Prabu Siliwangi

Di Jawa Barat Sri Baduga ini lebih dikenal dengan nama Prabu Siliwangi. Nama Siliwangi sudah tercatat dalam Kropak 630 sebagai lakon pantun. Naskah itu ditulis tahun 1518 ketika Sri Baduga masih hidup. Lakon Prabu Siliwangi dalam berbagai versinya berintikan kisah tokoh ini menjadi raja di Pakuan. Peristiwa itu dari segi sejarah berarti saat Sri Baduga mempunyai kekuasaan yang sama besarnya dengan Wastu Kancana (kakeknya) alias Prabu Wangi (menurut pandangan para pujangga Sunda).

Menurut tradisi lama. orang segan atau tidak boleh menyebut gelar raja yang sesungguhnya, maka juru pantun mempopulerkan sebutan Siliwangi. Dengan nama itulah ia dikenal dalam literatur Sunda. Wangsakerta pun mengungkapkan bahwa Siliwangi bukan nama pribadi, ia menulis:

Kawalya ta wwang Sunda lawan ika wwang Carbon mwang sakweh ira wwang Jawa Kulwan anyebuta Prabhu Siliwangi raja Pajajaran. Dadyeka dudu ngaran swaraga nira“.

Indonesia: Hanya orang Sunda dan orang Cirebon serta semua orang Jawa Barat yang menyebut Prabu Siliwangi raja Pajajaran. Jadi nama itu bukan nama pribadinya.

Masa muda

Waktu mudanya Sri Baduga terkenal sebagai kesatria pemberani dan tangkas bahkan satu-satunya yang pernah mengalahkan Ratu Japura (Amuk Murugul) waktu bersaing memperbutkan Subanglarang (istri kedua Prabu Siliwangi yang beragama Islam). Dalam berbagai hal, orang sejamannya teringat kepada kebesaran mendiang buyutnya (Prabu Maharaja Lingga Buana) yang gugur di Bubat yang digelari Prabu Wangi.

Tentang hal itu, Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara II/2 mengungkapkan bahwa orang Sunda menganggap Sri Baduga sebagai pengganti Prabu Wangi, sebagai silih yang telah hilang. Naskahnya berisi sebagai berikut (artinya saja):

“Di medan perang Bubat ia banyak membinasakan musuhnya karena Prabu Maharaja sangat menguasai ilmu senjata dan mahir berperang, tidak mau negaranya diperintah dan dijajah orang lain.
Ia berani menghadapi pasukan besar Majapahit yang dipimpin oleh sang Patih Gajah Mada yang jumlahnya tidak terhitung. Oleh karena itu, ia bersama semua pengiringnya gugur tidak tersisa.
Ia senantiasa mengharapkan kemakmuran dan kesejahteraan hidup rakyatnya di seluruh bumi Jawa Barat. Kemashurannya sampai kepada beberapa negara di pulau-pulau Dwipantara atau Nusantara namanya yang lain. Kemashuran Sang Prabu Maharaja membangkitkan (rasa bangga kepada) keluarga, menteri-menteri kerajaan, angkatan perang dan rakyat Jawa Barat. Oleh karena itu nama Prabu Maharaja mewangi. Selanjutnya ia di sebut Prabu Wangi. Dan keturunannya lalu disebut dengan nama Prabu Siliwangi. Demikianlah menurut penuturan orang Sunda”.

Perang Bubat

Kesenjangan antara pendapat orang Sunda dengan kenyataan sejarah seperti yang diungkapkan di atas mudah dijajagi. Pangeran Wangsakerta, penanggung jawab penyusunan Sejarah Nusantara, menganggap bahwa tokoh Prabu Wangi adalah Maharaja Linggabuana yang gugur di Bubat, sedangkan penggantinya (“silih”nya) bukan Sri Baduga melainkan Wastu Kancana (kakek Sri Baduga, yang menurut naskah Wastu Kancana disebut juga Prabu Wangisutah).

Nah, orang Sunda tidak memperhatikan perbedaan ini sehingga menganggap Prabu Siliwangi sebagai putera Wastu Kancana (Prabu Anggalarang). Tetapi dalam Carita Parahiyangan disebutkan bahwa Niskala Wastu Kancana itu adalah “seuweu” Prabu Wangi. Mengapa Dewa Niskala (ayah Sri Baduga) dilewat? Ini disebabkan Dewa Niskala hanya menjadi penguasa Galuh. Dalam hubungan ini tokoh Sri Baduga memang penerus “langsung” dari Wastu Kancana. Menurut Pustaka Rajyarajya I Bhumi Nusantara II/4, ayah dan mertua Sri Baduga (Dewa Niskala dan Susuktunggal) hanya bergelar Prabu, sedangkan Jayadewata bergelar Maharaja (sama seperti kakeknya Wastu Kancana sebagai penguasa Sunda-Galuh).

Dengan demikian, seperti diutarakan Amir Sutaarga (1965), Sri Baduga itu dianggap sebagai “silih” (pengganti) Prabu Wangi Wastu Kancana (oleh Pangeran Wangsakerta disebut Prabu Wangisutah). “Silih” dalam pengertian kekuasaan ini oleh para pujangga babad yang kemudian ditanggapi sebagai pergantian generasi langsung dari ayah kepada anak sehingga Prabu Siliwangi dianggap putera Wastu Kancana.

Keterangan lain tentang perang bubat

Keterangan tetang bubat yang dimuat harian Suara Merdeka adalah sebagai berikut:

Perang antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sunda itu terjadi di desa Bubat. Perang ini dipicu oleh ambisi Maha Patih Gajah Mada yang ingin menguasai Kerajaan Sunda. Pada saat itu sebenarnya antara Kerajaan Sunda dan Majapahit sedang dibangun ikatan persaudaraan, yaitu dengan menjodohkan Dyah Pitaloka dengan Maharaja Hayamwuruk. Nah Rombongan Kerajaan Sunda ini di gempur oleh pasukan Mahapatih Gajah Mada yang menyebabkan semua pasukan Kerajaan Sunda yang ikut rombongan punah. Akibat perang Bubat inipula, maka hubungan antara Mahapatih Gajah Mada dan Maharaja Hayamwuruk menjadi renggang“.

Ada sebuah pustaka yang bisa dijadikan rujukan, Guguritan Sunda, yang Mengisahkan gejolak sosial dan pecahnya perang di Desa Bubat antara Kerajaan Majapahit dengan Kerajaan Sunda dan gugurnya Mahapatih Gajah Mada secara misterius. Alih bahasa oleh I Wayan Sutedja (sepertinya pustaka aslinya ditulis dalam Bahasa Bali, 1995. disimpan di Universitas Ohio.

 
 
About these ads

94 Komentar

Filed under reality

94 responses to “Prabu Siliwangi

  1. dewa

    seminggu yang lalu saya ke pura Parahyangan Jagat Jagatkarta Gunung Salak, & dpt inspirasi utk membuat artikel ttg Prabu Siliwangi & hub.nya dgn dibangunnya pura dsana. Apa penyebab dibangunnya pura dsana?
    Bagaimana kaitannya prabu Siliwangi dgn agama Hindu? Kalo dpt penjelasannya mohondibahas yah.Thanks B 4

    • benkz

      karna prabu siliwangi suka bertapa menyempurnakan ilmunya di tmpt tsb.
      maka utk mngingat tmpt bertapa beliau itu di bangunlah pura dan hubungan prabu siliwangi dengan agama hindu krna beliau mnganut agama hindu

    • luqman hidayat

      sebenarnya tempat pertapaan eyang prabu itu di curug domas di gunung salak, apa sebabnya dibangun pura disana? karena eyang prabu itu tidak ingin ketahuan akan keberadan dirinya, maka Beliau membuat pura agar orang2 yg berziarah hanya tahu bahwa pura trsbt adlh tmpt pertapaan atau petilasan beliau, pdhl tmpat aslinya di curug domas tsbt atau biasa di sbt curug sembilan.

      apa kaitanya dngan agama hindu? karena pada masa Beliau msh menyembah kepada para dewa dan memang belum ada agama lain selain agama hindu, maka beliau membuat pura trsbt.

  2. Arfeno

    Saya lagi mencari keturunan asli Prabu Siliwangi, yang diramalkan akan memimpin Nusantara ini. Mohon kalau ada informasi tambahan mengenai sejarah Siliwangi kalau masih ada.

