Pemilik Pesona Khayangan Depok

Fauzi Saleh, contoh seorang pengusaha sukses sekaligus dermawan. Ini berkat kompak dengan karyawannya. Derai tawa dan langgam bicaranya khas betawi. Itulah gaya H. Fauzi Saleh dalam meladeni tamunya.

Pengusaha perumahan mewah Pesona Depok dan Pesona Khayangan yang hanya lulusan SMP tersebut memang lahir dan dibesarkan di kawasan Tanah Abang, Jakarta. Setamat dari SMP pada tahun 1966, beliau telah merasakan kerasnya kehidupan di ibukota.

Saat itu Fauzi terpaksa bekerja sebagai pencuci mobil di sebuah bengkel dengan gaji Rp 700 per minggu. Bahkan delapan tahun silam, dia masih dikenal sebagai penjaga gudang di sebuah perusahaan. Tapi, kehidupan ibarat roda yang berputar.

Sekarang posisi ayah 6 anak yang berusia 45 tahun ini sedang berada di atas. Pada hari ulang tahunnya itu, pria bertubuh kecil ini memberikan 50 unit mobil kepada 50 dari sekitar 100 karyawan tetapnya. Selain itu para karyawan tetap dan sekitar 2.000 buruh mendapat bonus sebulan gaji. Total Dalam setahun, karyawan dan buruhnya mendapat 22 kali gaji sebagai tambahan, 3 bulan gaji saat Idul Fitri, 2 bulan gaji saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Haji, dan 1 bulan gaji saat 17 Agustus, tahun baru dan hari ulang tahun Fauzi. Selain itu, setiap karyawan dan buruh mendapat Rp 5.000 saat selesai shalat Jumat dari masjid miliknya di kompleks perumahan Pesona Depok.

Sikap dermawan ini tampaknya tak lepas dari pandangan Fauzi, yang menilai orang-orang yang bekerja padanya sebagai kekasih. “Karena mereka bekerjalah saya mendapat rezeki.”, katanya.

Manajemen kasih sayang yang diterapkan Fauzi ternyata ampuh untuk memajukan perusahaan. Seluruh karyawan bekerja bahu-membahu.

“Mereka seperti bekerja di perusahaan sendiri.” Katanya.

Prinsip manajemen “Bismillah” itu telah dilakukan ketika mulai berusaha pada tahun 1989 silam, yaitu setelah dia berhenti bekerja sebagai petugas keamanan. Berbekal uang simpanan dari hasil ngobyek sebagai tukang taman, sebesar 30 juta, beliau kemudian membeli tanah 6 x 15 meter sekaligus membangun rumah di jalan jatipadang, jakarta selatan.

Untuk menyiapkan rumah itu secara utuh diperlukan tambahan dana sebesar 10 juta. Meski demikian, Fauzi tidak berputus asa. Setiap malam jumat, Fauzi dan pekerjanya sebanyak 12 orang, selalu melakukan wirid Yasiin, zikir dan memanjatkan doa agar usaha yang sedang mereka rintis bisa berhasil.

Mungkin karena usaha itu dimulai dengan sikap pasrah, rumah itupun siap juga. Nasib baik memihak Fauzi. Rumah yang beliau bangun itu laku Rp 51 juta. Uang hasil penjualan itu selanjutnya digunakan untuk membeli tanah, membangun rumah, dan menjual kembali. Begitu seterusnya, hingga pada 1992 usaha Fauzi membesar. Tahun itu, lewat PT. Pedoman Tata Bangun yang beliau dirikan, Fauzi mulai membangun 470 unit rumah mewah Pesona Depok 1 dan dilanjutkan dengan 360 unit rumah pesona Depok 2.

Selanjutnya dibangun pula Pesona Khayangan yang juga di Depok. Kini telah dibangun Pesona Khayangan 1 sebanyak 500 unit rumah dan pesona khayangan 2 sebanyak 1100 unit rumah. Sedangkan pesona khayangan 3 dan 4 masih dalam tahap pematangan tanah.

Harga rumah group pesona milik Fauzi tersebut antara 200 juta hingga 600 juta per unit. Yang menarik tradisi pengajian setiap malam jumat yang dilakukannya sejak awal, tidak ditinggalkan. Sekali dalam sebulan, dia menggelar pengajian akbar yang disebut dengan pesona dzikir yang dihadiri seluruh buruh, keluarga dan kerabat di komplek pesona khayangan pertengahan september lalu, ada sekitar 4.000 orang yang hadir. Setiap orang yang hadir mendapatkan sarung dan 3 stel gamis untuk shalat. Setelah itu, ketika beranjak pulang, setiap orang tanpa kecuali, diberi nasi kotak dan uang Rp 10.000. tidak mengherankan, suasana berlangsung sangat akrab. Mereka saling bersalaman dan berpelukan. Tidak ada perbedaan antara bawahan dan atasan.

