KELUAR DARI LILITAN HUTANG


Dikutip dari Tabloid NOVA No. 655/XIII

Bapak Safir yth,

Saat ini kami sedang dalam keadaan terjepit, karena memiliki hutang yang cukup besar kepada teman dan keluarga, beberapa kartu kredit, dan terakhir ke BRI sebesar Rp 10 juta (jangka waktu 24 bulan dengan jaminan sertifikat rumah yang kami tempati). Pinjaman ke BRI ini pun tidak bisa menyelesaikan hutang-hutang kami tersebut. Angsuran ke BRI sekarang sudah berjalan 7 bulan.

Semua ini terjadi karena kami membangun rumah yang ternyata biaya pembangunannya menyimpang dari budget yang kami sediakan. Ditambah lagi musibah yang menimpa kami, salah satu orang tua kami mengalami sakit jantung dan kami harus membantu pembiayaannya.

Saya sudah tidak bekerja lagi dan hanya menjadi ibu rumah tangga, sedangkan di kantor suami sekarang tidak ada lagi fasilitas pinjaman uang untuk karyawan. Kami juga sudah menjual mobil kami satu-satunya dan sekarang tak ada lagi barang berharga yang bisa kami jual.

Menurut Bapak, jalan apa yang harus kami tempuh? Untuk menjual rumah yang baru kami bangun dan tempati ini rasanya tidak mungkin (karena menjual rumah itu tidak semudah/secepat menjual mobil). Atau kami harus mengambil kredit ke bank dengan jangka waktu yang panjang? Masalahnya, sertifikat rumah kami sekarang ada di BRI.

Saya sudah mencek ke beberapa bank yang sekarang mengeluarkan pinjaman KPR/multi guna dengan jangka waktu yang cukup panjang dan bunga yang cukup rendah. Bank Bumiputera bisa memberikan pinjaman s/d 70 persen dari nilai rumah, lama pinjaman 5 tahun dengan bunga flat 12 persen, dan ada asuransi jiwa untuk suami/istri. Jadi, bila salah satu dari kami meninggal dunia, otomatis pinjaman tersebut lunas. Sedangkan BNI jangka waktu pinjaman sampai dengan 10 tahun dengan bunga flat 13 persen per tahun.

Jadi, saya mohon saran dari Bapak, karena kami harus segera menyelesaikan hutang-hutang tersebut secepatnya. Terimakasih atas perhatiannya.

N – Somewhere

Jawab:

Ibu N yang terhormat,

Melihat situasi Anda, maka saya sarankan Anda menyelesaikan hutang-hutang tersebut secara bertahap sebagai berikut:

