Tips Memulai Wirausaha

Memulai Usaha Sendiri

JAKARTA-Peluang usaha seringkali dilihat sebagai peluang yang sesaat. Tak heran jika wirausahawan model begini tak langgeng dalam menjalankan bisnisnya. Padahal peluang tersebut jika dipelihara dengan manajemen standar, pasti sukses. Apa yang harus dilakukan pebisnis pemula jika melihat peluang tersebut dan bagaimana mengelola kesempatan tersebut agar bisa membawa kesejahteraan yang langgeng? Berikut ini ada baiknya mencermati tips tentang memulai usaha sendiri.
Langkah awal mulailah dengan sebuah mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan yakinkan akan produk yang akan kita tawarkan. A dream is where it all started. Pemimpinlah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk. Begitu juga dengan cara pelayanan, jasa, ataupun ide yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan keterikatan, tak mengenal kata tidak bisa ataupun tidak mungkin.
Cintailah Produk Anda. Kecintaan akan produk kita akan memberikan sebuah keyakinan pada pelanggan kita dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat kita mampu melewati masa sulit. Enthusiaatism and Persistence: Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru.
Ambillah risiko. Berani mengambil risiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap risiko yang akan diambil. Sebuah risiko yang diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan seorang entrepreneur (wirausaha) dengan manajer. Entrepreneur akan lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, dan manajer dibutuhkan dalam mengatur perusahaan yang telah maju.

Langkah Terpenting
Carilah nasihat dari pakarnya, tapi ikuti kata-kata kita. Entrepreneur selalu mencari nasihat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan indera keenamnya. Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci suksesnya. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengambangkan usaha pada fase itu.
Langkah terpenting adalah menumbuhkan ethos kerja keras. Langkah ini sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti, tapi hard work and smart work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua kesuksesan butuh workaholics di langkah awalnya. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya. Pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan bisnisnya.
Bertemanlah sebanyak banyaknya. Pada harga dan kualitas yang sama, orang membeli dari temannya. Pada harga yang sedikit mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasihat, membantu dan menolong pada masa sulit.
Jika mengalami kegagalan, hadapi kegagalan itu. Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk memperkuat dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita berwirausaha. Setiap usaha selalu akan mempunyai risiko kegagalan dan bila itu, bersiaplah dan hadapilah! Jika Anda sudah siap memulai usaha, lakukanlah sekarang juga. Put
uskan dan kerjakan sekarang, karena besok bukanlah milik kita. (tot)

Copyright © Sinar Harapan 2003

Iklan

18 Komentar

Filed under Uncategorized

18 responses to “Tips Memulai Wirausaha

  1. tie

    terimakasih saya telah membaca artikel anda.
    namun sampai saat ini saya masih dalam tahap membangun motifasi berwirausaha. saya telah beberapa kali mencoba dan akhirnya berhenti di jalan dan selalu bertahan kurang lebih 4bulan, saya sedih karena itu

  2. AMINUDIN

    Thanks,..buat tips berwirausahanya,..moga sukses selalu,…

  3. edi

    xiexie atas artikelnya saya baca tapi saat ini saya suka bimbang tengah jalan trus gimana cara nya supaya kita fokus untuk berwirausaha
    bisanya saya bimbang bila ngadepin sebuah masalah dan mendapatkan banyak solusi dari teman.
    gmn caranya agar kita dapat berani mengambil keputusan dengan mempertimbangkan agar meminimal mingkin dari resiko kerugian
    ..

  4. samuel

    ooohh……bagus bangat Artikelnya saya menjadi bertambah pengetahuanya.yes sangat penting memikirkan dan mengambil keputusan untuk segera memulai usaha.dan saya juga ada menulis berbagai tentang memulai berbisnis,klo ada waktu boleh di baca di http://www.sahat-menjalinbisnisyangakurat.blogspot.com

  5. syawal

    KONSEP.Terkadang kita terpaku pada konsep,rencana dan perhitungan-perhitungan yang tak kunjung habis. Dari mana kita memulainya..sehingga konsep dapat menjadi realisasi usaha,rencana dapat terwujud,dan perhitungan menjadi tepat sasaran…????

    mohon pencerahan lebih lanjut 🙂

  6. andralukisa@gmail.co

    saran nih mas klo bisa di kasih contoh usaha2 lokal yang sudah berhasil agar tipsnya lebih mudah dipahami,terimakasih.