Menurut Fauzi, beliau sendiri tidak pernah membayangkan akan menjadi> seperti ini.

“Ini semua dari Alloh. Saya tidak ada apa2nya.” Kata pria yang sehari-hari berpenampilan sederhana ini. Karena menyadari bahwa semua harta itu pemberian Alloh, Fauzi tidak lupa mengembalikannya dalam bentuk infak dan shadaqoh kepada yang membutuhkan. Tercatat, beberapa masjid telah dia bangun dan sejumlah kaum dhuafa dan janda telah disantuninya. Usaha yang dijalankannya tersebut, menurut Fauzi ibarat menanam padi.

“Dengan bertanam padi, rumput dan ilalang akan tumbuh. Ini berbeda kalaukita bertanam rumput, padi tidak akan tumbuh”. Kata Fauzi.

Artinya, Fauzi tidak menginginkan hasil usaha untuk dirinya sendiri.

“Saya hanya mengambil, sekedarnya, selebihnya digunakan untuk kesejahteraan karyawan dan sosial.” Katanya.

Sekitar 60 % keuntungan digunakan untuk kegiatan sosial, sedangkan selebihnya dipakai sebagai modal usaha. Sejak empat tahun lalu, ada Rp 70 milyar yang digunakan untuk kegiatan sosial.

“Jadi, keuntungan perusahaan ini adalah nol.” Kata Fauzi.

” Jika setiap bangun pagi , kita bisa mensyukuri dengan tulus apa yang telah kita miliki hari ini, niscaya sepanjang hari kita bisa menikmati hidup ini dengan bahagia”

Iklan

42 Komentar

Filed under Bisnis

42 responses to “Pemilik Pesona Khayangan Depok

  1. Abdurrohman

    Wah…. good posting tuh

    Kapan-kapan kalo bisa ada ketemuan ma Om Fauzi Saleh untuk silaturahmi and bagi-bagi pengalaman buat dijadikan pelajaran…..

    Pasti dia mau…

    coba deh calling dia.

  2. vedry

    Ass… Buat saya & rekan2 Bpk. FAUZI SALEH adalah bapak bagi kami, Dan kami juga slalu berdoa smoga Bpk.Fauzi Saleh berserta keluarga Selalu diberikan kesehatan…
    Sya Pribadi ingin mengucapkan terima kasih atas kebaikan nya..Wassalam

  3. cepiar

    Wsslm…. Mudah-mudahan di Indonesia ini semakin banyak pengusaha yang mengikuti jejak kebaikan dan manfaat dari beliau. Mudah-mudahan Allah mencintai Bpk. Fauzi Saleh, keluarga, karib kerabat, dan segenap karyawan.

    • Sita Oktaviani

      assalamu’alaikum wr wb.
      semoga sehat selalu untuk bapak Fauzi, maaf saya boleh dikirimkan alamat lengkap lokasi proyek beliau, karena saya cari2 di internet belum didapatkan. karena insyaallah januari 2013 saya ke depok juga. mengejar cita2 menjadi developer, harapan saya semoga bisa belajar dari beliau atau tim beliau..
      mohon diemailkan alamat lengkap lokasi perumahan Bp.Fauzi ke sitad2m@gmail.com

  4. tony

    Luar biasa, benar- benar suri tauladan buat kita semua.
    kerja keras,berdoa, pantang menyerah dan selalu beramal, sebuah kombinasi ahlag mulia, semoga selalu sukses dan tetap di jalan Allah.amin

  5. yogi

    Mudah-mudahan Allah selalu menjaga kebaikan beliau. amien

  6. Suatu pola pikir dan langkah yang sudah langka , atau awal ? , mari bersama kita niatkan dalam hati untuk berbuat seperti pak fauzi saleh, lebih indah lagi kalau pak fauzi bisa memberikan waktu , tenaga untuk memberikan trik dan motivasi buat kita , sehingga kita bisa memualai untuk berwiraswasta dan bisa mengikuti langkah pak fauzi secara nyata

    salam sukses

    ari bayat
    021 70087252
    0812 9054013

  7. patut dijadikan contoh ; beliau bpk Fauzi Saleh

  8. Novi Diah

    Bisa minta kontak beliau tidak? Butuh buat wawancara nih.. trims

  9. winda wj

    boleh minta kontaknya pak saleh ga?jadi pingin denger pengalaman hidupnya,bagus buat contoh ;>

