Sukses Wirausaha di Bidang Pemasaran

Seandainya semua orang mau bekerja sebagai tenaga pemasaran, maka tidak akan ada pengangguran di negeri ini. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga pemasaran seperti perusahaan properti, perusahaan asuransi, perusahaan otomotif, dan bahkan perusahaan yang memasarkan berbagai produknya dengan sistem multi level marketing membutuhkan tenaga-tenaga marketing yang sekaligus menjadi entrepeneur.

Sebagian orang beranggapan bahwa bekerja harus menjadi karyawan di kantor atau pabrik, dengan posisi tertentu dan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Pekerjaan yang bukan dengan sistem gajian menjadi tidak menarik bagi mereka. Menjadi tenaga pemasaran atau wiraniaga selalu dipandang sebelah mata, karena tidak ada gaji dan hanya mengandalkan komisi atau bonus, kalaupun ada paling-paling hanya uang transport atau uang makan.

Ujung tombak dari setiap kegiatan usaha adalah pemasaran, dan berlaku untuk semua usaha baik itu penghasil barang ataupun jasa. Tanpa pemasaran yang baik, perusahaan hanya seperti menunggu durian runtuh, yaitu menunggu keajaiban datang berupa ”order” dan baru bisa berproduksi berdasarkan order yang kebetulan datang.

Banyak cara orang gunakan untuk sukses menjadi entrepeneur atau wirausaha, namun cara yang terbanyak adalah memulai berproduksi dengan menggunakan modal. Meskipun ditopang dengan modal yang cukup, cara seperti ini biasanya tidak menjamin kesuksesan.

Memulai sebuah usaha memerlukan keberanian, namun keberanian saja tidak cukup, beberapa orang terlalu optimis dengan modal dan keberanian, namun ketika kegagalan datang, keberanianpun hilang.

Konsep sukses tanpa modal adalah memulai usaha dengan berangkat dari kemampuan seadanya ditambah keberanian untuk memulai, sekaligus siap berproses dengan kemungkinan gagal, bahkan dengan tanpa uang sekalipun atau modal Rp.0,-

Banyak cara bisa dilakukan orang untuk memulai menjadi entrepeneur, kesempatan terbesar yang pasti bisa dilakukan oleh siapa saja dengan tanpa modal adalah menjadi tenaga penjualan atau wiraniaga. Masalahnya sebagian besar orang tidak tertarik dengan profesi ini. Bahkan sekali, dua kali mencoba gagal, mereka langsung memvonis dirinya sendiri dengan predikat ”tidak bakat dagang”

Kenapa dengan dua, tiga kali gagal dan jatuh, manusia memvonis dirinya tidak bakat.

Sementara bayi untuk bisa berdiri saja harus belajar duduk, kemudian merangkak dan ratusan bahkan ribuan kali terjatuh. Apalagi untuk belajar jalan kemudian berlari, pasti susah sekali kita menghitung berapa kali bayi itu terjatuh bahkan hinga terluka untuk bisa berjalan dan berlari.

Iklan

1 Komentar

Filed under Bisnis

One response to “Sukses Wirausaha di Bidang Pemasaran

  1. wahyu ika jayanti

    iya betul sekali!!!
    tenaga pemasaran sangat berpengaruh pada maju mundurnya sebuah peruasahaan,bahkan terjalinya banyak relasi menurutku datangnya dari keahlian sang tenaga pemasaran yang begitu gesitnya dan cerdiknya dalam mengajak clintnya untuk mau di ajak kerjasama..
    tapi tidak mudah juga,butuh rasa percaya diri dan niat yang kuat!
    moga sukses!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s