Pemuda Tonggak Perubahan

<!–

”Beri aku 10 pemuda, akan aku guncangkan dunia” ( Sukarno).

Perubahan. Sebuah kata ajaib yang diharapkan banyak orang, terutama dalam kondisi sulit dan penuh ketidakpastian. Perubahan, akan menjadi daya kekuatan yang kita cari dan perjuangkan.

–>
”Beri aku 10 pemuda, akan aku guncangkan dunia” ( Sukarno).

Perubahan. Sebuah kata ajaib yang diharapkan banyak orang, terutama dalam kondisi sulit dan penuh ketidakpastian. Perubahan, akan menjadi daya kekuatan yang kita cari dan perjuangkan. Sayangnya, di era ini perubahan menjadi tujuan yang ingin dicapai dengan cara cepat dan instan. Padahal menjejak tangga perubahan ke arah yang lebih baik memerlukan proses yang melibatkan banyak faktor di dalamnya.

Negara yang bisa menuju perubahan dengan baik ini salah satu contohnya Malaysia. Lompatan peradaban dan pembangunan yang didapatkannya sekarang merupakan hasil dari perubahan yang dilakukannya pada era 70-an. Diawali dengan keputusan setrategis mengerahkan sumber daya yang dimilikinya untuk membangun sumber daya insani yang mampu mengatasi tantangan jaman.

Mereka mengirimkan pemuda-pemudanya ke luar negeri termasuk Indonesia untuk belajar berbagai disiplin ilmu. Orang muda di Malaysia diberi panggung membangun bangsanya dengan bekal ilmu yang diperolehnya dari negara lain.

Bercermin pada Malaysia, saya meyakini sebuah perubahan hanya akan efektif dan tembus ke dasarnya jika anak muda diberi panggung mengekpresikannya. Seperti halnya Bung Karno yang menyanjung para pemuda sebagai nuklir perubahan. Kenapa dari pemuda? Ada banyak alasan yang mendasarinya. Salah satunya faktor usia yang mendukung mereka mampu mengejar lompatan zaman. Selain atas dasar sebuah ketulusan dalam berjuang menggapai perubahan.

Saya juga meyakini isi pesan dalam surat Al Kahfi tentang anak-anak muda ini. Ada dua fenomena dalam Al-Quran yang bicara tentang pemuda. Pertama dalam surat Al Kahfi, ditafsirkan yang disebut pemuda disini adalah usia antara 6 atau 17 tahun, demi mereka (pemuda-pemuda itu) hukum alam semesta berubah. Menurut Al-Quran Allah menjaga tubuh mereka sehingga tidak rusak sampai dengan 300 tahun.

Sosok pemuda lain yang mengubah hukum alam adalah Nabi Ibrahim. Hukum alam semesta juga berubah karena pemuda belia ini. Api yang secara sunatullah dapat membakar badan manusia, di tubuh Ibrahim yang berusia 16 tahun ketika dirinya dibakar, api menjadi dingin atas perintah-Nya. Kami berfirman, ‘’Hai api menjadi dinginlah dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. (QS. Al-Anbiya:69).

Nabi Muhammad SAW juga memberi perhatian khusus kepada generasi muda. Dalam sebuah hadits beliau bersabda, ”Tidak akan beranjak sepasang kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai ia ditanyai tentang empat hal: tentang usianya; kemana ia menghabiskannya, tentang masa mudanya; kemana ia menunaikannya, tentang hartanya; dari mana ia memperolehnya dan kemana ia membelanjakannya, dan tentang ilmunya; apa yang telah diamalkannya”. (HR. At-Tirmidzi).

Dalam hadist disebutkan setelah kita ditanya tentang usia secara umum, kita akan ditanya secara khusus tentang masa muda, suatu masa yang sangat berharga. Dalam hadist tersebut masa muda setara dengan harta dan ilmu, bahkan masa muda juga sejajar dengan keseluruhan usia itu sendiri.

Oleh karena itu tidak berlebihan sekiranya kita menginginkan lompatan perubahan bagi bangsa ini, kita tumpukan perhatian kita kepada generasi muda. Kita lakukan investasi kepada para pemuda kita baik melalui pendidikan maupun pembentukan karakter yang benar. Sehingga di tangannyalah rahmat dan keberkahan Allah akan datang dan mengubah keadaan ini menjadi lebih baik. Wallahu a’lam.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under reality

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s