Tata cara jual-beli Tanah

Jual beli tanah merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Apabila antara penjual dan pembeli sudah bersepakat untuk melakukan jual beli tanah terhadap tanah yang sudah bersertifikat maka beberapa langkah yang harus ditempuh adalah :

1. Akta Jual Beli (AJB)
Si penjual dan si pembeli harus datang ke Kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk membuat akta jual beli tanah. PPAT adalah Pejabat umum yang diangkat oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional yang mempunyai kewenangan membuat akta jual beli dimaksud. Sedangkan untuk daerah-daerah yang belum cukup jumlah PPAT-nya, Camat karena jabatannya dapat melaksanakan tugas PPAT membuat akta jual beli tanah.

2. Persyaratan AJB
yang diperlukan untuk membuat Akta Jual Beli Tanah di Kantor Pembuat Akta Tanah adalah :
a. Penjual membawa :
· Asli Sertifikat hak atas tanah yang akan dijual.
· Kartu Tanda Penduduk.
· Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.
· Surat Persetujuan Suami/Isteri bagi yang sudah berkeluarga.
· Kartu Keluarga.

b. Sedangkan calon pembeli membawa :
· Kartu Tanda Penduduk.
· Kartu Keluarga.

3. Proses pembuatan akta jual beli di Kantot PPAT.

a. Persiapan Pembuatan Akta Jual Beli.
1) Sebelum membuat akta Jual Beli Pejabat pembuat Akta Tanah melakukan pemeriksaan mengenai keaslian sertifikat ke kantor Pertanahan.
2) Pejual harus membayar Pajak Penghasilan (PPh) apabila harga jual tanah di atas enam puluh juta rupiah di Bank atau Kantor Pos.
3) Calon pembeli dapat membuat pernyataan bahwa dengan membeli tanah tersebut ia tidak menjadi pemegang hak atas tanah yang melebihi ketentuan batas luas maksimum.
4) Surat pernyataan dari penjual bahwa tanah yang dimiliki tidak dalam sengketa.
5) PPAT menolak pembuatan Akta jual Beli apabila tanah yang akan dijual sedang dalam sengketa.

b. Pembuatan Akta Jual Beli
1) Pembuatan akta harus dihadiri oleh penjual dan calon pembeli atau orang yang diberi kuasa dengan surat kuasa tertulis.
2) Pembuatan akta harus dihadiri oleh sekurang-kurangnya dua orang saksi.
3) Pejabat pembuat Akta Tanah membacakan akta dan menjelaskan mengenai isi dan maksud pembuatan akta.
4) Bila isi akta telah disetujui oleh penjual dan calon pembeli maka akta ditandatangani oleh penjual, calon pembeli, saksi-saksi dan Pejabat Pembuat Akte Tanah.
5) Akta dibuat dua lembar asli, satu lembar disimpan di Kantor PPAT dan satu lembar lainnya disampaikan ke Kantor Pertanahan untuk keperluan pendaftaran (balik nama).
6) Kepada penjual dan pembeli masing-masing diberikan salinannya.

4. Bagaimana langkah selanjutnya setelah selesai pembuatan Akta Jual Beli ?
a. Setelah selesai pembuatan Akta Jual Beli, PPAT kemudian menyerahkan berkas Akta Jual Beli ke Kantor Pertanahan untuk keperluan balik nama sertifikat.
b. Penyerahan harus dilaksanakan selambat-lambatnya tujuh hari kerja sejak ditandatanganinya akta tersebut.

5. Berkas yang diserahkan itu apa saja ?
a. Surat permohonan balik nama yang ditandatangani oleh pembeli.
b. Akta jual beli PPAT.
c. Sertifikat hak atas tanah.
d. Kartu Tanda Penduduk (KTP) pembeli dan penjual.
e. Bukti pelunasan pembayaraan Pajak Penghasilan (PPh).
f. Bukti pelunasan pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan.

6. Bagaimana prosesnya di Kantor Pertanahan ?
a. Setelah berkas disampaikan ke Kantor Pertanahan, Kantor Pertanahan memberikan tanda bukti penerimaan permohonan balik nama kepada PPAT, selanjutnya oleh PPAT tanda bukti penerimaan ini diserahkan kepada Pembeli.
b. Nama pemegang hak lama (penjual) di dalam buku tanah dan sertifikat dicoret dengan tinta hitam dan diparaf oleh Kepala Kantor Pertanahan atau Pejabat yang ditunjuk.
c. Nama pemegang hak yang baru (pembeli) ditulis pada halaman dan kolom yang ada pada buku tanah dan sertifikat dengan bibubuhi tanggal pencatatan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Pertanahan atau pejabat yang ditunjuk.
d. Dalam waktu 14 (empat belas hari) pembeli sudah dapat mengambil sertifikat yang sudah atas nama pembeli di kantor pertanahan.