  10. cepiar

    Bapak Fauzi sudah cukup tua, beliau agak sedikit susah dihubungi, alasan masalah kesehatan. Namun jika ingin berkunjung ke Depok kami sangat senang.

    thx

    • saya mahasiswa universitas pancasila reguler khusus jurusan teknik sipil semester 4. saya diberikan tugas kelompok bersama teman sekelas saya untuk mata kuliah sistem drainase perkotaan. kebetulan kelompok saya mengambil contoh sebagai bahan refrensi yaitu sistem drainase yang ada di pesona khayangan depok. kami membutuhkan data-data sebagai bahan tugas kuliah kami. apabila diizinkan kami ingin mengetahui masterplan, peta kontur serta denah perencanaan sistem drainase terutamanya. jika memungkinkan bisa bertemu langsung di pesona khayangan. terima kasih.
      salam,
      dimas
      083812762350
      021 7257183

  11. Assalamu Alaikum, salam kenal Bapak Fauzi Saleh, semoga Bapak Panjang Umur dan dilimpahkan rizki yang berlimpah dan dilipat gandakan segal apahala amal sholehnya.. amiin

  12. falihatuzzahra

    ada haru dihati siang ini..tatkala ada sosok yg sukses dimata manusia sperti pak fauzi dan saya do’akan smaga dimata alloh jg..sy sekarang memang belum jd apa2 dimata manusia tapi mudah2han dimata alloh sy termasuk manusia yg bersyukur ats sgala karuniaNya,utk pak fauzi sy ingin spert bpk dan sy akan terus ikhtiar dan berdo’a paling tdk sy bisa berderma lewat apapun yg sy miliki skarang…ntar di tahun 2018 mudah2han sy sdh psperti pak fauzi amiin

  13. JEFRRY

    Pak,ada ngga rumah dipesona Khayangan Depok
    yg harganya 500an juta.
    Kalo ada minta tolong infoin via email ya..
    Yg 2nd pun boleh.
    Makasih ya.

    • JEFRRY

      Pak,ada ngga rumah dipesona Khayangan Depok
      yg harganya 500an juta.
      Kalo ada minta tolong infoin via email ya..
      z3ppeline@yahoo.com
      Yg 2nd pun boleh.
      Makasih ya.

      • PK Community

        Pak JEFFRY,

        Tanggapan anda biar saya yg jawab yah…

        Tahun 2001 harga rumah di lokasi ini luas tanah 250an sebesar 900 juta. Terakhir saya cek harga rumah di P Khayangan Depok ini tahun 2006, minimal 1.2M itupun luas tanah tidak sampai 200m persegi. Kebayang kan pak, tahun sekarang udah berapa? Th. 2008 saya cek LT 200 m persegi saja dgn model rumah semi minimalis itu harganya 1.8 M! Benar2 suatu investasi rumah yang menjanjikan! Tahun ini 2010???pasti lebih dari itu.

        Pak Fauzi, saya saluttt dengan anda.

  14. suryadi

    jadi ingat ama karyawan pak Fauzi dulu, klo boleh kasih no hp/email nya tuk pak eeb(sanwari) dan pak anas , saya kangen dah lama dak ketemu dah 12 tahunan

  15. denny

    Group Pesona apa aja ya…& ada tukang dari pesona yg bisa bantu renov ?

  16. Anto Kurniawan

    Ass… saya sangat tertarik dengan kisah perjuangan
    bpk Fauzi Saleh sehingga seperti sekarang. Klo boleh saya kebetulan bekerja di Majalah Elshinta untuk keperluan wawancara dengan beliau, apakah boleh mnta no contactnya serta alamat beliau. Mohon di kirim via email di
    kurniawan_antology@yahoo.com
    majalahelshinta@gmail.com
    terima kasih.

  17. salam kenal bapak fauzi saya memang baru baca tentang keberhasilan bapak, dan saya sangat bershukur bisa membuka stius ini. karena saya bisa lebih mengenal diri saya sendiri.

