Strategi Sukses Beriklan Bagi Pebisnis Pemula

 

Sebagai wirausahawan, Anda mungkin memiliki pendapat sendiri yang kuat tentang nilai iklan. Seperti kebanyakan pemilik bisnis baru, bagaimana pun, kemungkinan anda tidak dapat berusaha mendapatkan kekuasaan untuk membantu.

Ketika Anda membeli bisnis franchise, di mana iklan adalah biasa di-handle untuk Anda, Anda butuh mengetahui jawaban tentang berbagai persoalan. Dan tidak seperti aspek lain pada bisnis Anda, Anda mungkin memiliki kesulitan menilai hanya bagaimana bermanfaatnya program iklan Anda saat ini atau didapatkan pada masa yang akan datang.

 

Mengapa Beriklan?

Pada kompetisi bisnis dunia saat ini, pertanyaan nyatanya adalah apakah Anda dapat berusaha tanpa iklan? Pembeli prospektif Anda mungkin jauh terlalu sibuk untuk mencari tahu kebutuhan mereka. Tanpa iklan, pembeli mungkin tidak memikirkan produk Anda ketika mereka membutuhkan, atau yang terburuk, mungkin tidak pernah tahu bahwa Anda ada..

Lebih lagi, Anda tidak dapat berlatih menyelesaikan kontrol lebih faktor-faktor bisnis seperti sewa, tenaga kerja, biaya merchandise, dan kenyataan bisnis lainnya untuk beberapa yang luas mungkin ditetapkan. Dan Anda tidak dapat melakukan banyak tentang kegiatan pesaing Anda. Tetapi Anda dapat dengan komplit harga iklan dan promosi Anda.

 

 

Untuk pemula bisnis, iklan yang baik dapat dilakukan seperti berikut:

·          Luncurkan produk atau jasa baru

·          Demonstrasikan sebuah produk atau jasa tersebut

·          Menyarankan penggunaan baru produk atau jasa

·          Mendeskripsikan keuntungan produk atau jasa kepada pelanggan baru

·          Memberitahukan perubahan atau peningkatannya diantara produk atau jasa lainnya

·          Menginformasikan ketersediaan produk atau layanan

·          Menciptakan awareness produk atau layanan dengan target pendengar baru

·          Membangun image bisnis

·          Meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi produk atau jasa

·          Meningkatkan frekuensi pembelian, penggunaan atau keduanya

·          Menginformasikan kepada pelanggann potensial atau pelanggan yang telah ada tentang even penjualan dan spesial promosi

·          Mendorong pelanggan menulis dan menanyakan informasi atau mengunjungi tempat bisnis

·          Mengajak orang-orang untuk mendukung dan mengkontribusikan gagasan

Iklan apa yang tidak dapat dilakukan?

Iklan yang bagus tidak akan menjual produk, jasa atau bisnis yang buruk secara tak terpisahkan. Jika bisnis Anda beroperasi dengan jelek, misalnya penghantaran yang lambat, kurang quality control, atau Anda menyampaikan perasaan tidak berkompetensi, iklan mungkin pada awalnya membujuk orang tetapi kemudian mereka (pelanggan) tidak akan kembali kepada Anda. Kenyataannya, banyak ahli percaya tidak ada yang membunuh produk atau jasa buruk seperti iklan yang bagus. Satu kata yang keluar bahwa produk atau jasa inferior, pelanggan prospektif akan tetap jauh. Demikian juga, Anda akan membuang biaya iklan jika Anda mengiklankan produk yang bagus tetapi tidak memberikan layanan yang pantas, atau jika Anda mengiklankan layanan yang bagus dan tidak berdiri di belakang klaim Anda.

Begitu juga akan beriklan muncuk ke atas secara dasar program pemasaran tidak cukup. Tidak akan menjual sebuah produk atau jawa yang tidak satupun ingin atau butuh-atau ingin atau butuh dapat diciptakan

Apa yang Seharusnya Diiklankan?

·          Produk atau jasa sesuai permintaan saat ini. Seperti berlarinya iklan Anda, ukur bagaimana mendorong menonjolkan produk. Ambil pemenang dan ulangi iklan tersebut hingga momentum mereka menyusut.

·          Berita baik tentang produk atau jasa. Ini dapat berupa keunikan, lebih baik dari apa yang ditawarkan pesaing, bahan pokok dan harga menarik, atau nama brand yang telah dapat dikenal

·          Barang dalam stok yang banyak. Iklan memberikan pelanggan sebuah kesan kumulatif tentang bisnis Anda.Jika Anda fokus meningkatkan skala, orientasi iklan adalah jalannya. Jika Anda menghadapi dengan berat pada promosi, harga rendah produk atau jasa, iklankan.

·          Nilai yang bagus. Idealnya, iklan seharusnya merepresentasikan nilai terbaik Anda. Ini tidak bararti perlu barang-barang yang paling murah. Malahan, beriklan menawarkan nilai terbaik untuk uang.

·          Koordinasikan garis harga. Jika Anda beriklan berhubungan dengan produk atau jasa, yakinkan harga yang paralel antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh, seseorang yang membeli sebuah gaun seharga $50 tidak akan ingin menghabiskan $200 untuk sepasang sepatunya. (Sumber: http://www.wachovia.com)

Iklan

2 Komentar

Filed under Bisnis

2 responses to “Strategi Sukses Beriklan Bagi Pebisnis Pemula

  1. sarwanlinwan

    bacaan ini sngat membntu sy,,

  2. sarwanlinwan

    berdasarkan penerapan sy dilpngan terkait dgn bacaan ini,,,semua sangt sesuai,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s