Solusi Pengadaan Perumahan

Jakarta – Abdul Rohman, Direktur utama Citarum C Group (CCG) sebuah Agen Real Estate yang beroperasi di Karawang, Jawa Barat  -Menurutnya, di tahun 2009 nanti pembangunan rumah sehat sederhana (RSh) bakal mengalami percepatan akibat adanya kebijakan yang kondusif dari pemerintah daerah setempat maupun pemerintah pusat.

“Tahun 2008, pembangunan RSh bisa melampaui target dari 168.000 unit menjadi 175.000 unit. Tahun ini dapat mencapai 250.000 unit dari target 175.000 unit, maka tahun depan pertumbuhannya mungkin hanya sekitar 20 persen,” jelas Rohman.
Sebenarnya, faktor yang mempengaruhi pembangunan perumahan bukanlah beban pemerintah semata. Pemenuhan kebutuhan hunian yang terus meningkat tidak dapat dilepaskan kepada mekanisme pasar dan proses belajar (lesson learned), jadi tidak akan cukup dengan upaya pemerintah saja. Pengadaan perumahan bagi masyarakat semestinya menjadi kewajiban seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan di sektor property, baik itu pemerintah, pengembang, perbankan maupun lembaga-lembaga terkait lainnya. Dengan demikian, tanggung jawab yang ada tidak hanya dipikul oleh beberapa pihak saja. Namun angin keberuntungan sedang menghampiri para pemilik Kos-kos-an dan rumah sewa, karena ditahun ini hingga 5 tahun kedepan diperkirakan jumlah konsumen di segmen itu akan terus bertambah. Merupakan sebuah langkah yang tepat bila para investor lokal bebondong-bondong untuk menanamkan modalnya di bidang property.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under property

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s