Manisnya Beternak Lebah Madu

Semanis produk yang dihasilkannya, usaha beternak lebah madu juga menjanjikan nilai ekonomi tinggi bagi peternaknya. Penuturan pengusaha ternak lebah, salah seorang perintis perlebahan di Tanah Air, Bambang Sukartiko, di tabloid Agro Indonesia 2005, dari kotak bersusun dua ia bisa memanen madu selama enam bulan musim produktif sebanyak 30-40 kg. Sementara jika kotak susun satu, madu yang dihasilkan hanya 10-15 kg. Jika memiliki 100 kotak super, berarti dalam satu musim produktif dia mampu menghasilkan 3 sampai 4 ton madu.

 

Harga madu bervariasi tergantung jenisnya. Di Indonesia sendiri jenis yang banyak dibiakkan adalah Apis cerana dan Apis mellifera. Dengan harga pasaran madu asli per botol ukuran 900 ml di Jakarta Rp40.000-Rp50.000, bisa dihitung berapa pendapatan. Belum lagi jika dicampur royal jelly dan pollenyang berkhasiat untuk obat, harganya bisa naik hingga dua kali lipat.

Investasi yang diperlukan untuk memulai bisnis yang satu ini juga bisa dimulai dari skala kecil. Masih menurut Bambang, satu kotak lebah madu yang berisi empat sisir (sarang) berharga Rp400.000. Satu kotak berisi satu ratu lebah dan 10.000 lebah pekerja. Dan akan masuk kategori produktif jika bersusun minimal dua kotak.

 

 

Sementara dalam analisis yang dirilis bagian humas Departemen Kehutanan, terdapat 2 (dua) macam modal yang diperlukan untuk investasi lebah madu yaitu modal investasi dan modal kerja.

Modal investasi merupakan modal tetap yang diperlukan dalam kegiatan budidaya lebah madu selama beberapa periode pemanenan termasuk penyusutan alat-alat produksi. Di dalam usaha perlebahan Apis mellifera modal investasi, terdiri dari : (1). perlengkapan koloni yang terdiri dari koloni lebah, kotak lebah (super), Bingkai sarang (frame), pondasi sarang, pollen trap, dan standar/tiang besi, (2). peralatan kerja yang terdiri dari pengungkit, pisau madu, ekstraktor, tong/drum plastik, alat pertukangan, pakaian kerja, dan sarung tangan.

 

 

Di dalam perhitungan modal investasi tidak dilakukan penyusutan karena peralatan berupa kotak lebah dan bingkai sarang dapat dipergunakan sampai 3 tahun. Dengan demikian pada tahun ke empat perlu dilaksanakan pengadaan baru, sedangkan peralatan lain berupa ekstraktor dan peralatan petugas dapat dipakai sampai dengan 10 tahun.

 

 

Modal kerja adalah biaya variabel yang digunakan dalam budidaya lebah madu untuk setiap periode pemanenan. Modal kerja terdiri dari seluruh biaya operasional yang habis dipergunakan selama satu tahun seperti makanan stimulasi, obat-obatan, sewa lahan dan transportasi.

 

 

Dalam perhitungan pendapatan untuk Apis mellifera dihitung produktifitas madu sebesar 24 kg per koloni per tahun, sedangkan untuk Apis cerana produktifitasnya sebesar 1 kg per koloni per tahun. Dalam analisis finansial tersebut, terlihat bahwa untuk budidaya Apis mellifera pada tahun pertama masih mengalami kerugian sebesar Rp 23.000,- yang disebabkan biaya investasi pengadaan koloni cukup tinggi yaitu sebesar Rp 25.000.000,-. Keuntungan baru dapat diperoleh pada tahun ke 2 yaitu sebesar Rp. 21.482.500,- dan terdapat penambahan jumlah koloni lebah menjadi 175. Pada tahun ke tiga diperoleh keuntungan sebesar Rp. 40.381.000,- Dan penambahan jumlah koloni menjadi 306 koloni. Keuntungan tersebut dihitung atas dasar hasil madu yang diperoleh dengan harga jual per kilogram sebesar Rp.10.000,-, dan harga jual pollen sebesar Rp.50.000,- per kilogram serta royal jelly sebesar Rp.500,000,-.

 

 

Pada analisis finansial budidaya lebah Apis cerana tahun pertama masih mengalami kerugian yaitu sebesar Rp.1.700.000,-. Keuntungan sudah diperoleh pada tahun kedua yaitu sebesar Rp. 5.050.000,- dan terdapat penambahan jumlah koloni yang dipelihara menjadi 150 koloni. Pada tahun ke tiga diperoleh keuntungan sebesar Rp. 7.865.000,- dan koloni lebah meningkat menjadi 225 koloni. Nilai tambah kegiatan budidaya lebah madu akan dapat ditingkatkan lagi bilamana peternak dapat memasarkan produknya dalam bentuk kemasan misalnya dalam botol atau sachet, bukan dipasarkan sebagai madu curah.