    • Mama Asep

      kalau keturunan lahir dari Prabu siliwangi munkin tak akan ditemui yg akan menjadi raja. kalau keturunan dari ilmu yg pernah dimiliki Prabu siliwangi itu yg akan menggantikannya karena yg saya tahu dan saya pahami hanya orang yg memegang Pusaka Mustika Kembang Cangkok wijaya Kusuma lah yg akan membantu menyelesaikan Tugas Leluhur kita yg dulu. karena pusaka
      itu hanya di pegang Pertama Ki semar kedua Prabu siliwangi ketiga…..(masih di tangan seseorang) yg masih dibekali belajar ilmu yg beliau
      ajarkan pada orang tersebut.

    • kalau saya tak salah dan mudah mudahan benar adanya info ini dari keluarga saya bahwa yg termasuk dalam keturunan prabu Siliwangi diantaranya jend. Umar Wirahadikusumah,kelg.besar Bimbo

  3. SagaraJiwa

    saya yakin bahwa Prabu siliwangi adalah Seorang raja yang tangguh,bijaksana,serta dapat memimpin rakyatnya ! sampai sekarang nama Siliwangi itu dipergunakan dalam kemiliteran ! apakah mungkin seorang Raja diraja, seorang pahlawan bagi rakyat sunda sepertikan dengan seekor harimau?

    saya sangat sedih tentang keadaan ini,jika ada seseorang yang bisa menjelaskan tentang kaitannya saya harap bantuannya.tolong kirim ke email saya di Ubhetz_balthazar@yahoo.com terima kasih.

    • Mama Asep

      Bukan Prabu siliwangi seekor harimau, lambang harimau hanya sebagai simbol bahwa Prabu siliwangi itu gagah berani dan berwibawa yg mencerminkan sebagai raja di raja yg tak terkalahkan, sedangkan harimaunya sendiri hanyalah tunggangan beliau untuk mengelilingi daerah kekuasaanya ( harimau adalah lambang Raja Hutan yg sangat di takuti oleh binatang lainnya )

    • benk'z

      prabu siliwangi itu bukan lah seekor harimau tetapi beliau menguasai dan merajai harimau dan ilmu ilmu harimau dan prabu siliwangi jga masuk islam stelah lahir cucu nya dr laras santang yaitu sarif hidayattullah ( SUNAN GUNUNG JATI ) dan selanjutnya menyepikan diri dr urusan duniawi

  4. wawan

    salam,
    sejarah siliwangi adalah ilmu yang tak terbatas, antara mitos dan realita saling tumpang tindih, tapi bukan berarti tidak bisa ditelusuri. saya pribadi tengah menelusuri ini, terakhir saya ziarah ke makam p.pasir kili-kili cicalengka yang menurut penuturan kuncenya msh kerabat dengan p. silihwangi, sebelumnya saya sempat ke p.wangsa muhammad “”( p.papag ) garut salah satu kerabat p. siliwangi, pinginnya sih ke gadog, yg diyakini sbg makam p.kiansantang ( siliwangi ? )berhubung akomodasi terbatas, keinginan ini saya tunda. ada aura yg beda dimakam p. papag, karena menurut uwak saya, saya masih mempunyai ikatan darah dengan beliau, wallahualam, buat saya sangat mengasyikan dan menantang untuk menelusuri jejak p. siliwangi. next time saya lanjutkan penelusuran ini, insya Allah akan saya dokumentasikan. bantu doa ya sobat

  5. Sebenarnya yang berwujud harimau bukanlah prabu siliwangi melainkan perwira dan prajurit beliau, beliau sendiri telah moksa ( nganghyang ),kenapa dibangun pura di gunung salak karena disitulah kerajaan tertua di nusantara yaitu salaka negara jauh sebelum kerajaan pajajaran.Untuk berhadapan dengan beliau langsung kita mengadakan dialog dengan sajen rujakan komplit berisi lele bakar ( kesukaan beliau ) ( rujakan disini mirip dengan pejatian di Bali ) ya tentunya harus denga orang yang tepat, dan bisa hadir pula di pura gunung salak. Seharusnya orang sunda mulai sadar dan kembali menjaga kearifan lokal beliau

  6. coba datangi tempat – tempat berikut dan adakan dialog – dialog, ajak pemangku,kuncen,siapkan sajen sunda ( rujakan ),sajen Bali ( pejatian ),madat. gunung manglayang ( abah jambrong ),gunung salak ( prabu siliwangi ),gunung nagara padang ( prabu siliwangi ),gunung wayang ( pangeran dipati ukur ),gunung tangkuban perahu(dayang sumbi dan sangkuriang ).Beberapa tempat sengaja dikaburkan denga membangun makam ( karena jika orang islam datang mereka bisa bilang berziarah klo ga ya dibilang musrik,he..he..he ) padahal itu adalah tempat patilesan /pertpaan beliau2.Coba aja dijamin anda bisa berdialog langsung dengan leluhur-leluhur kita.

  7. Ali Al-Husairi

    dear all
    Kehebatan maha patih gajah mada tidak diragukan dengan menangnya pertempuran ‘bubat’ namun siapa orang yang mengelahkan maha patih gajah mada sehingga makam beliau ada tujuh( masing-masing organ tubuhnya)….
    generasi penerus (keturunan) eyang prabu siliwangi tentu memiliki dan mewarisi ( paling tidak sebagian) kehebatannya.. paling tidak tau syahadat padjadjaran…. lie_fajin@yahoo.com

  8. senopatih

    yang akan memimpin musantara yaitu,,adalah keturunan brawijoyo.tidak usah dicari karena beliau sedang berjuang,untuk mempersatukan dunia…nanti waktunya juga tiba beliau akan muncul dan sebenarnya masyarakat banyak yg pernah disinggahinya …

  9. neogaluh

    KESALAHAN PERSPEKTIF TENTANG SILIWANGI :
    JANGAN SEKALI-KALI MNEGARTIKAN SILIWANGI ITU IDENTIK DENGAN HARIMAU KARENA PRABU SILIWANGI BUKANLAH HARIMAU ….. BELIAU ADALAH MANUSIA YANG TELAH SEMPURNYA MENJALANKAN TUGAS KEMANUSIAAN YANG MEMANG DISANDANG OLEH SETIAP MANUSIA YANG DILAHIRKAN KEMUKA BUMI INI, SESUAI DENGAN PERJANJIAN DI ALAM RUH.

    SETIAP MANUSIA YANG TELAH DENGAN SEMPURNA MENJALANKAN TUGAS KEMANUSIAANNYA (DALAM TERMINOLOGIS ARAB ADALAH TUGAS KEKHALIFAHANNYA) MAKA WIBAWA DAN KOMARANYA IBARAT HARIMAU YANG MANA ORANG SUDAH SEGAN DAN GENTAR HANYA MENDENGAR SUARANYA SAJA.

    JANGAN SEKALI-KALI TERJEBAK DALAM PEMIKIRAN KUNO YANG TERUS-MENERUS MENUNGGU DATANGNYA KETURUNAN SILIWANGI ATAU SIAPA SAJA YANG AKAN MENJADI RATU ADIL ,,,,, YANG AKAN MEMBEBASKAN BANGSA INI DARI SEGENAP KEMELUT YANG TENGAH MELANDA ,,,, SEMBARI DIRINYA TIDAK BERUPAYA UNTUK MENJALANKAN TUGAS KEMANUSIAANNYA ,,,,,,,

    PERSETAN BRAWIJOYO ,,,,, JUGA MAHAPATIH GAJAHMADA YANG PENGECUT …… KALO SAJA DIAH PITALOKA TIDAK MENGHALANGI DATANGNYA LEMBING DARI PRABU LINGGA BUANA DI BUBAT TENTU SAJA GAJAH MADA SUDAH TERBUNUH SAAT ITU JUGA, DALAM HAL INI DIAH PITALOKA DENGAN MENGORBANKAN NYAWANYA DI BUBAT NYATA-NYATA TELAH MEMBUAT GAJAH MADA KEHILANGAN MUKA SEBAGAI SEORANG KSATRIA ……