  18. pak fauzi kalau boleh saya ingin lebih mengenal anda karena anda menjadi satu infirasi baru saya untuk tetap berkomikmen dalam mengubah diri

    salam hormat saya
    semoga tetap sukses dan berjaya

  19. vadila

    saya berniat membeli rumah atau ngontrak di pesona khayangan untuk sekolah & penitipan anak muslim. kalo bisa saya mau kerjasama sama pemilik pesona khayangan. mohon kontak via email jika ada ‘jalan’ untuk membahas hal ini. trimakasih

  20. udiono

    kita calonkan Bpk. Fauzi sebagai walikota depok.. agar contoh suri tauladan yg baik ini diteruskan diseluruh warga depok.. semoga depok menjadi kota idaman diselatan jakarta…

  21. Naila

    Mohon kontak Pak Fauzi dapat diemail kepada saya karena kebetulan kami ingin menjadikan Pak Fauzi sebagai juri pada penghargaan UKM di UI.
    nayla UKM Center FEUI (02192990xxx)

  22. wah saya belum pernah ke kota besar seperti jakarta … apalagi depok ….

  23. uwie

    Terimakasih Abah, kisahnya mengingatkan kita untuk selalu bersyukur..
    salam untuk Egie….

  24. assalamu’alaikum…..saya minta no Hpnya pak fauzi dong….ingin meminta ilmu-ilmu yg beliau miliki….terimakasih.

  25. Sischa Rinzt

    kalau boleh tahu dimana alamat lengkap pak Fauzi Saleh. Saya mau berkunjung untuk belajar pengelola keuangan dan bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah yang sebaiknya.

  26. Sischa Rinzt

    Oh ya…saya juga mau minta no Hp pak haji fauzi dong…

  27. Nur Hasyim

    Semoga, saya dapat menirunya.

  28. Dedeh Mariani

    Assalamu’alaiku… Pak Haji. Bagaimana kabar Pak Haji dan Keluarga? semoga Allah SWT selalu memberi Kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Amin. Pak Haji, tak lepas rasa hormat saya, saya mau menawarkan rumah peninggalan Alm. Bapak saya yang ingin di jual oleh Ibu saya. Lokasinya berdampingan dengan Perumahan Taman Cipayung Depok II. 1 Rumah tempat tinggal berikut 3 kontrakannya. Kami membuka harga 450.000.000,- dengan luas tanah -+ 285 m. Apabila Pak H. Fauzi berminat atau rekan Bpk, minta tolong di hubungin No. Ibu saya : 021-96965158/32831560/93341884

  29. Afri Fauzi

    Assalamu’alaikum. Salam untuk Pak Fauzi. Alhamdulillah nama saya sama dengan Pak Fauzi. Alhamdulillah saya juga berkesempatan tinggal dilingkungan PK. Mudah-mudahan saya dapat belajar di balik kisah suksesnya Pak Fauzi.
    Afri Fauzi 081905451297

  30. ardiansyah

    assalammu’alaikum………salam kenal Bpk.H.Fauzi, terima kasih sudah berbagi pengalaman hidupnya, jadi patut untuk di contoh….terimakasih inspirasinya…..semoga Bpk dan keluarga selalu sehat wal’afiat….amiiiin ya rab….

  31. B Ramadhan H

    Assalam mualaikum….Pak Haji Fauzi…saran saya bpk juga jgn lupa buat rumah susun untuk orang miskin atau rumah buat fakir miskin di sekitar depok..insya allah bapak akan dpt berkah & balasan pahala yg berlipat ganda..subhannallah..Amin..
    B Ramadhan H

  32. Rumah yg saya tunggu. Pemilik nya tah gk? Soal nya saya belum pernah ketemu sama pemilik nya

  33. SETIAWAN ( IWAN)

    Assalamu’alaikum
    Yth, Bpk. H. Fauzi
    Saya putra asli Betawi, sebelumnya saya mohon maaf jika saya aga lancang. Pak H. Fauzi, boleh engga saya ingin berkenalan dengan Bpk, sekaligus saya ingin belajar dari Bapak untuk bisa hidup sukses di duna maupun di Negeri Akherat kelak. terima kasih Pak Fauzi

  34. Mersy Mely Ria Tampubolon

    Bisakah saya minta no hp bapak fauzi saleh . Trims

  35. amsid

    Assalamu’alaikum
    Yth, Bpk. H. Fauzi
    Saya ada lokasi tanah kurang lebih 3 Hektar mau dijual Harga permeter Rp.650.000, mau di jual semuannya Lokasi Pengasinan Sawangan Depok, minat bisa hubungi saya Amsid No. hp. 08151971 8646

  36. Mersy Mely Ria Tampubolon

    Saya sedang mencari bantuan keuangan , apa bisa saya minta no hp dari Pak Fauzi Saleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s