  1. Ambil pinjaman ke BNI seperti yang Anda ceritakan. Gunanya untuk menutupi hutang-hutang Anda pada teman, keluarga, dan kartu kredit. Bank tersebut, seperti Anda katakan, memberikan jangka waktu pinjaman 10 tahun dengan bunga 13 persen, di mana ini tentunya sangat meringankan angsuran Anda tiap bulannya dibanding kalau Anda meminjam ke bank yang jangka waktunya 5 tahun dan suku bunga 12 persen. Beda cuma 1 persen, sih, tapi akan terasa besar selisihnya nanti setelah 10 tahun. Melihat kondisi Anda, Anda tidak perlu memaksakan diri mengambil pinjaman yang 5 tahun. Ambil saja yang 10 tahun sehingga angsuran bulanan Anda jadi lebih kecil. Toh kedua bank tersebut memberikan suku bunga yang fixed seperti kata Anda.
  2. Prioritaskan pelunasan pinjaman pada pihak yang menerapkan bunga. Yakni pelunasan ke BRI dan Kartu Kredit. Pinjaman kepada teman atau keluarga biasanya tidak selalu dikenakan bunga.
  3. Temui teman dan keluarga Anda, dan minta keringanan untuk tidak mengembalikan pinjaman tersebut sekaligus, tapi dicicil.
  4. Mengenai Kartu Kredit, kalau Anda memang masih memilikinya, saya sarankan Anda menguranginya menjadi hanya satu kartu saja. Ambil kartu yang memberikan bunga terkecil, dan gunakan kartu tersebut hanya bila Anda dalam situasi darurat.
  5. Sebagai alternatif untuk Anda, ada sejumlah bank penerbit Kartu Kredit yang memberikan fasilitas pengambilalihan hutang Kartu Kredit. Sebagai contoh, kalau Anda memiliki sejumlah hutang kartu kredit ke beberapa bank penerbit kartu kredit, maka Anda bisa mengalihkan total hutang tersebut ke Kartu Kredit yang baru, dan Anda hanya di charge bunga yang biasanya kecil. Kalau bisa, pertimbangkan alternatif ini.
  6. Bila Anda tidak bisa melakukan alternatif nomor 5, maka prioritaskan membayar hutang kartu kredit Anda ke bank penerbit yang mencharge bunga paling besar. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat penjelasannya di boks.
  7. Dalam jangka panjang, saya juga sarankan Anda untuk kembali bekerja agar Anda dapat menambah pendapatan keluarga. Saya tahu memang tidak mudah menemukan pekerjaan di kondisi seperti sekarang. Tapi itulah jalan satu-satunya. Situasi dan kondisi keuangan keluarga Anda yang sedang dililit hutang seperti ini memang membutuhkan pendapatan tambahan agar Anda bisa melunasi hutang-hutang keluarga Anda. Mungkin Anda tidak akan menemukan pekerjaan dalam waktu singkat, karena itulah sebaiknya Anda berusaha dari sekarang. Kalau tidak dalam waktu sebulan, siapa tahu Anda akan menemukan pekerjaan dalam waktu 3 atau 6 bulan mendatang? Terlambat masih lebih baik daripada tidak sama sekali.
  8. Stop pengeluaran-pengeluaran keluarga yang dirasa tidak perlu.
  9. Kurangi pengeluaran-pengeluaran yang bisa Anda kurangi. Kunci pesawat telepon di rumah Anda, matikan lampu yang tidak perlu. Kencangkan ikat pinggang. Buat anggaran setiap bulannya sebelum Anda mengeluarkan uang, sehingga Anda akan tahu kemana saja penghasilan Anda keluar. Rencanakan pengeluaran Anda baik-baik.
  10. Berhenti berhutang. Pinjaman Anda ke BNI harus menjadi pinjaman Anda yang terakhir. Bunga hutang yang harus Anda bayar sama ibaratnya dengan perdarahan pada tubuh manusia. Bila Anda mengalami luka, maka tubuh Anda akan mengeluarkan darah. Berkurangnya darah (terutama dalam jumlah banyak) akan membuat Anda lesu. Bunga hutang yang harus Anda bayar sama ibaratnya pada perdarahan pada tubuh manusia. Jadi stop berhutang. Pinjaman Anda ke BNI harus menjadi pinjaman Anda yang terakhir.

STRATEGI MELUNASI HUTANG KARTU KREDIT

Ibu N, Kalau Anda memiliki hutang ke beberapa bank penerbit kartu kredit, maka apabila Anda tidak bisa melunasinya secara penuh, maka strategi pelunasan yang sebaiknya Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan semua tagihan-tagihan terakhir Anda.
  2. Bayar minimal untuk semua tagihan kartu Anda, kecuali kartu kredit yang men-charge suku bunga yang paling besar. Sebagai contoh, misalkan saja Anda memiliki 3 tagihan kartu kredit yang belum lunas. Setiap bulannya, Anda mungkin menjatahkan pembayaran sebesar Rp 500 ribu untuk total ketiga tagihan kartu kredit tersebut. Kartu 1 mensyaratkan pembayaran minimal Rp 100.000, Suku bunga 3 persen.

    Kartu 2 mensyaratkan pembayaran minimal Rp 120.000, Suku bunga 3,25 persen.

    Kartu 3 mensyaratkan pembayaran minimal Rp 150.000,Suku bunga 2,75 persen.

    Apa yang harus Anda lakukan adalah membayar ketiga kartu tersebut secara minimal, sehingga total minimal yang harus Anda bayar adalah Rp 370 ribu. Nah, sisa yang masih Anda miliki sebesar Rp 130 ribu harus Anda gunakan untuk menambah pembayaran kartu kredit yang suku bunganya paling besar, dalam hal ini berarti Kartu 2. Sehingga total yang Anda bayar untuk Kartu 2 adalah Rp 120.000 + 130.000 = Rp 250.000,- .

