Pedoman Islam; Kebaikan dan Keburukan

Anda tahu teori tentang kebaikan dan keburukan?

Banyak diantara kita yang masih keliru tentang mana yang baik dan  mana yang buruk? Sebenarnya sangat sederhana untuk dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk, dalam ajaran islam, seorang muslim bisa dikatakan baik jika mengikuti pedoman ajarannya (Al-quran dan As-sunah) dan bisa dikatakan buruk jika menyimpang dari pedomannya itu. Simpel banget khan? pertanyaannya apakah Al-quran dan As-sunah memiliki aturan meliputi segala kahidupan manusia? jawabanya tentu saja YA.

Terus bagaimana dengan hal-hal yang tidak diatur dalam Al-Quran dan As-sunah, seperti minum Bir, jalan-jalan ke Mid-Night atau club-club malam? Yang perlu kita ketahui adalah bahwa Al-Quran dan A-sunah (Pedoman Islam) sebenarnya mengatur itu semua. Namun kita belum tahu, jika kita ingin tahu hal itu diatur atau tidak hal yang harus kita lakukan adalah mempelajari terlebih dahulu Pedoman Islam itu sendiri. Selain itu, kita mengenal adanya Ijma (kesepakatan Ulama dalam membuat hukum yang belum ada, namun harus berdasarkan Al-Quran dan As-sunah) yang menjadi solusi umat dalam menghadapi hal-hal baru dalam kehidupan ini.

kembali lagi ke topik awal yaitu “Teori tentang kebaikan dan keburukan?”

Sekiranya penjelasan saya yang singkat di atas sudah dapat membuka pikiran kita, bahwa teori tentang kebaikan dan keburukan ada dalam Al-Quran dan As-sunah. Kebaikan dan keburukan kehidupan manusia seutuhnya diatur dalam Pedoman Islam. Karena ajaran Islam relevan untuk semua umat manusia tanpa terkecuali walaupun wahyu Al-quran turun di Arab namun ajarannya meliputi umat manusia di dunia ini.

“Tidak ada kelebihan antara orang arab dengan yang bukan arab kecuali takwanya” (Al-Hadist)

Rasulullah SAW pun bersabda “Aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq manusia”

Jadi sudah jelas bahwa Islam bukan untuk sebagian bangsa, sebagian golongan, dan suku, namun Islam untuk seluruh manusia. Perlu kita ingat apapun tindakan yang kita lakukan manusiawinya akan selaras dengan Pedoman Islam. Dan jangan khawatir jika ada orang yang benci atau tidak suka dengan apa yang kita lakukan, karena apapun yang kita lakukan pasti akan ada orang yang simpati dan benci. Asalkan tindakan kita berdasarkan Islam biarkan saja jika ada yang tidak suka dan benci, cukup ALLAH SWT yang mencintai kita, karena kita, seluruh makhluk, dan alam dunia ini milik-NYA.

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under pendidikan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s