    ORANG YANG AKAN MEMIMPIN DUNIA SUDAH DITETAPKAN BAHWA DIA DARI KERAJAAN PAJAJARAN, HANYA SIAPA ORANGNYA KITA TIDAK PERLU MENUNGGU-NUNGGU KEDATANGANNYA, TUGAS KITA ADALAH NARAGA ATAU MEMBENAHI DIRI SENDIRI SEHINGGA BISA MEMBERIKAN WEWANGIAN KEPADA KELUARGA, LINGKUNGAN, DAN MASYARAKAT, JANGAN SEKALI-KALI MENUNGGU DATANGNYA MANUSIA WANDA KE-13 DATANG SSEPERTI MENUNGGU DATANGNYA SETAN ……. TUNGGULAH KEDATANGANNYA SAMBIL BERBUAT, TEGAKAN KEBENARAN SESUAI DENGAN KEMAMPUAN MASING-MASING DAN SESUAI DENGAN BIDANG GARAPANNYA MASING-MASING ……

    YANG JELAS …. WANDA BUHUN TELAH DISEMPURNAKAN OLEH SILIWANGI (YANG KE-12) DAN AKAN DATANG MASA KEEMASAN YAITU ERA KE-13 DIMANA DIA AKAN MEMIMPIN DUNIA DENGAN KOMANDONYA ……

    BERBICARA TENTANG WANDA BUHUN, JANGAN SEKALI-KALI TERJEBAK DENGAN ISTILAH ..PERLU DIINGAT, SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIJABARKAN TERSEBUT DI ATAS, SETIAP ORANG YANG TELAH BERHASIL MENJALANKAN TUGAS KEMANUSIAANNYA ADALAH SILIWANGI, MUHAMMAD BIN ABDULLOH DARI NEGERI ARAB JUGA ADALAH SILIWANGI, RATU ELISABETH DARI INGGRIS PUN DIA ADALAH SILIWANGI ……. DAN SEMUA PEMIMPIN-PEMIMPIN DUNIA YANG TELAH BERHASIL MENJALANKAN TUGASNYA MENSEJAHTERAKAN RAKYATNYA ……. MAKA DIA ADALAH SILIWANGI,,,,,, SILIWANGI ADALAH SEBUAH SISTEM NILAI BUKAN SEBATAS KULTUS MASYARAKAT KEPADA SEBUAH SOSOK ……

    ADALAH SEBUAH KEKELIRUAN BESAR MANAKALA SESEORANG MENDEWAKAN SILIWANGI DAN PADA AKHIRNYA ORANG TERSEBUT MENGKULTUSKAN SEEKOR HARIMAU …… SAYA BILANG KOK SILIWANGI GURAM-GEREM SEPERTI ANAK KUCING …..

    SEKALI LAGI ORANG SUNDA YANG INGIN BERTEMU DENGAN SILIWANGI YA GAMPANG-GAMPANG SAJA, BERPERILAKULAH : KUKUH KANA JANGJI, LEBER WAWANEN, SILIH WAWANGI, JEUNG MEDANGKEUN KAMULYAAN, APABILA SEMUA ITU SUDAH TERIMPLEMENTASIKAN MAKA NEGARA INI AKAN AMAN, DAMAI, DAN SEJAHTERA

    neogaluh@yahoo.com

    • irawan satya

      Salam kenal,

      SILIHWANGI.
      Sajajar, Saiiring,
      Akur jeung nu BEDA
      Teu masalah NAPAK KA MANA
      SILIH ASAH. SILIH ASIH. SILIH ASUH.
      SILIH WANGI DI PAJAJARAN.

      SILIH WANGI adalah suatu PANDANGAN KEPEMIMPINAN RAJA-RAJA PAJAJARAN yang mengutamakan KEADILAN. menghargai HAK-HAK AZASI MANUSIA. selalu mencari jalan terbaik dalam pemecahan MASALAH agar tidak ada yang merasa DARUGIKAN, atau DIPERMALUKAN.
      SAMA-SAMA MEMILIKI NAMA BAIK/ SAMA-SAMA HARUM.
      Hal tersebut telah dituangkan oleh BUNG KARNO dalam :
      PANCA SILA dan BHINEKA TUNGGAL IKA.

      Semoga bisa menjadi bahan kajian yang bermanfaat dan dapat mengunakan HARTA WARISAN BUNG KARNO yang selama ini di HEBOHKAN, sebuah HARTA KARUN YANG BILA KITA SAMA-SAMA MENGAMALKANNYA AKAN DAPAT MENCIPTAKAN MASYARAKAT YANG DAMAI. ADIL dan MAKMUR.
      JAYALAH INDONESIA.

    • usri wijaya

      setuju…

  10. taupik.hidayat

    Sungguh menarik membaca riwayat Siliwangi,..
    Sebaiknya jangan terlalu berharap dan yakin dg “mitos”.

    Zamannya berbeda dan kita tidak mengalaminya . Kalau hanya sebatas mencontoh atau mengambil nilai positivenya, baguslah.

    Indonesia mengalami krisis multidimensional. Entah siapapun pemimpinnya, Yakinlah dg kekuatan sendiri. Membangun bangsa dg megedepankan nilai-nilai luhur leluhur kita.

    Hancurkan kemiskinan, Gempur kebodohan, Musnahkan jiwa feodal dan Luluh lantakan sifat menjilat pantat, asing !!!

    Kaya Indonesiaku, …
    Makmur,Negeriku
    Cerdas bangsaku,..
    Merdeka,… INDONESIAKU

  11. Dede Arkadia

    Mitos tentang harimau dalam bahasa Sunda, Maung (artiya Manusia Unggul) dilambangkan dengan harimau/maung sebagai hewan yang kuat, penguasa hutan. Jadi cuma siloka saja, kita hanya terjebak dengan gambaran riil (tentang maung tadi) pada beliau (Siliwangai) mengartikan Manusia Unggul dalam artian beliau merupakan manusia unggul.

  12. menurut saya prabu siliwangi itu bijak sana,dermawan dan mampu melindungi keturunan nya hingga sampai sekarang,kata nya saya adalah turunan prabu siliwangi,saya sangat bs mrskn prlndgn prabu itu sndri,wkt itu saya prnh krskn di sklh dn aakhr nya sy di bw ke tmpt org pntr gt trnyta sy tlh dy ggu dgn mkhluk hls yg bgt bnyk,mlhn smpt ada yg mau mlt sy gt,tp kt ajengan blg g usah kwtr soal nya sy sdh di jg oleh prabu itu sndr,mlhn sy skrng jd bs liat yg bgtuan,awal nya tkt sich tp saat di pkr2 lg ini hal yg hrs dy syukuri,makasih ya prabu siliwangi engkau tlh mnjg q dr klmhn q ny,mksh jg sama allah,mang sich aku bs mndrt kan smua ny kt nya dr prabusiwangi tp kan hakekat nya dr allah kl allah g mengijin kan ny semua g mgkn trjd…………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. menurut saya prabu siliwangi itu bijak sana,dermawan dan mampu melindungi keturunan nya hingga sampai sekarang,kata nya saya adalah turunan prabu siliwangi,saya sangat bs mrskn prlndgn prabu itu sndri,wkt itu saya prnh krskn di sklh dn akhir nya sy di bw ke tmpt org pntr gt trnyta sy tlh dy ggu dgn mkhluk hls yg bnyk bgt,mlhn smpt ada yg mau mlt sy gt,tp kt ajengan blg g usah kwtr soal nya sy sdh di jg oleh prabu itu sndr,mlhn sy skrng jd bs liat yg bgtuan,awal nya tkt sich tp saat di pkr2 lg ini hal yg hrs dy syukuri,makasih ya prabu siliwangi engkau tlh mnjg q dr klmhn q ny,mksh jg sama allah,mang sich aku bs mndpt kan smua ny kt nya dr prabusiliwangi tp kan hakekat nya dr allah kl allah g mengijin kan ny semua g mgkn trjd…………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. Dhilan Djalani Kusumaputra

    Alhamdulillah.. Semua komentar diatas adalah benar, kita gunakan saja logika keimanan! Semoga rumpun siliwangi senantiasa sehat lahir bathin, serta budaya sunda dan galuh tidak hilang dari zaman ..Amien!