  3. Ulangi langkah 2 tersebut terus menerus setiap bulannya, sampai kartu kredit Anda yang memiliki suku bunga terbesar tersebut lunas seluruhnya. Setelah lunas, fokuskan lagi pembayaran Anda pada kartu kredit yang men-charge suku bunga terbesar berikutnya. Begitu seterusnya, sampai seluruh hutang kartu kredit Anda terlunasi.


About these ads

10 Komentar

Filed under reality

10 responses to “KELUAR DARI LILITAN HUTANG

  1. Saya memiliki permasalahan yang sama dan ingin segera keluar dari permasalahan ini. Apakah saya juga bisa mengutarakan permasalahan tersebut disini dan akan mendapatkan jawaban dan pengarahan?

    Semoga saya bisa mendapatkan tanggapannya segera.

    Terima kasih/wassalam,
    Sobirin

  2. maya amelia

    saya seorang karyawan yg gajinya 1.200.000
    perbulan saya binggung karna saya mempunyai 2 kartu kreditt.dan tiap bualnya saya ini harus bayar 800 rb perbln.belum lagi kebutuhan lainya.saya binggung gmn cara melunasi kartu kredit saya,kadang saya juga telat bayar kartu kredit.saya mohon minta solusinya agar saya bisa melunasi hutang-hutang saya.trims

  3. rudy

    saya benar benar bingung cara menyelesaikan kartu kredit????? sekarang semua jumlah kartu yg saya miliki ada 12 kartu. saya bingung karna usaha yang saya kerjakan sekarang sudah tidak berjalan. mohon masukun nya dan solusi jalan keluarnya

    • dk

      wah sama saya juga lagi pusing ada 7 kartu kk,tah mau gimana lagi caranya,sdh di tlp terus sama bank

      • iwan casiwna

        cerita ini hampir sama ya,aku tadinya gak pernah terbayang akan terlilit hutang dan gak nyangka jd spt skrng ini.usaha ku adalah kontraktor juga punya 2 usaha sebagai passive income tambahan .namun entah darimana memulainya usaha yg aku bangun collaps ….kalau diceritakan bikin stress tp garis besarnya saja semua demi keselamatan dan kesehatan istri tercinta.saat ini sdng berusaha bangkit namun ALLAH masih belum memberikan jalan terang.yg bikin pusing tagihan dari BANK dan finansial…..sebenarnya ada jalan buat diskusi gak ya sm pihak bank atau finance? maksudnya aku siap bayar semua hutang hanya saja aku minta waktu…cara nya bagaimana ya ,soalnya yg ada mereka kirim collector dan mulai ganggu privasi aku dan keluarga besar.walau secara fisik dan hukum aku mampu melawan cuma jalan yg indah saja kalau bisa sarannya deh

  4. Kalo saya kondirinya begini :

    PENDAPATAN
    Gaji 6.400.000,00

    PENGELUARAN
    HUTANG
    KTA Danamon 2,136,042.00
    KTA Mandiri 400,000.00
    KPR BTN 2,319,900.00
    Tempat Kerja 500.000,00
    Kartu Kredit :
    Bank Mega 800.000,00
    BNI 800.000,00
    GE Money 800.000,00
    ANZ (ex. RBS) 800.000,00

    Keperluan RT dgn 2 orang 1.400.000,00
    ==———-
    TOTAL PENGELUARAN 9,955,942.00
    ————
    Surplus/(Defisit) (3,555,942.00)

    Sekarang ini saya sedang diteror oleh pihak kartu kredit. Mohon solusinya ya.trim’s