 

 

Syarat untuk berhasil dalam bisnis ini cukup dengan menimba ilmu dan menerapkan pengetahuan yang dimiliki tentang kehidupan koloni lebah. Misalnya suhu ideal yang cocok bagi lebah adalah sekitar 26 derajat C, pada suhu ini lebah dapat beraktifitas normal. Suhu di atas 10 derajat C lebah masihberaktifitas. Di lereng pegunungan/dataran tinggi yang bersuhu normal (25 derajat C). Lokasi yang disukai lebah adalah tempat terbuka, jauh dari keramaian dan banyak terdapat bunga sebagai pakannya. (SH)

 

43 Komentar

Filed under Bisnis

43 responses to “Manisnya Beternak Lebah Madu

  1. cedsui

    mas cepi,, blognya makin mantab aja nih…

    mas ii

  2. Khay

    mas iki pengalaman pribadi atau dari sumber2 lai, soalnya aku kepengen juga nich tau informasi yang lebih dalam mengenai pembudidayaan lebah madu

  3. supriyadi

    mas apakah bupya petunjuk beternak lebah madu, atau gambar lebah ratu, pejantan, pekerja, kotaknya atau informasi kalau berminat beternak lebah madu. trimakasih ya infonya

  4. Sumarto

    Kalau saya berminat membeli satu koloni lebah madu (1 kotak) dapat menghubungi siapa dan dimana. Saya tinggal di Bekasi. Terimakasih

  5. ridwan

    Aduh…………….
    mas Aku mau dong bisnis serangga manis ini.
    Caranya gimana yah ?

    Ridwan
    Bandung

  6. Bingung

    Aduh… senasib, saya juga tinggal di jakarta, pengen tau beli 1 kotak lebah madu tuh di mana? harga berapa? kok susah yah….

  7. tlg kasih tau mas….,untuk beli bibit lebah apis mellifera dmn y…?saya bertempat d jatim

  8. sebenarnya berminat membeli satu koloni lebah madu (1 kotak) dapat menghubungi siapa dan dimana. Saya tinggal di lamongan. Terimakasih

  9. Adi Y

    Aq jg pengin tuh beli beberapa kotak lebah madu. Aq tinggal di cilacap, jateng. Ada yg bisa bantu ga? Tlg sms ke:
    085647902839
    ganitri.blogspot.com

  10. didik

    dimana kita bisa beli indukan dan kotaknya bos. Kita tinggal di yogya, dimana yang dekat ya & kira2 harganya berapa.

    trims

  11. kukuh purwono

    bagi dong pengalamannya..
    kita dah rencana mau ternaka lebah cuma binggung order bibitya…kirim infonya ya gw ttg…tq

  12. agus hilman

    mas aku masih pemulanih dalam bisnis lebah madu
    tolong dong kiatnya biar sukses, sementara ini baru tersedia 50 kotak berisi. lokasi saya di Pandeglang Banten – daerah pegunungan….. wassalam

  13. aminin

    mas gimana caranya bisa dapat bibit lebah di daerah demak, Semarang, Kudus ? trus harga per kotaknya berapa. tolong info dan kiatnya Matur nuwun Wassalam……….

  14. nzamuddin arbie

    Pak dimana saya bisa dapat bibit lebah. Tempat saya di Kabupaten Gayo Lues, NAD. Persisnya di ga jauh dari ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser. Sebilan jam perjalanan darat dari Medan. Trims

    Naz arbie

  15. indra

    bozz tolongin gw dong, minta informasi yang bikin alat penyaring madu?gw punya niat budidaya.

  16. indra

    aku di bandung tepatnya cililin

  17. sms az kno gw klo ad yg minat ngasih gw info tentang lebah madu ke 085722558xxx

  18. Hi,
    artikel yang patut dipelajari…siapa tau ntar bisnis dibidang madu.

  19. Maaf Mas Cepy numpang info ya…Bila berminat atau tertarik mempelajari tentang perlebahan bisa menghubungi Madu Pramuka Jakarta di 021 8445104 atau baca info lengkapnya di http://www.pusatperlebahanpramukacibubur.blogspot.com

  20. Rudiansyah Ar

    Gimana Cara mendapatkan koloni lebah…….?
    saya juga tertarik untuk usaha ini

  21. SYAHEDDY

    boleh saya tau no telpon yang bisa dihubungi untuk pembelian bibit lebah unggul ini ???

  22. andy

    kalau saya mau menimba ilmu secara langsung kira2 dimana yah?