  15. ilham

    saya keturan prabu siliwangi,,,,,dari kakek ayah saya raden pandi, dari kerajaan di padjajaran dan telah tertulis di buku di istana bogor

  16. arifin

    Saya sewaktu masa remaja pernah dapat titipan dari uwa Sarmedi, yi uwa dr ibu saya. Titipan tentang wangsit Prabu Siliwangi. Karena keteledoran saya sewaktu saya pindahan rumah, catatan tersebut hilang dan belum ditemukan kembali.
    Banyak siloka atau ungkapan yg mengandung makna perubahan2 zaman, antara lain adanya raja buta, dimana raja ini membangun pancuran ditengah jalan , lawangna teu bisa dibuka jeung pantona teu bisa ditutup dll, banyak sekali kidung yng bersyairkan petuah dan nasehat,bhw akan adanya pergantian zaman yg akhirnya memang menuju kepada kemakmuran dan keadilan, dan ada disebut bahwa selama itu putera Sunda akan hanya menjadi penonton dan atau mengabdi saja, sedangkan rajanya bukan orang turunan Sunda. Namun pada akhirnya pada saatnya justeru putera Sundalah yang akan membangun negeri ini setelah nanti ditemukan putera Sunda dan akan menjadi raja yg adil dan negeri menjadi jaya kembali. Ini sesuai dgn ramalan Joyoboyo yg juga akan ada raja ratu adil yg memiliki trisula , dan Dia ini masih memiliki darah batara yg berarti adalah keturunan berdarah ulama atau alim atau batara yg juga ksyatria> yg berilmu dan memiliki moral akhlak yg baik dan menjadi ratu dengan sangat bijaksanan dan adil dan amanah dan memakmurkan rakyat dan negara secara keseluruhan .
    Smoga saja tanda2 atau siloka atau alamat ungkapan tersebut segera terwujud, dan diharapkan dari orang Sunda yg berilmu dan berakhlak mulia serta mempunyai darah kepemimpinan yg berbudi luhur.
    Wassalam

  17. arifin

    Ini sesuai dgn ramalan Joyoboyo yg juga akan ada raja ratu adil yg memiliki trisula , dan Dia ini masih memiliki darah batara yg berilmu dan memiliki moral akhlak yg baik dan menjadi ratu dengan sangat bijaksanan dan adil dan amanah dan memakmurkan rakyat dan negara secara keseluruhan

  18. kita sebagai orang jawa barat hendak kita mengenang masa perjuangan beliau dan memelihara/menjaga kelestarian…………..

    • perabu siliwangi adalah raja yang sangat bijaksana dan adil dalam menjalankan amat dari kakeknya (wastu kencana)dan ia memiliki wibawa yang sangat tinggi……..
      wassalam

  19. Syiera

    Salam penghuni blog ini, Nama saya Syiera dari Malaysia.
    Saya adalah seorang yang berketurunan separuh darah Sunda dan separuh lagi darah Cina Baba Melaka. Ibu saya berketurunan Sunda dan saya sering berkunjung ke Gato Subroto, Bandung untuk menziarah keluarga ibu saya di sana. Waktu pertama kali kunjungan saya ke bandung dan itu juga merupakan kali pertama saya bertemu dengan nenek di Bandung, pernah saya bertanya kepada nenek yang namanya Raden Siti Khodijah apakah keturunan asal usul nenek kerana namanya nenek terdapat gelaran “Raden” di depanya. Nenek menjawab “Neng kamu itu adalah keturunan daripada Eyang Prabhu Kian Santang” dan diceritakan lagi nenek mengenai sejarah Eyang. Walaupun sudah diceritakan kisah Eyang kepada saya, tetapi saya mempunyai perasaan ingin tahu yang lebih mendalam lagi. Saya ingin mencari sahihnya asal usul saya ini yang dikaitkan mempunyai keturunan Eyang Prabhu Kian Santang. Adakah siapa-siapa di sini yang bisa memberitahu saya di manakah tempatnya yang saya bisa menemukan carta keluarga keturunan Eyang Prabhu Kian Santang? Adakah terdapatnya muzium2 di bandung yang mempunyai cerita sejarah yang lengkap mengenai Eyang Prabhu Kian Santang sehingga ke senarai nama2 anak, cucu & cicitnya……

  20. priyantun

    Banyak sekali yg klaim dirinya keturunan prabu siliwangi …

    • aku pernah temuin orang yg mengaku ponakan prabu siliwangi.eeeeeh ternyata dukun. kalau mau cari,maka jgn cari……sudah trlalu banyak pembohong.biarkan allah saja yg mmpertmukan kita dgn nya.

  21. Kabayan Motekar

    Asswrwb. Hapunten sateu acana ka dulur salembur baraya sajagat, heueuh geura harudang yeuh!!!! ulah ngan saukur gegere jeung sare teu paduli dulur komo deui mah batur. Da taun teh geus dua rewu sapuluh lain jamanna hirup kumaha Gusti alloh eta mah jamanna sikabayan beger cik geura nalipak maneh geura hideng ku sorangan, boh rahayatna boh pajabatna hayu urang sauyunan sareundeuk saigel sabobot sapihanean hirup sauyunan ngawangun lembur rek kusaha deui lain ku urang-urang mah tong saukur ngomong tingalikeun ku hasil karya nu mangfaat keur balarea boh dilemburna boh dikotana. Hayu urang mumule kapribadian urang sunda nu tadi disebat. Urang tunjukeun ka dunya luar yeuh aing urang sunda teh!!!!!!
    Urang Sunda nu motekar jeung seueur berkarya keur kamaslahatan umat!
    Kumaha baraya??

  22. RIAN FEBRIANSYAH

    Saya bangga jadi orang sunda …prabu lingga buana yang pemberani tak sudi bangsanya di jajah

    sebaliknya malulah kalian orang jawa karna tindakan pengecut Gajah Mada…

  23. RIAN FEBRIANSYAH

    Saya bangga jadi orang sunda …prabu lingga buana yang pemberani
    dan malulah kalian orang jawa karna tindakan pengecut Gajah Mada…

  24. Live on

    Saya pgn tahu siapa2 aja yg bener2 keturunan Prabu Siliwangi? Apa benar Raden Ghazali(mantan kepala pdam bogor) bnar2 keturunan Prabu Siliwangi, tlg jawabannya

  25. bimacakra

    yaaahhh….bener apa gak tuh cerita kan gak tau? ngapain fanatik gak karuan…?

  26. rasid maulana sidiq

    Berdasarkan beberapa sumber yang saya temui bahwa Siliwangi adalah sebuah kerajaan di tatar sunda yang berasal dari Galuh pekuan pajajaran .Tentang Kiansantang adalah pewaris lerajaan siliwangi pertama sehingga dikenal Prabu Siliwangi II Beliau putra dari Raja Siliwangi I.yang menikah dengan Nyi mas Subang keranjang adalah Prabu siliwangi I.Atau raja kerajaan siliwangi ke I setelah ganti nama dari pakuan Pajajaran.Prabu siliwangi I memiliki tiga orang putra yaitu ; Raden Kiansantang,Walangsungsang dan Larang santang.selanjutnya Raden Kian santang setelah pergi ke arab atas perintah Buyut Prendita alias Kiyai Padholi di Garat ketemu dengan syeh Hanapiah Putra dari Syayiduna Ali dekenal ali ke 12.karena kalah tarung ( dapat keluar darah ) akhirnya Raden Kiansantang masuk islam dan kembali ke Jawa menemui Kiyai Padholi yang ternyata sudah islam ( disinyalir Kiyai padholi adalah syeh Quro) selanjutnya oleh Kiyai Padholi diberi gelar syeh Nurjati,kemudian pergi ke Cauban menjadi kuwu pertama Caruban,selanjutnya disusul adiknya Raden walangsungsang dan tathta kekuwuan diberikan ke adik menjadi kuwu ke II di Caruban / Cirebon . rdalam perjalanya raden Walangsungsang dikenal bah kuwu cirebon pengeran Caktabuana,sedang Kian santang alias syeh nurjati mendirikan padepokan jambe Pitu dikenal Kiyai Jambe Pitu yang muridnya 7 Orang berlokasi diperbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah sekitar sungai Cisanggarung. brdasarkan bukti sejarah yang ditemukan tahun 2008 yaitu patung Ganesa yang terbuat dari perunggu terdapat di gunung Puncakmanik. Ini baru terkaan sementara tentang letak padepokan jambu pitu.selanutnya larang santang menikah dengan raja mesir yang masih keturunan syayidiba ali dalam pernikahanya Raden kiansantang menjadi wali dan diberi pewali berupa pedang syayidina ali.dari pernikahanya memperoleh keturunan syeh Syarif hidayatullah.dari literatur tersebut maka yang akan memimpin bangsa ini kelak adalah keturunan Syehsyarif tiu merupakan keturunan prabu siliwangi. jadi pesan saya kalau mau mencari pemimpin bangsa yang akan datang carilah keturunan syeh syarif yang asli dimana? kerena beliaulah yang memgang keris pusaka kerajaan yang pernah dipegang oleh raden Wijaya.