  5. trm ksh tipsnya…semoga lekas keluar dr masalahnya

  6. Memperkenalkan : Cara Logis, Mudah,sederhana untuk mendapatkan mobil impian anda
    Seperti sudah kami bahwa program ini di rancang cukup sederhana, mudah dimengerti, realistis, logis, mudah dijalankan, murah dan sangat menguntungkan. Hanya dengan 100.000,- Rupiah saja
    Memang itulah yang menjadi dasar kami saat mulai menyusun website ini, dengan niat positif untuk berbagi dengan anda para netter,internet marketer atau bahkan anda yang sangat awam dengan dunia bisnis online karena Kami sudah menyiapkan website replika buat anda, sebagai sarana promosi online.
    DISINI KUNCINYA

    http://www.uangmandiri.com/?id=tasnovel

    Modal 10 Ribu Rupiah - Keuntungan 61.735.000,- MAU…..
    Modal hanya Rp 10.000 sekali seumur hidup, Potensi Keuntungan Rp 61.735.000,- dan bahkan bias lebih Caranya …
    Cukup hanya dengan 2 cara untuk mengikuti InsMatrix :
    – Daftarkan diri Anda menjadi member InsMatrix
    – Re ferensikan InsMatrix ini kepada orang lain (rekan kerja/teman sekolah/teman kampus/saudara/bisa juga Anda sendiri) dengan menggunakan URL/alamat khusus yang telah kami sediakan :

    http://insmatrix.com/?id=tasnovel

    Hidup Serba berkecukupan, tanpa kerja, tanpa terikat oleh siapapun, tidak usah bangun pagi-pagi ketempat kerja, tidak usah buat laporan ke Bos karena Anda adalah BOS Anda sendiri dengan penghasilan LEBIH BANYAK daripada BOS Anda. Penghasilan Rp. 20 – 70 Juta perbulan? Atau 2- 3 juta perhari? Hidup penuh dengan saldo rekening yang bertambah terus setiap hari, semua ini bisa anda wujubkan disini.

    http://www.royalbisnisonline.com/?id=tob

  7. saya juga sedang mengalaminya .. 2 tahun belakangan ini usaha yang sedang aku rintis mengalami kegoncangan .. padahal untuk modal aku ambil dari pinjaman KTA dan kartu kredit .. aku sampai sudah putus asa .. lalu aku menemukan artikel :
    Memperkenalkan : Cara Logis, Mudah,sederhana untuk mendapatkan mobil impian anda
    Seperti sudah kami bahwa program ini di rancang cukup sederhana, mudah dimengerti, realistis, logis, mudah dijalankan, murah dan sangat menguntungkan. Hanya dengan 100.000,- Rupiah saja
    Memang itulah yang menjadi dasar kami saat mulai menyusun website ini, dengan niat positif untuk berbagi dengan anda para netter,internet marketer atau bahkan anda yang sangat awam dengan dunia bisnis online karena Kami sudah menyiapkan website replika buat anda, sebagai sarana promosi online.
    DISINI KUNCINYA

    http://www.uangmandiri.com/?id=tasnovel

    Modal 10 Ribu Rupiah -? Keuntungan 61.735.000,- MAU…..
    Modal hanya Rp 10.000 sekali seumur hidup, Potensi Keuntungan Rp 61.735.000,- dan bahkan bias lebih Caranya …
    Cukup hanya dengan 2 cara untuk mengikuti InsMatrix :
    – Daftarkan diri Anda menjadi member InsMatrix
    – Re ferensikan InsMatrix ini kepada orang lain (rekan kerja/teman sekolah/teman kampus/saudara/bisa juga Anda sendiri) dengan menggunakan URL/alamat khusus yang telah kami sediakan :

    http://insmatrix.com/?id=tasnovel

    Hidup Serba berkecukupan, tanpa kerja, tanpa terikat oleh siapapun, tidak usah bangun pagi-pagi ketempat kerja, tidak usah buat laporan ke Bos karena Anda adalah BOS Anda sendiri dengan penghasilan LEBIH BANYAK daripada BOS Anda. Penghasilan Rp. 20 – 70 Juta perbulan? Atau 2- 3 juta perhari? Hidup penuh dengan saldo rekening yang bertambah terus setiap hari, semua ini bisa anda wujubkan disini.

    http://www.royalbisnisonline.com/?id=tob

    semoga dapat membantu teman teman yang sedang menghadapi masalah seperti aku

    thanks
    Tasya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s