  23. betty

    mas, saya juga berencana untuk berbisnis madu. cuma madunya madu hutan. apa sih bedanya madu ternak dengan madu hutan? hasiatnya lebih baik yang mana? apakah standar harga madunya sama dengan madu hasil ternak?

  24. arry

    klo saya minat ada nggak komunitas ttg madu ini mas…, saya kok udah bosan buanget di kantor pingin beralih usaha

  25. Septian Adi

    Sama mas, aku di Lampung mau cari bibit (1 koloni) lebah, tlg donk yg punya info

  26. Bvrhan

    Trik sukses beternak lebah yg belum dimuat dibuku manapun, cara mendapatkan lebah unggul dan usaha ternak lebah dgn modal dengkul cek di http://agrobisnis.peperonity.com

  27. antok

    dimanakah bisa beli satu koloni lebah madu dan berapa harganya (purworejo)

  28. Deli, Medan

    Dear para pembaca dan pemilik blog ini, sy sangat berharap informasi beternak lebah madu ini secara lengkap dan bgm mendapatkan bibit serta sarana prasarana untuk memulai usaha ternak lebah madu ini. Saya juga berpikir untuk meninggalkan pekerjaan kantor jika memang informasi bisa sya daptkan. Bagi yang mengetahui tolong dong bantu saya.

  29. Burhan

    Kalau hanya satu koloni, peternakan lebah sulit untuk berkembang karena lebah ratu perawan hanya mau dikawini oleh lebah jantan dari koloni lain, untuk lebih jelasnya klik http://agrobisnis.peperonity.com

  30. Syahrir Mappiare

    saya juga tertarik memelihara lebah madu tapi gimana ya caranya memperoleh koloni lebahnya diluar Pulau Jawa seperti saya yang tinggal di Palu. tolong infonya berapa biayanya sampai di Palu

  31. Bos tolong kasih info penjualan bibit lebah madu, aku sangat berminat bos. harjonosaja@gmail.com

  32. Yusup Nurali

    Mas saya juga dong mohon dikirim infonya segala sesuatu mengenai beternak lebah madu. Terima kasih sebelumnya

  33. bhirawa

    Bisa di kirimin ga mas rincian buat bisnis lebah ini. Kirim ke email saya ya di gwberfikir@yahoo.com

  34. Iwan S

    Mas tolong infonya dimana bisa beli perlengkapan utk budidaya apis melifera satu koloni, terdiri dari apa saja dan harganya berapa?
    Juga barang2 dibawah ini beli dimana dan masing2 berapa harganya ?
    ( STUP 1 SET , POLEN TRAP , PENYEKAT RATU , MASKER , SIKAT , SMOKER , MANGKOK , PENGUNGKIT DAN SEPARATOR MADU )
    TOLONG BALASANNYA BISA DIKIRIM KE EMAIL SAYA

    TERIMA KASIH
    IWAN S

  35. salam!
    saya amang d ponorogo,saya berminat untuk budidaya lebah madu,
    bisa minta info tekhnik, pemeliharaan dan harga bibitnya ga?
    tolong infonya ke ammang muanas@yahoo.com
    trimakasih,wasalam!

  36. wah usaha yang sangat menarik salam kenal mari knjungi web kami di http://www.bantulcraft.com atau k email kami di info@bantulcraft.com

  37. angelina

    Tolong donks info lebih akurat ttg cara beternak lebah madu….. trims ya sbelumnya…..

  38. angelina

    boleh kalo mao kirim k’email ku…. angelina.warouw@gmail.com atau k”fb angelyca_gracia@yahoo.com

  39. Myra

    ini dia website yang jual lebah madu:
    http://www.hakinah.co.cc
    Lokasinya di bengkulu

  40. kurniawan

    kang d mana bisa beli bibit lebahnya,ato ada caranya tuk mendatangkan koloninya? terimakasih

    • khoirulmakirin

      2 bulan lalu aku sudah merintis budidaya lebah.kalau bibit aku sudah mencoba dg 5 koloni lebah lokal apis serena liar,akucoba pindahkan ke setup dan ber hasil tapi sanpai serkarang belum panen karna madunya masih sedikit masih menunggu.jika kurniawan mau mencoba kirim aja email ke khoirulmakirin@yahoo.co.id atau lihat ke facebook-ku khoirulmakirin-banyuwangi

  41. mas kurniawan kalau mau bibit lebah ke banyuwangi aja .aku punya bibit lebah lokal apis cerena yg sudah di pindah kedalam stup lengkap dengan fremnya.atau email ke khoirulmakirin@yahoo.co.id

  42. Dedi slamet

    Saat tertarik dengan budidaya lebah madu, saya mau pesan 3 kotak koloni beserta kandangnya mau pesan gimana caranya..
    Saya tinggal di Sragen,.

Berikan Balasan