  27. Maung leuweung

    kataji ku kintunan saderek sadaya, asa janten nambihan caangna obor

  28. assalamualaikum wr,wb,

    kepada seluruh sesepuh diblog ini, setiap orang bebas berpendapat, tapi kebenaran hanya milik Sang Maha Tunggal, silakan mampir ke blog saya
    http://pemegangpetir.blogspot.com/2010/09/jatidiri-pendekar-pemegang-petir-dan.html

    wassalam, wr,wb
    ki bonthot kamulyan
    (pendekar pemegang petir)

  29. wijaya

    TURUNAN SUNAN GUNUNG JATI (SYARIEF HIDAYATULLAH), SEBAGAI PENERUS / KETURUNAN 2 KERAJAAN;
    PAJAJARAN (SILIWANGI) DAN RAJA MESIR (AL-MISRI), MENURUNKAN KEKAISARAN(MAHARAJA) YG MEMBAWAHI SEMUA RAJA-RAJA NUSANTARA (SULTAN-SULTAN), SAMPAI KAISAR TERAKHIR YAITU KAISAR AHMAD (1810 M). ISTANANYA DIBUMIHANGUSKAN OLEH BELANDA (DAENDELS)DENGAN BANTUAN INGGRIS (RAFFLES). PDHL RAFFLES ADALAH SAHABAT KAISAR SENDIRI. DENGAN LICIKNYA DIA MEMBUANG KAISAR DI PULAU BANDA.
    SEKARANG TURUNANNYA SEDANG BERJUANG MENGEMBALIKAN HAK SEJARAH YANG MANA KEKAYAANNYA TELAH KAISAR SEBARKAN KESELURUH DUNIA SBLM DIAMBIL OLEH BELANDA. SEKARANG KELUARGA DAN SEMUA PENDUKUNGNYA TELAH MENDAPATKAN HAK DAN PERLINDUNGAN HUKUM, JUGA PENGAKUAN DARI PBB , USA , INGGRIS RAYA , PERANCIS , NATO. ITULAH SEJARAH YG HARUS DIKEMBALIKAN PADA YG HAK, SESUAI HUKUM ALAM DAN HUKUM INTERNATIONAL. SELAMA INI SEJARAH TELAH DIHILANGKAN DARI BUMI NUSANTARA OLEH BELANDA DENGAN BANTUAN RAJA/SULTAN PENGKHIANAT. TAPI JUSTRU SEJARAH ITU ADA DAN LENGKAP DI LUAR NEGRI, TERUTAMA INGGRIS. SEKARANG KAISAR PENERUS SEDANG DIPERSIAPKAN, KARENA SUDAH BERUSIA 17 TH. INSYAALLAH WANGSIT SILIWANGI AKAN SESUAI DENGAN TAKDIR ALLAH SWT. AMIEN..

  30. DEN

    kanggo dulur dulur sadaya,geura baca kidung RAI RAKA sareng KIDUNG BANYUSWARA,lamun sanes hakna memang sulit mendaptkan KIDUNG RAI RAKA DAN KIDUNG BANYUSWARA,ABDI MOAL TIASA MAPARKEN DI DIEU, TAPI LAMUN TOS MACA ETA KIDUNG INSYA ALLAH SAHA URANG SUNDA TEH, JEUNG KUMAHA NAGARA URANG ENGKENA, SAHA RATU ADIL TEH.SING ARELING BAE PESEN ABDI,ULAH BAHA KA KOLOT,ULAh NGARUKSAK NAGARA INDONESIA,KUMARGI PENYARINGAN ALAM SEDANG DIMULAI.
    INSYA ALLAH MOAL LILA DEUI URANG SUNDA AKAN MEMINPIN NAGARA NUSANTARA IEU,DAN AKAN MENJADIKAN NEGARA INDONESIA MENJADI SURGANING JAGAT DUNIA, AMIEN.

    • Popy Rose

      Pak Den,
      Saya bukan ahli sejarah … tapi saya sangat suka sejarah.
      Dimana saya bisa menemukan kutipan Kidung Banyuswara tersebut? Mungkin keinginan saya terlalu tinggi, tapi mungkin saya bisa dapat sedikit lebih banyak lagi informasinya.
      Hatur nuhun sateuacanna

  31. irawan satya

    Membaca komentar-komentar yang ada di sini.
    Saya merasa komentar dari Bpk. Rasid Maulana Sidiq yang agak mendekati kebenaran, namun mohon maaf karena saya akan mencoba sedikit mengkoreksinya dan mencoba menuliskan SEJARAH AWAL KERAJAAN PAJAJARAN, semoga tulisan saya ini akan menjadi suatu bahan kajian bersama. Terima kasih.

    SEJARAH AWAL KERAJAAN PAJAJARAN .
    Sejarah KERAJAAN PAJAJARAN dimulai dengan PERKAWINAN KE II dari RAJA yang berkuasa di SUNDA yaitu PRABU SANG SUSUK TUNGGAL (1382-1482.M) dengan PUTRI/RATU GALUH KANCANA PUTRI yang merupakan PUTRI TUNGGAL dari RAJA yang berkuasa di KERAJAAN GALUH yaitu PRABU NISKALA WASTU KANCANA (1371-1475.M).
    Dengan PERNIKAHAN tersebut KERAJAAN SUNDA dengan KERAJAAN GALUH dilebur menjadi KERAJAAN PAJAJARAN yang berarti YANG MENSEJAJARKAN dengan maksud MENEGASKAN bahwa RAKYAT KERAJAAN PAJAJARAN baik yang dari KERAJAAN SUNDA maupun dari KERAJAAN GALUH memiliki HAK,KEWAJIBAN dan DERAJAT yang SAMA/ SEJAJAR di dalam KERAJAAN PAJAJARAN.
    Dari PERNIKAHAN tersebut mereka memiliki 2.(dua) orang anak yaitu:
    1.Seorang PUTRA yang bernama PANGERAN KIAN SANTANG/ WALANG SUNGSANG/ CAKRABUANA.
    2.Seorang PUTRI yang bernama PUTRI RARA SANTANG/ SYARIFAH MUDAIN.
    Sedangkan dari

  32. irawan satya

    Sedangkan dari PERNIHANNYA yang PERTAMA. PRABU SANG SUSUK TUNGGAL memiliki :
    1. Seorang PUTRA yang menjabat sebagai KUWU BOGOR dengan daerah kekuasaan meliputi seluruh WILAYAH BOGOR.(WILAYAH BOGOR sebelu ada PEMEKARAN WILAYAH daerahnya meliputi BOGOR sekarang , CIANJUR dan SUKABUMI / SETENGGAH WILAYAH SUNDA.)
    Dia dikenal dengan nama PANGERAN ADJI PUTIH yang tinggal di ISTANA KUWU / PAKUWUAN / PAKWAN BOGOR yang letaknya berdekatan dengan ISTANA RAJA PAJAJARAN / KUTA RAJA PAJAJARAN.
    2. Seorang PUTRA LAINNYA menjabat sebagai KUWU di BANTEN.
    3. Seoran PUTRI yang setelah menikah SUAMINYA diberi jabatan sebagai SYAHBANDAR di PELABUHAN SUNDA KALAPA yang oleh para BUDAYAWAN BETAWI dikenal sebagai TUAN ITEM.
    Dia adalah PUTRI CENTRING MANIK MAYANG SUNDA.

