INVESTASI DENGAN MODAL UANG SAKU


Oleh: Safir Senduk

Dikutip dari Tabloid NOVA No. 956/XVIII

Pak Safir, saya adalah seorang mahasiswa yang tinggal jauh dari orangtua. Uang saku saya adalah Rp. 35.000 per minggu. Saya ingin sekali bisa mengelola uang tersebut supaya saya bisa menabung sekaligus berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan saya. Apakah mungkin, ya Pak? Terima kasih atas saran Pak Safir.

Dina – Yogjakarta

Jawab:

Dina yang baik,
Di setiap kesempatan saya selalu mengatakan bahwa kunci untuk setiap orang bisa kaya adalah bukan pada penghasilan yang ia dapat, tetapi bagaimana ia mengelola penghasilan tersebut. Biarpun penghasilan besar sekalipun, tapi kalau tidak pintar mengelolanya, ya jatuh juga. Sebaliknya, biarpun penghasilan kecil, cuma kalau mengelolanya baik, sudah tentu Anda bisa kaya.

Tapi Anda harus tahu, hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang penghasilannya sangat kecil atau di bawah standar. Misalnya saja, di bawah UMR atau Upah Minimum Regional. Kenapa? Karena penghasilan yang jumlahnya terlalu kecil, biarpun dikelola bagaimanapun juga, biasanya sih memang tidak akan cukup. Logikanya, bagaimana mau menabung, kalau penghasilannya saja terlalu kecil, bukan?

Nah, untuk mereka yang penghasilannya di bawah standar seperti inilah, biasanya saya sangat menyarankan untuk mencari penghasilan tambahan. Dengan penghasilan tambahan, biasanya seseorang bisa menjadikan penghasilannya menjadi sesuai standar, sehingga berikutnya akan lebih mudah bagi orang itu untuk bisa mengelola penghasilannya dengan baik.

Yang menarik, biasanya mereka yang masih kuliah, jumlah penghasilannya masih di bawah standar untuk bisa hidup ‘layak’ sebagai seorang mahasiswa. Layak di sini tentu saja berbeda-beda ukurannya untuk setiap kota. Layak di Surabaya belum tentu layak di Jakarta. Layak di Semarang belum tentu layak di Pekanbaru.

Itulah sebabnya, banyak mahasiswa yang merasa bahwa penghasilan mereka pas-pasan. Apalagi kalau Anda bilang penghasilan Anda seminggu adalah Rp 35.000. Ini berarti, sebulan Rp 140.000. Itu sih biasanya jelas enggak cukup. Untuk kebutuhan sehari-hari saja kurang, apalagi memakai uang itu untuk mempersiapkan masa depan.

Karena itu, apa yang saya sarankan untuk Anda sebagai seorang mahasiswa adalah dengan mencoba mencari penghasilan tambahan. Pasang mata pasang telinga, jelilah melihat peluang. Carilah penghasilan tambahan sekarang juga. Memberi kursus untuk anak-anak di sekitar rumah, misalnya. Atau kulakan kebutuhan mahasiswa, apapun itu. Dengan penghasilan tambahan sebesar – katakan – Rp 400.000 sebulan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa melakukan perhitungan dalam mempersiapkan masa depan.

Tentunya, yang jelas Anda harus mendahulukan berinvestasi terlebih dahulu. Jumlah sebesar katakan Rp 100.000 tiap bulan sudah bisalah untuk diinvestasikan dan digunakan untuk persiapan masa depan. Nah, nanti dari jumlah sebesar Rp 100.000 per bulan itulah yang Anda gunakan untuk persiapan masa depan. Tentunya, jangan hanya berhenti pada penghasilan tambahan sebesar Rp 400.000 saja, tetapi cobalah untuk menambah dan terus menambah jumlah penghasilan tambahan itu.

Ingat, penghasilan yang lebih besar, walaupun tidak menjamin, tapi bisa membantu Anda untuk lebih mudah dalam mempersiapkan masa depan Anda. Semoga saran saya ini berhasil. Selamat mencoba.

Salam.
Safir Senduk
Perencana Keuangan


Iklan

1 Komentar

Filed under Bisnis

One response to “INVESTASI DENGAN MODAL UANG SAKU

  1. Yupz….Artikel bagus!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s