Siapapun dapat berwirausaha

Setiap orang memiliki alasan masing-masing ketika ditanya mengapa berwirausaha, namun dari sekian banyak alasan tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok :

  • Confidence Modalities; karena terlahir dan dibesarkan dari keluarga yang memiliki tradisi kuat dalam berwirausaha, sehingga secara sengaja atau tidak sengaja cukup menjiwai pekerjaan semacam itu.

  • Emotion Modalities; karena memang sengaja sudah mempersiapkan diri untuk berwirausaha, barangkali karena seringnya melihat peluang penghasilan yang tinggi, atau karena alasan lain

  • Tension Modalities; karena berbagai faktor seakan-akan dipaksa oleh keadaan sehingga tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha.

Bisa saja faktor pendorong seseorang berwirausaha merupakan kombinasi dari faktor-faktor di atas. Yang sedang berkembang saat ini di Indonesia, karena tingginya jumlah lulusan perguruan tinggi sedangkan sedikit sekali yang dapat ditampung di industri, hampir semua perguruan tinggi mengembangkan budaya kewirausahaan bagi para mahasiswanya, agar setelah kelak menjadi sarjana memiliki alternatif pilihan berwirausaha selain mencari kerja untuk menjadi karyawan.

Menjadi wirausaha yang handal tidaklah mudah, tapi tidak sesulit yang dibayangkan orang. Bagi anda yang ingin berwirausaha karena dipaksa oleh keadaan jangan terlalu berkecil hati karena siapapun dapat belajar berwirausaha. Mengapa dikatakan demikian ?, karena beberapa alasan berikut:

  1. Setiap wirausaha di bidang apapun tentu menemui “kesulitan”, “hambatan” dan “imbalan”. Semua manusia dalam hidupnya pernah mengalami ke tiga hal tersebut, siapapun mereka baik yang baru memulai maupun yang sudah mapan dalam berwirausaha bahkan yang menjadi karyawan sekalipun.

  2. Kewirausahaan lebih merupakan perilaku daripada gejala kepribadian, yang dasarnya terletak pada konsep dan teori, bukan pada intuisi (Peter F. Drucker). Perilaku, konsep dan teori dapat dipelajari dan dijadikan suatu kebiasaan oleh siapapun juga, sepanjang kita mau membuka diri untuk berpikir positif dan bersedia untuk selalu belajar dari siapapun, di manapun dan dalam situasi bagaimanapun.

  3. Fakta menunjukkan bahwa pengusaha sukses sekalipun adalah juga manusia biasa seperti kita.

  4. Jika diamati dari kisah-kisah sukses para pengusaha, sebagian besar dari mereka memiliki kiat-kiat yang bisa diterapkan dan diasah sejak dini oleh siapapun. Kiat-kiat tersebut antara lain: memiliki ide, memilih usaha sesuai minat dan bakatnya, selalu berinovasi, mencintai pekerjaannya bukan uang, memulai dengan modal “dengkul” alias seadanya, percaya pada tindakan nyata bukan hoki, dan…banyak lagi.

Jadi sebenarnya setiap kita berpotensi berwirausaha, namun menjadi wirausaha yang sukses, biasa atau tidak, itu masalah lain. Tidak ada konsep atau teori yang mutlak, termasuk dalam kewirausahaan, namun semua dapat dipelajari, ditekuni dan dikembangkan.

Iklan

3 Komentar

Filed under Bisnis

3 responses to “Siapapun dapat berwirausaha

  1. Rini Dwi Hastuti

    Bekerja yang paling nyaman adalah berwirausaha tapi…..dengan segala resikonya. Saya adalah calon wirausahawan sepuluh tahun kedepan saya yakin usaha saya sudah dapat berjalan sendiri….tetap saling mendoakan dan semoga sukses selalu untuk kemajuan Indonesia-Yogyakarta-West Prog-Tirto palace-Potro City.

  2. kalau mau cepat sukses memang harus berwirausaha

  3. benar mas,selalu semangat dalam hidup,jangan pantang menyerah,saya lagi merintis usaha desain arsitekture http://www.consultant-desain.co.cc
    semoga bisa berjalan lancar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s