    Pemerintahan di PAJAJARAN berjalan AMAN, ADIL dan MAKMUR hingga tidak ada GEJOLAK yang perlu diCATAT dalam SEJARAH, hingga SEJARAH CIREBON yang ditulis oleh PANGERAN WANGSAKERTA mencatat tentan WAFATNYA KAKEK PANGERAN CAKRABUANA yang tertulis dalam SEJARAH PEMBANGUNAN ISTANA PAKUNG WATI.
    PANGERAN WANGSAKERTA menulis sbb :
    Ketika KAKEK PANGERAN CAKRABUANA yang berkuasa di kerajaan SINGAPURA meninggal dunia Pangeran tidak mendapat WARISAN berupa TAHTA,tetape menerima WARISAN berupa SELURUH HARTA KEKAYAAN SANG KAKEK YANG DIBOYONGNYA KE CIREBON, dan dengan modal harta warisan tersebut Pangeran Cakrabuana membangun ISTANA PAKUNG WATY untuk Putrinya.
    KERAJAAN SINGAPURA ?
    Hal tersebut dapat dijelaskan dengan melihat SITUS KERAJAAN GALUH, yang merupakan sebuah kerajaan yang DIKELILINGI OLEH PARIT PERTAHANAN seperti KASTIL-KASTIL di EROPA.
    Karena itu KERAJAAN GALUH dikenal sebagai KERAJAAN SINGAPURA yang berarti KERAJAAN YANG DIKELILINGI OLEH AIR,seperti KERAJAAN PULAU SINGAPURA.
    Dan oleh karena IBUNDA PANGERAN CAKRABUANA merupakan PUTRI TUNGGAL dari PRABU NISKALA WASTUKANCANA, maka SELURUH HARTA BENDA KEKAYAAN SANG KAKEK DIWARISKAN KEPADA SANG PANGERAN.(Ibunda sang Pangeran telah meninggal dunia sebelumnya)
    Pangeran Wangsakerta pun menulis :
    Setelah ISTANA PAKUNG WATI selesai dibangun AYAHANDA PANGERAN yang berkuasa di KERAJAAN PAJAJARAN mengutus TUMENGUNG JAGA BAYA beserta pasukannya untuk MENGAWAL dan ANARIMAKNA (menyerahkan) KACAKRAWARTYAN MANGGALA (Tanda kekuasaan atas KERAJAAN) PRATANDA KEPRABUAN (Tanda sebagai SEORANG PRABU PAJAJARAN.) kepada Pangeran Cakrabuana, serta mewakili RAJA untuk MENOBATKAN Pangeran Cakrabuana menjadi seorang RAJA dengan gelar resmi PRABU SRI MENGANA.
    Setelah dinobatkan sebagai RAJA SECARA SIMBOLIS,maka Pangeran Kian Santang/ Cakrabuana/ Prabu Sri Mengana harus ke KUTA RAJA untuk menerima TAHTA.
    Maka untuk keperluan itu Prabu Sri Mengana menunjuk KEPONAKANNYA/ anak adiknya yang bernama PANGERAN SYARIF HIDAYATULLAH untuk mengantikannya menjabat sebagai KUWU di CIREBON.
    Selama perjalanannya menuju BOGOR Prabu Sri Mengana sambil melakukan SYIAR ISLAM, hingga baru pada tahun 1482.M tiba di Kuta Raja.
    Pangeran Kian Santang/ Cakrabuana/ Prabu Sri Mengana kemudian DINOBATKAN KEMBALI MENJADI RAJA secara RESMI oleh RAJA YANG BERKUASA sambil penyerahan TAHTA PAJAJARAN dan mendapat GELAR BARU yaitu PRABU SRI BADUGA MAHARAJA. (1482-1521.M)
    DEMIKIANLAH SEJARAH AWAL KERAJAAN PAJAJARAN yang tertulis sbb:
    SANG SUSUK TUNGGAL INYANA NY NYIEUNA PALANGKA SRIMAN SRIWACANA.
    yang berarti sbb:
    SANG SUSUK TUNGGAL ADALAH YANG MEMBUAT SINGGASANA/ TAHTA SRIMAN SRIWACAN.
    Sebagai Raja yang membuat TAHTA tersebut maka dapat dipastikan bahwa dia adalah yang BERTAHTA PERTAMAKALI di TAHTA TERSEBUT.

    Dan SEJARAH KERAJAAN PAJAJARAN berlanjut hingga masa kekuasaan RAJA TERAKHIRNYA yaitu: PRABU RAGA MULYA SURYAKANCANA.(1567-1579.M)

  33. NENDI ROMAN

    apakah itu prabu siliwangi

  34. agus askadi

    mohon kalau memberitahukan sesuatu itu diusahakan dari awal,biar tidak bingung,jadi percuma udah bikin tulisannya cape tapi tidak dipahami orang lain ,kan mubadhir ,jadi kalau bisa sejarah di ceritakan dari awal,hingga akhir..adapun masalah siapa yang mimpin bangsa ini kedepan kelak,jangan sok tau,yang penting kita jalani kehidupan kita selurus mungkin,urusi saja dirikita sendiri dulu,sudah benarkah diri kita? nah,untuk semuanya..tidak usah berdebat masalah keturunan..yang perlu diperdebatkan bagaimana agar kesejahteraan bangsa ini bisa seperti sejahterah di masa jaman prabu siliwangi…bukan berdebat masalah pemimpinnya….OK!

  35. bima cakra

    sejarah untuk di pelajari bagi persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia raya….! kenapa jadi mempermasalahkan orang sunda ..orang jawa…? aneh!
    saya aja gak tau siliwangi….gak tau sejarah nusantara sampai begitu detail? jadi yang merasa tau…harus makin menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dong?

  36. saya punya pusaka prabu….saya dikasi sama kakek saya tpi saya g tau cara menggunakannya

  37. natakusuma

    ataur nuhun kasadayana informasinya

  38. dylan

    Alhamdulillah.. Ternyata dongeng siliwangi dapat membangkitkan rasa orang pribumi juga. Semoga orang sunda dan banten senantiasa dalam bimbingan-NYA.. Amein!

  39. indra

    saya bangga berasal dr tatar sunda ………

  40. Sudah..sudah jangan berdebat siapa keturunan Prabu Siliwangi. Benar seperti kata Kang Irawan Satya, SILIWANGI adalah suatu sistem dan siapapun, darimanapun sukunya bila meneladani sikapnya dialah SILIWANGI. Mari kita berjuang bersama membangun bangsa dan negeri ini, Amin…!!

  41. cantona

    ass.. saya bangga menjadi orang sunda, saya pernah baca buku mengenai kerajaan siliwangi bahwa kerajaan siliwangi itu gk ada, begitu juga dengan prabu siliwangi, dan itu hanya sebuah cerita. soalnya dr yg saya baca d sebuah buku orang baduy yg tinggal d ciboleger kab. lebak yg katanya mereka bekas masyarakat kerajaan siliwangi,yg lari karena tidak mau d islamkan oleh pangeran hasanudin dr banten justru mereka tidak mengakuinya dan tidak mengenal,kerajaan siliwangi dan prabu siliwangi, maaf sebelumnya saya hanya ingin shering saja dan tidak ada bermaksud menjelek jelekan budaya apa lagi menghina prabu siliwangi, soalnya saya juga ingintau kerajaan siliwangi dan prabu siliwangi itu ada/tidak?terimakasih sekali lg mohon maaf klo ada yg tersinggung… wasalamualaikum wrwb

    • Maaf ,kalau boleh saya komentari bahwa yang dimaksud Pasundan itu luas sampai Purwokerto,Cilacap itu masuk Pasundan dan Raja Maja Pahit itu masih keturunan Eyang Prabu Siliwangi. Kalau boleh saya utarakan sedikit : Bahawa kerajaan Galuh setelah di Pimpin Prabu Wastu Kencana dibagi menjadi Dua yaitu Galuh Pakuan Pajajaran yang berpusat di Galuh dan Kerajaan Pajajaran yang berpusat di Bogor.Selanjutnya kerajaan Pajajaran di pimpin oleh Prabu Sora ,selanjutnya Kibaduga ,sedangkan kerajaan Galuh Pakuan dipimpin Raden Manah Rasa.Kesemuanya di sebut Prabu Siliwangi.Kerajaan Pajajaran masih memeluk agama Hindu meliputi daerah Bogor,Bandung,Sukabumi sampai Banten.Sedangkan Galuh yang dipimpin Manah Rasa ( Prabu Seliwangi ) meliputi daerah Garut,Tasik,Kuningan,Cirebon,dan Sumedang.ini sudah beragama Islam karena rajanya Raden Manah rasa setelah menikah dengan Subang Keranjang memeluk agama Islam.Waktu itu ada istilah Sabda Pendita Ratu Penata Peneteg Gama.( artinya Ucapan raja adalah hukum,Raja sebgai peneta kehidupan masyarakat dan Penetg Agama.)Dari keturunan Raden Manah Rasa inilah yang nantinya melahirkan Syeh Nurjati alias Kian santang,Bah Kuwu Cakrabuana alias Walang sungsang dan Saripah Mudain alias Larang santang yang selanjutnya dari Larang santang melahirkan Syeh Syarif hidayatullah alias sunan Gunung jati.selanjutnya sunan gunungjati mengislamkan Pajajaran yang pada waktu itu dipimpin putranya Maulana Yusuf ,Laskar kiBaduga lari ke banten dan sisanya sekarang dikenal Baduy.untuk menjaga turunnya pengaruh hindu ke jawa kembali Maulana Yusuf di angkat jadi sultan di Banten serta Batu Giling kencana yang biasa dipakai penobatan raja-raja di bawa ke Banten.Sejak itu tidak ada kerajaan di jawa lagi yang ada kesultanan.di Bawah gunung tempat berdiam Orang hindu laskar Ki Baduga dibangun Pasantren.sampai sekarang ada bukti sejarah itu.Jadi menurut saya hampir suma orang di Pulau jawa ini masih keturunan Prabu Siliwangi.termasuk Sunan Bayat Bupati Pajang,sunan Gunung jati,Ariya Kemuning,Pengeran Gesan Ulun,Pangeran Jaya Karta,Bageur Bandung, dsb.kenapa harus di cari-cari ya?

