Yunita Verly. Nuhaa Parcel&Gift Berhasil Karena Kegigihan

Catatan Wirausaha.com tentang wanita yang sukses menjalankan bisnis, kali ini bertambah dengan hadirnya nama Yunita Verly, pemilik usaha parsel bernama Nuhaa Parcel and Gift (NPG).  Kegigihan Yuyun, panggilan akrabnya, menekuni bisnis yang awalnya ia sebut ‘iseng-iseng’ dan berawal dari hobi tersebut pada tahun 1999 dimulai setelah ia memutuskan berhenti dari pekerjaan. Wanita yang pernah bekerja di bank ini pun mengaku menjalankan bisnis secara otodidak. Tapi coba lihat apa yang telah diraihnya saat ini. NPG berkembang menjadi salah satu bisnis parsel yang diperhitungkan tak hanya oleh pelanggan individu melainkan juga korporasi kecil hingga besar.

Pada masa-masa ramai seperti lebaran, natal dan tahun baru misalnya, NPG mampu membukukan permintaan hingga 500-an order. Bandingkan dengan permintaan ketika awal-awal usaha yang hanya sekitar 70-an order. Bayangkan saja berapa omset yang bisa dibukukan dalam satu periode ramai, dengan harga parcel bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika rata-rata order bingkisan seharga Rp750 ribu, omset dalam masa-masa ramai (sekitar 3 bulanan,-Red) tersebut bisa mencapai Rp Rp375 juta.  

Tentu saja hasil tersebut tidak didapat begitu saja. Wanita kelahiran 7 Juni 1972 ini terbilang gigih menjalankan bisnisnya. Selain mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, usaha yang awalnya dikenal dekat lewat keluarga dan teman ini juga aktif diperkenalkan ke  perusahaan-perusahaan. Yuyun terjun langsung dengan ‘cuek’-nya. “Saya mulai bisnis ini dengan menyusuri gedung-gedung perkantoran,” ujar Yuyun.

Rasa optimistis akan sukses meniti bisnis parsel sudah tertanam semenjak pertama memulai usaha. Istri dari Irsyad Sahroni ini sangat yakin memulai usaha kendati telah banyak pesaing yang bermain di bisnis parsel. “Memang sudah sangat banyak yang berbisnis ini. Tapi Saya yakin pasti sudah ada kotak-kotaknya,” ujarnya. Selain itu, kesuksesan menjalankan bisnis juga didukung oleh filosofi bisnis yang dipegang. “Kalau mau berbisnis jangan pantang menyerah, harus mati-matian, jangan malas, dan satu lagi, jangan pernah malu,” katanya.

Tak hanya menerima pesanan untuk masa-masa ramai, NPG juga terbuka pada hari-hari biasa. Berbagai kepentingan mendasari pemesanan pelanggan, baik dari individu maupun korporasi. Seperti untuk ucapan selamat atas kesuksesan relasi dan ucapan selamat atas kelahiran kepada keluarga atau relasi.

 

Permintaan Meningkat 25-30% per Tahun

Ibu dari dua puteri ini juga bersyukur bahwa bisnisnya tidak terganggu oleh larangan pemerintah tentang pemberian hadiah kepada pejabat. Dan setiap tahunnya, dari semua bisnis yang dijalani  NPG mengalami kenaikan permintaan 25%-30%. Belakangan Yuyun mulai aktif mengikuti pameran-pameran yang berhubungan dengan produk. Ia mengaku lumayan banyak order bisa diraih lewat ajang tersebut.

Diakhir perbincangan, ia berbagi beberapa kiat sukses dalam berbisnis parsel. Pebisnis parsel menurutnya harus punya nilai seni. “Pebisnis parsel harus punya taste, bagaimana memilih warna, bagaimana memilih barang, bagaimana menyusun, ia harus memiliki seni,” ujarnya. Menurutnya keunggulan dalam taste tersebut lah yang, menjadi dasar sehingga bisnis bisa dipilih oleh pasar. Selain taste, sambung Yuyun, seorang pebisnis parsel harus bisa menjaga hubungan baik dengan klien. “Jika ada komplain dari klien misalnya, barang harus langsung diganti,” katanya. (SH)

 

Iklan

4 Komentar

Filed under Bisnis

4 responses to “Yunita Verly. Nuhaa Parcel&Gift Berhasil Karena Kegigihan

  1. Ini memang wanita luar biasa dalam Bisnis Parcel , saya juga nga ngerti bagaimana caranya menjalankan bisnis tapi yang pasti saya berharap tahun 2008 ini ia mampu meningkatkan omzet penjualan parcelnya thdp para pesaingnya.Maybe para pelanggan tertarik dengan kecantikan wajahnya kali makanya ia berhasil mendapatkan Omzet yang lumayan untuk Produk saya yang terkandung dalam Parcelnya walau masih jauh dibanding pemain besar lainnya tapi untuk hasil yang telah ia Tunjukkan saya salut untuknya……Gud Luck and Be Greater this Year Marketer….

  2. addy

    SaLuT DeH BuAt MbAk YuNiTa…………..
    BeRkAt KeGiGiHAnyA sEkArAnG UsAhAnYa LeBiH mAju!!!!

  3. Ijay

    Hebat! Wanita tangguh kaya superwoman…. !!!
    Penuh kreativitas dan kaya jiwa wirausaha ..
    Mustinya dapat berkembang lebih baik dan lebih maju lagi.
    Good luck … Semoga tambah sukses lagi di masa yang akan datang …

    • moch. minan zammy

      ​​☃⌣♥♏@n†AbbbbbbbÞ♥⌣☃.ϑäђ,,, bagi“ ilmu nya mba Yuyuuunn Hεε☺…hεε☺…hεε☺.. ( ((
      \ =\
      __\_ `-\
      (____)) ( \—-
      (____)) _
      (____))
      (___))____/—- siiiiiplah:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s