di Surabaya, tapi saya masih bingung bagaimana memulainya.
    bila ada info hub saya di 081 219 110 979 / rachaerman@gmail.com

  40. terrykatar12

    Kerenn..Mas Tema nya.. aku share lagi diblog saya ya..
    http://www.rumah-terrykatar.blogspot.co.id

  41. Asep Hendra

    Salam,

    Terimakasih Mr. Cepiar…
    Saya ingin berbagi informasi semoga bermanfaat.
    Salam,

    Saya ingin berbagi informasi semoga bermanfaat.
    Pingin Dapat:

    1. Pelatihan Menjual Properti secara online melalui *Facebook Ads*, *Market Place Mastery*, *Email Marketing*, dll.
    2.Tdk perlu cari listingan,sudah ada banyak proyek d Bandung & Jakarta siap di pasarkan
    3.Penerapan penjualan Property tersistem, Maketing tidak perlu repot ikut survey lokasi, PEMBELI dipandu langsung oleh Sales Inhouse
    4.Bisa datang & ber Kantor tiap hari di dago & arcamanik.
    5.Dapat web reflika
    6.Passive Income* dari Bisnis Properti,
    7.Bonus jalan2 ke luar negri
    8.Komisi Penjualan hingga 90%* bahkan tidak jualan tetap dapat komisi,

    *Luar Bandung & Jakarta bisa Via Grup WA

    Silahkan ketik:
    Daftar# nama#no hp#kota#email#
    Kirim ke WA 082117895060

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s