  42. Siapa yang tau gunung kuning tolong coment aku penasaran apa dan dimna gunung kuning

  43. putra sunda

    baiknya tidak usah memperdebatkan siapa keturunan Prabu Siliwangi yang asli, semua orang asli dari tatar sunda (sekarang Jawa Barat dan Banten) adalah keturunan asli Prabu Siliwangi. Yang jadi pertanyaannya adalah “Apakah kita sebagai orang asli tatar sunda, sudah bisa meneladani apa yang diwariskan oleh beliau, dengan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari ?” Satu lagi tidak usah mencari-cari siapa pemimpin yang akan datang yang katanya keturunan asli Prabu Siliwangi. Renungkanlah apakah kita sudah bisa memimpin diri kita sendiri ? Kalau kita sudah bisa menjadi pemimpin untuk diri sendiri, jaminan Allah SWT negeri ini akan aman, damai, sejahtera, sentosa. Amin.

    • Tentu saja bisa. karena ajaran Prabu Siliwangi sudah ada pada ajaran Agama Islam. jadi kalau kita ingin mentauladanai Prabu siliwangi laksanakan saja ajaran agama Islam yaitu : Iman,Islam dan Ihsan.
      melaui pengamalan syareat,hakemat,tariqot dan marifat.itu saya kira.

  44. Popy Rose

    Saya bangga sebagai wanita Sunda.
    Ayo … kita lakukan yang terbaik untuk Sunda kita! Karena itu adalah cara menjadi ‘Siliwangi Siliwangi’ baru.

  45. Kabayan Motekar

    Sampurasun!!!!!
    Dulur salembur baraya sajagat!
    Yeuh!!!!!
    Ayeuna mah regepkeun ku sadayana, ieu pepeling khususna keur kuring umumna ka dulur salembur baraya sajagat, nu nyalametkeun urang” mah Anging Alloh swt. Lain ieu lain itu kade masing ariyatna ka diri tong neang Gusti ti Luar dirina bisi jadi musrik!
    Geura Bareunta ieu jaman teh geus kolot seueur totondeng, jurig oge nepi ka bungkeuleukan ayeuna mah!

    Jaga nu disebat TEKAD UCAP LAKU-LAMPAH nu kumaha eta teh “TEU NGARUGIKEUN DIRINA TEU NGARUGIKEUN BATURNA teras eta teh CING MANGFAAT KEUR DIRINA MANGFAAT KEUR BATURNA”

    Pek geura lenyepan masing ariyatna!!!!!!

  46. Sang Petualang Kulon Java

    Assalamu’alaikum …
    Sampurasun …

    Saya keturunan asli Eyang Sri Baduga Prabu Silih Wangi > Eyang Haji Rukmana.
    Dan saya pewaris SYAHADAT BA’SAL’WA PAJAJARAN.

    Wa’alaikumussalam..

  47. Giit'z

    maaf bkan nya saya sok tau y,,tpi mw ngbnerin bahwa prabu siliwangi kalah n binasa sama majapahit ( gajah mada) tu gx bner,mlah sbaliknya hayam wuruk n patih gajah mada smw d binasakan oleh prabu kian santang,,kl gx percaya tanya z apa ada kuburan nya itu hayam wuruk n pati gajah mada???
    maaf sx lagi,,saya juga tu tw dari kake saya sejarah tentang prabu siliwangi yg sebenernya cz dy msih kturunan prabu siliwangi dari anaknya yg bernama arya kemuning…

  48. Hendra routhraff

    Kalo semua sudah dan merasa mengaku keturunan dari ayahanda prabu Siliwangi ga usah berdebat dan saling tuding apalagi merasa diri paling sah. Adakan temu muka langsung sebagai wujud silaturahmi dan memper-erat ikatan raga dan bathiniah antara para pilih raga yang telah di pilih oleh ayahanda prabu, saya pun tidak membantah tentang keturunan dan titisan dari ayahanda prabu itu jumlahnya tidaklah sedikit. Itu terjadi karena sudah kodrat beliau untuk memakmurkan kerajaan sunda yang belum sepenuhnya terlaksana dikarenakan beberapa faktor pada masa lalu,
    Beberapa amanat yang pernah beliau sampaikan, diantaranya :
    1. Banyak nya paranormal / ahli kebatinan yang menjual kehormatannya
    dan menjual ilmu Allah
    2. Banyak yang mengaku sebagai pemegang amanah ku
    3. Tidak lagi peduli dengan sejarah bangsa ini
    4. Para pemimpin saling tebas
    5. Semua pemuka agama saling menuding
    6. Penguasa mengaku dewa
    7. Anak – anak keturunan ku akan ku persatukan
    8. saatnya bangsa ini ku jayakan namun perlahan
    9. Pemegang amanh telah ku tetapkan
    10. Jaga emosi anak keturunan ku
    11. Para anak keturunan ku akan dibuat cerai berai dan menderita
    12. Namun mereka akan ku persatukan lagi dalam panji Dhasa Wala Setra
    Wardha Kala
    13. Ini belum saatnya bertindak
    14. Yang wajib tetap jadi wajib
    Ini hanya sebagian penggalan dari pesan beliau yang diterima, semoga
    sedulur wangi semuanya tetap berpegang teguh dalam Silih Asah…Silih Asih…Silih Asuh dan Silih Wangi…

  49. EYANG TANGTOS KATURUNANA TOS SEUEUER JEUNG SUMEBAR KAMANA MANA NGAN AYA CIRINA BENTUK JARI JEUNG SUKU LAMUN URANG SADULUR SOK NGnARASA DEUKEUT SABAB SAFREKWENSI NA HATE NGAN SING BALENER NGAMALKEUN Agama ulah loba omong hayu urang ngadaru a eyang jeung turunanana sing saroleh dipasihan rezeki
    ti langit jeng ti bumi

  50. Martha Jourdan

    Saya penasaran nih, Tentang cerita Prabu Siliwangi, Ini pengalaman pada diri saya sendiri, Sebenarnya sih iseng dan penasaran dengar cerita Ibu saya ketika masih hidup, Ibu bilang nenek punya piaraan harimau putih dan cuma ibu sama nenek yg dapat lihat, Sebenarnya nggak percaya tapi penasaran, Buat apaan sih piara yg nggak nyata, Sesudah iseng ketempat orang yg keturunan Cirebon, Eh katanya aku keturunan Cirebon kalau dia lihat dari mata bathin, Sebenarnya masih penasaran. Wasallam