  7. Uyan Supyan

    Benar yg dikatakan pak Syawal..!! Terkadang saya punya rencana,konsep yang telah saya pikirkan demi memulai sebuah usaha…!!! Tapi sebuah keberanian untuk memulai yg belum sepenuhnya yakin dan benar2 yakin akan keberhasilan usaha itu,,,(masih ragu-ragu)…! Perasaan takut gagal itu selalu menghantui..
    Bagaimana caranya agar saya bisa yakin dan bisa memulai usaha trsebut..????

  8. Reni

    Hai, sejak dulu saya berniat untuk punya usaha sendiri meski dg modal kecil..tapi belum lg terwujud hingga sekarang (sya sependapat dg sdr. UYAN SUPYAN), letih mencari kerja akhirnya niat lama muncul lagi. saya ingin membuat percetakan undangan skala kecil sajalah..tp modal minim, ada juga ide untuk distributor pakaian jadi. Mentok masalah modal, saya minta dimodali sodara, but klo msh mentok jg yah pake modal sendiri tak apa2.
    Semoga tahun ini bisa terlaksana. AAmiin.

  9. Terima kasih atas motifasi yang diberikan, beberapa tahun terakhir saya sudah mencoba untuk berwirausaha, namun sepertinya keberuntungan belum berpihak kepada saya, lelah rasanya mencoba dan mencoba. Setelah saya membaca artikel ini semangat saya kembali terpacu untuk kembali memulai berwirausaha meskipun tidak mudah, mudah-mudahan kali ini keberuntungan akan ada di pihak saya mengiringi usaha dan kerja keras yang saya lakukan..

  10. Feri

    Buat mb.Reny,ga perlu mdl besar cukup jd broker saja..(1)cari rekanan yg berep utasi baik(2)sediakan sampel yg terbaru harga & desain hrs variatif (3)untuk pemasaran mulai dr diri sendiri,teman,saudara(4)beri brand pd undangan sertakan no.telpon yg mudah dan murah untuk dihubungi.(5)segera mulai hindari berpikir yg rumit yg justru menghambat langkah kita.

  11. …… makasih banyak info artcl nya. sayang untuk “teman” seperti yang anda maksudkan seperti yang anda tulis……. sekarang sulit sekali ditemui… malah banyak teman yang iri dan malah bisa-bisa memandang sebelah mata untuk usaha yang kita dirikan….
    jika ada diantara rekan-rekan punya saran yang baik untuk ini mohon dibantu juga…. Thank’s

    Best regard.

  12. bener banget mas…memang semua berawal dari sebuah mimpi…
    tapi hanya pengejar mimpilah yang akan sukses kedepanya.
    terimakasih…

  13. Tks atas tipsnya..saat ini saya sudah memulai wira usaha. tapi masih sebagai usaha sampingan, karena saat ini status saya masih sebagai karyawan. Insya Allah segera saya akan terjun 100% dan meninggalkan pekerjaan saya supaya saya lebih fokus berwira usaha. Mohon tipsnya juga agar saya menjadi lebih termotivasi. Tks sekali lagi

  14. menarik membaca artikel Tips Memulai Wirausaha. Hal ini juga melengkapi browsing saya di http://www.techbostonworks.com yang sudah saya copy untuk presentasi saya. thanks.

  15. Agung

    bermimpi memang sangat penting, namun yang lebih penting adalah segera bangun untuk mewujudkan mim itu.
    Semoga bermanfaat.

  16. mimpi yang indah kadang melenakan,… Huft…

  17. SOHIB

    INGIN BUKA USAHA…….TAPI MODAL CEKAK JUAL PULSA AJA GAN….
    AYO BERMITRA DENGAN WIWITCELL…..SATU KARTU BISA UNTUK:
    1. ISI PULSA
    2. BAYAR REKENING LISTRIK (PRABAYAR/PASCABAYAR)
    3. BAYAR REKENING TELEPHONE/SPEEDY/FLEKSI
    4. VOUCHER GAME
    5. BISA DOWNLINE
    6.POKOKNYA OK DAH GAN……CEKIDOT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s