KIAT BERHASIL WIRAUSAHA


Dikutip dari Tabloid NOVA No. 768/XV

Pak Safir yang baik,

Saya sangat senang dengan rubrik yang Bapak asuh. Saya adalah seorang TKI di Hong Kong. Tahun depan kontrak kerja saya berakhir. Saya sudah berniat mengakhirinya saja karena untuk selanjutnya saya ingin buka usaha. Hanya saja, mengingat kondisi di Tanah Air belum stabil saya ragu-ragu.

Saat ini saya punya tabungan kurang-lebih Rp 30 juta (setelah saya kurangi biaya untuk keluarga di Tanah Air dan biaya saya sendiri). Saya bermaksud buka usaha jahitan dan konveksi karena saya bisa membuat pola walau belum dalam tingkatan mahir.

Saya juga sudah beli mesin obras dua buah dan mesin jahit satu buah. Dan saya juga berencana sambil buka konveksi akan belajar malam harinya.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah sudah benar langkah saya membuka usaha? Ataukah sebaiknya saya perpanjang kontrak saja?
  2. Karena lokasi rumah saya di dalam gang, apa sebaiknya saya cari lokasi yang lebih strategis?
  3. Kiat-kiat apa yang harus dimiliki seorang usahawan agar berhasil?

Demikian Pak Safir, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih. SR – Hong Kong

Jawab:

Ibu SR di Hong Kong,

Bagus sekali niatan Anda untuk membuka usaha jahitan dan konveksi. Apalagi – seperti kata Anda ­ Anda memang sudah memiliki keahlian di situ, walaupun mungkin belum terlalu mahir. Saya akan coba jawab pertanyaan Anda:

  1. Kalau Anda sudah memiliki rencana yang matang dan tekad yang kuat, wujudkan saja keinginan Anda punya usaha sendiri. Tidak ada salahnya Anda mencoba berani menjadi majikan di negeri sendiri. Lagi pula, Anda sudah membeli beberapa mesin sebagai modal awalnya. Kenapa tidak dimanfaatkan saja?
  2. Memang, lokasi yang strategis akan sangat menunjang keberhasilan usaha. Peran lokasi sangat menentukan dalam pemasaran dan distribusi. Jika Anda melakukan pemasaran dan melakukan penjualan secara langsung, saya rasa akan lebih baik jika Anda menyewa tempat yang lebih strategis. Namun lain halnya jika Anda sudah memiliki konsumen yang tetap dan tidak lagi membutuhkan pemasaran langsung. Jika demikian, maka lokasi di dalam gang tidak terlalu masalah. Yang penting adalah Anda bisa menjalankan fungsi distribusi dengan baik, yaitu menyelesaikan dan mengantarkan pesanan Anda tepat waktu.
  3. Ada banyak sekali kiat dan resep untuk menjadi pengusaha sukses. Dari NOVA pun dapat Anda temui cerita tentang para pengusaha yang bisa sukses meski mengawalinya dari nol. Anda juga bisa dengan mudah membeli buku-buku karangan ahli manajemen atau pengusaha sukses untuk mempelajarinya.

Namun bagi saya sendiri, Bu, seorang pengusaha harus memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya. Dia juga ulet dan tidak mudah menyerah. Jujur berarti tidak sekalipun membohongi konsumen dengan produk yang jelek atau janji palsu. Dapat dipercaya berarti dalam berusaha kita berusaha semaksimal mungkin untuk memuaskan konsumen agar konsumen percaya bahwa kita mampu menjalankan usaha ini dengan baik. Ulet dan pantang menyerah juga diperlukan karena terkadang kita perlu gagal terlebih dahulu untuk bisa berhasil. Dan yang paling penting, action. Jangan tunda lagi. Lakukan sekarang. Saya ikut mendoakan, mudah-mudahan usaha Anda akan sukses.

Iklan

4 Komentar

Filed under Bisnis

4 responses to “KIAT BERHASIL WIRAUSAHA

  1. ratih

    BETUL PAK, SAYA SEKARANG SEDANG JATUH DARI BISNIS SAYA..TAPI SAYA MASIH TETAP SEMANGAT…MUGKIN, BELAJAR DARI PENGALAMAN LAH GURU SAYA..SAYA SUKA BELAJAR DARI BAPAK SAFIR..TERIMAKASIH

  2. eki wira susetio

    memang benar pa kalau kita sudah niat langsung saja action…..
    pa boleh saya bertanya kalau untuk mahasiswa seperti saya yang ingin berwirausaha sebaiknya seperti apa…?
    terima kasih

  3. saya salut dg kberhasilan anda sbg seorg TKI dr hongkong yg meraih sukses di negeri orang & berhasil pulang ke tanah air…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s