  51. Al-Fakir

    Sri baduga Maharaja sesungguhnya adalah seorang muslim. Indikasinya cukup banyak, saya sebutkan bbrp;
    1. Nama gelar Prabu Siliwangi bkn hny Sri Baduga maharaja, melainkan ada tambahannya Sri Baduga Maharaja Ratu Haji. Silahkan cari tau & tafsirkan sendiri tentang arti; Haji dlm agama hindu jika beliau mmng beragama hindu.
    2. Leluhur-leluhur Prabu Siliwangi di Kerajaan Sunda maupun Galuh, sudah muslim(Prabu Borosngora atau Prabu Hariang Kencana, misalnya), silahkan cari tau & tafsirkan, apa mngkn Prabu siliwangi murtad atau mmng bknlah seorang muslim?
    3. Istri beliau Nyi Subang Larang adlh santri Syeikh Kuro di karawang, apa mungkin bersedia menikah dgn Prabu Siliwangi jika blm muslim? krn jelas, hukumnya adalah haram, meskipun nyawa dipertaruhkan. Silahkan cari & tafsirkan…
    4. Beliau tdk menentang ataupun membatasi penyebaran agama Islam, jika dia bkn seorang muslim, logikanya tentu akan panik pada keberadaan agama sah kerajaannya, silahkan cari tau & tafsirkan…
    5. Pesan (Uga-uga Siliwangi) adlh pesan2 beliau yg berisikan perkiraan keadaan di masa depan, namun rasanya tidak bertentangan dgn arahan yg pernah nabi sampaikan, silahkan cari tau & tafsirkan…
    Itu dulu aja. Sebenarnya banyak lg & penjelasan realnya insya ALLAH sanggup sy hadirkan. Namun krn bnyk keterbatasan yg ada, maka sy urungkan. Sy pun tau mngkn ada yg tdk setuju atau mendebat, itulah krnnya slalu sy katakan, silahkan cari tau & tafsirkan. Knp tafsirkan? krn para pelaku sejarah tsb sudah tiada, maka tafsirkan dgn baik. WALLAHUa’lam.

  52. Assalamualaikum wr.wb.
    Dulur sadaya (hapunten sundana kasar) simkuring ti Bogor, upami ti nini masih katuruunan Raden Hamri bin Raden Sahanu……. saurna msh aya runtuyan ka Pangeran Paka, P. Paka, P.Sake …. hanjakal nu uninga salisilah eta tos teu araya (mulih ka jati mulang ka asal). Upami ti Aki H. Sulaeman (ki Amang) gaduh Rai Raka Aki Husen (Wa Uceng) Sukabumi, Aki Syarif (Sukabumi), Ki Hasan (Aki Acang), saurna masih katurunan ti Kuningan saurna “upami hoyong terang dulur atawa lain tenjo kuku sukuna, urang katurunan Kuningan bisa nenjo tina eta” tapi abdi teu terang naon maksudna… kukituna kasadaya dulur nu gaduh informasi Pancakaki karuhun abdi ti Aki sareng Ninitiasa email ka dink0701@yahoo.com

    • Rasid maulana sidiq

      Hapunten abdi ngajelaskeun ucapan ki Hasan ( aki Acang ) Leres ucapan ki Aceng teh upami hoyong uninga ka sadulur tong ningali nu teu katawis tapak tangtuna margina tiasa ngajantenkeu urang poho kana sadulur na saestuna.tong tebih teuing ningalina geura tingali dulur sabapa,sa aki,sa Buyut eta wae dulur nu pasti.Upami luluhur Kuningan cekap Pangeran Kuninga,Raden Ariya Kemuning,Ki Lintang.teu kedah milarian nu teu puguh bilih janten kasasar.hapunten kitu oge

  53. assalamualaikum. saya sangat tertarik mempelajari sejarah prabu siliwangi.saya sendiri merupakan keturunan sunda.ayah saya berasal dari purwakarta dan merupakan cucu dari R.Sutapradja. saya ingin mengetahui informasi apa benar bahwa R.Sutapradja merupakan keturunan dari prabu siliwangi ? mohon untuk menginformasikan bagi yang tahu mengenai hal tersebut ,terima kasih.

  54. perabu siliwang adalah yang mimpin kerajan sunda

  55. saria kabehan nyahona ngan copy paste article batur jeung tulisan batur di internet..
    mun saria pernah ngasaan paeh atawa mati suri, karak saria bakal nyaho carita aslina, soalna mun sia paeh, sia bakal kapanggih jeung lalakon sejarah eta jeung nyaho kajadian asli dimasa lampau..
    Ngentot sia kabehan lah,, nyaraho naon sia kena sejarah, sarotau sia kabehan..

    • cepiar

      Anda berkomentar tidak sopan, mulut mu ibarat mulut teko, kalau baik isi teko maka yang keluar pun baik, jika buruk isi teko maka yang keluar pun buruk. Kata-kata buruk yang Anda keluarkan menggambarkan isi kepala dan isi hati Anda yang buruk. :)

  56. zRuddy Supriyadi

    dulur jeung baraya sadayana geus ulah loba teuing pandangan nu ngajadikeun salah arti jeung ngajadikeun pacogregan diantara urang, ayeuna mah mending urang tafakuran diri urang sajauh mana urang teh geus ngabela lemah cai,
    abdi oge hayang ceurik geningan abdi oge kudu hijrah ti lembur sorangan ngan saukur neangan hirup jang anak pamajikan boro2 keur batur
    kusabab kitu keun sang prabu urang jadikeun conto jang sakabeh urang sunda hiji jalma nu bisa ngajadikeun lemah cai nu aman tentram dan sejahtera, nah sekarang tak ada dan mungkin tak ada lagi yg bisa seperti beliau, matakna loba urang sunda nu kudu niunggalkeun lemburna mencari penghidupan
    ayruna mah urang kudu repeh rapih jeung sasama jalma

  57. wiwin rukmana

    Asalamualaikum,sjarah itu sngt pntng utk kita semua krna tnpa sjrah mstahil kita bisa mngerti akan diri kita semua,krna sejarah adlah ilmu pngtahuan bagi umat mnusia yg nyata dan yg telah terjadi tapi yg mesti di igt adlah bhwa semua bntk kejadiannya adlah atas khendak ALLAH SWT , jadi klo ingin tahu dan bertemu dgn sgala yg tlah lalu tambahkanlah iman kita dgn ketaqwaan kita kpd ALLAH dgn sllu ibadah membaca alquran dan zikir setiap hari , pasti sgala kginan tahuan kita akan terjawab karna kebesaran ALLAH SWT yang maha megetahui maksud dan tujuan semua mahluknya , insa Allah.

  58. kepada smuanya yg mngaku kturunan prabu siliwangi mhon baca komentar saya ini…kturunan prabu siliwangi mmg bnyk d mn2,hal itu krena prabu siliwangi adalah orang yg brbudhi pkerti luhur,shngga bnyak yg mohabbah trhadap bliau n mngabadikan nma bliau sbg buyut mreka,laen halnya dgn turunan asli prabu siliwangi yg lbih mmilih utk brdiam diri sambil mneruskan tugas beliau dgn brbgai mcm cara,yg jelas mneruSkn silih asah…silih asuh…sili asih,dan mereka trsbar luas hampir k sluruh NkRi,krn dr narasumber yg sya tw anaknya yg brnama prabu kian santang yg mmiliki 99 nama besar dan ribuan nama kecil(biasa) dan itu trsbar luas d NkRi…wassalam

  59. arman

    jadi lieur yeuh……………….nu pasti mah klo mu indonesia makmur ya hayu atuh pd bersatu,jangan tertipu omongan saat kampanye krn itu adalah omongan setan………….teramat susah memang cari pemimpin yg amanah n adil tp tidak menutup kemungkinan sosok pemimpin itu ada….

  60. ass dulur sadaya…sebelumnya saya hnya ingin koreksi sedikit..dan mohon petunjuk dan maaf jika salah…perabu dan Raden siliwangi itu beda orang dan jaman.. yg saya tau :
    prabu siliwangi adalah raja terakhir dari kerajaan padjajaran atau kerajaan Sunda.
    Sedangkan Raden siliwangi adalah anak dari R.arya wira tanu widatar (Dalem cikundul) dari hasil Perkawinannya dengan Seorang Putri jin.
    dan yg sering disangkut pautkan dengan harimau adalah Raden Siliwangi.
    So tinggal kalian Semua artikan dehc..klo kalian keturunan dari yg mna??
    thx..wasalam

  61. http://google.com

    Your personal blog, “Prabu Siliwangi | Cepiar’s Weblog” was indeed definitely worth commenting here! Only needed to announce u did a very good work. Thanks for your time ,Alica

  62. This gave birth to the idea of making online films showing people how to
    do eye make-up. All of their products are formulated without the 132 known irritating ingredients still found in many cosmetics on
    the market. Saira: “The hardest part is that planning ANYTHING is just not possible.

  63. Abdullah

    Tambah lagi dong ceritanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s