*(dikutip dari http://www.tni.mil.id)

32 Komentar

Filed under property

32 responses to “Tata cara jual-beli Tanah

  1. batra

    kok gak dijelasin sekalian biayanya….soalnya ditempat sy pada malas buat akte tanah karena biayanya mahal……..gmana tuch pak?

  2. muha

    ko ga dikasih contoh surat pernyataan jual belinya sih?????

  3. Tian

    Prosedur dari mulai pengukuran tanah sampai ke ppat tolong dijelaskan lg..terutama jg biayanya

  4. jauhari

    tolong dong, jelasin cara membuat atau proses membuat akta tanah trus ke sertifikat. sekalian perhitungan biayannya, ya. Trims buanget

  5. cepiar

    Datang saja ke PPAT/ Notaris terdekat, Anda akan diberi informasi mengenai pengurusan surat-surat berharga Tanah atau Bangunan/rumah. Datangi PPAT/Notaris yang jujur dan terpercaya

    Biaya murah kok, umumnya 0,5 % dari harga tanah.

    Anda bisa nego atau membicarakan biaya pembuatan akta dengan PPAT/Notaris, Biaya pembuatan akta bisa fleksibel dan tergantung kesepakatan Anda dengan PPAT/Notaris. Kalau biaya sertifikat Rp.1000.000,00

    Jika ada pembuatan sertifikat massal oleh pemerintah itu bisa gratis tapi program itu sekarang sudah tidak ada. Buat sertifikat secepatnya, agar tanah Anda aman dari tangan jahil penjahat

  6. yosep

    ass…bagaimana dngan surat segel n bila surat msh berupa sppt saja bagaimana?sah apa tdk ,dan apabila di sppt tertera luas tanah 1000m2 ternyata ukuran sebenarnya 1500m2 dapatkah sppt dibenarkan menjadi 1500m2jadi menggunakan ukuran 1500m2 bkn 1000m2.hatur nuhun

  7. yosep

    didaerah saya dicipanas biaya membut segel tanah dikenakan biaya oleh lurah 1jt,akte 3jt250rb,dimana sy membeli tanah tsb senilai 40jt ,jadi biaya yg sebenarnya brapa pak?

  8. sg

    Petunjuknya lengkap, tetapi tidak sampai sasarannya, contohnya penjual menerima duit pembelian dari pembeli tidak disebut. Padahal goalnya jual beli khan disitu. ( kalau terima fisik duit khan riskan, gimana kalau ditransfer ke bank , dll )

  9. Saya baru membeli tanah di daerah Tambun krglebih 200 m dan ingin buat Akta tetapi informasinya biaya 10% dari harga tanah plus 2.5% buat LKMD. Benarkah hal ini???

  10. cepiar

    @Astuti
    Sebaiknya ibu datangi Notaris, karena setahu saya hanya biayanya tidak semahal itu…

  11. gugun

    bagaimana kalo mengurus lewat pegawai bpn setempat

  12. aldhitar

    setahu saya untuk pembayaran BPHTB itu tarifnya 5% atas harga pernjualan atau NJOP trus untuk PPh itu bagi yang menjual, jadi tidak dikenakan kepada pembeli.

    Lalu untuk pertanyaan yosep, setahu saya sppt itu tidak memiliki kekuatan hukum. jadi tidak bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan tanah, sppt hanya bukti tagih untuk PBB tahun bersangkutan. Namun apabila terdapat kesalahan data pada sppt (nama, atau luas bangunan dan tanah), bisa dilakukan perubahan sppt. Datang saja ke antor pajak setempat untuk melakukan perubahan sppt.

  13. lulu

    Saya ingin membeli tanah tetapi masih menggunakan girik, berapakah harga permeter tanah tanpa sertifikat dengan AJB 1.700.000 di daerah kemayoran.

  14. saya mau jual tanah apa2 saja persaratan yang harus di penuhi? trms

  15. fri

    ijin copy gan… thx buat infonya…

  16. priyantun

    thanks postingan-nya. masih ada ganjalan pertanyaan nich. Apa benar harga tanah + bangunan = 2 x NJOP yg tertulis di PBB, mohon penjelasnnya …

  17. WAHYU

    pak saya mau tanya,
    saya beli tanah kepada bpk. A, DAN BAPAK A TERSEBUT DULUNYA MEMBELI TANAH DARI BPK B, TAPI AJB NYA TANAH TERSEBUT MASIH ATAS NAMA BAPAK B, DAN SEKARANG AJB NYA TERSEBUT ADA DI TANGAN SAYA, BAGAIMNA CARANYA KALAU SAYA MAU BIKIN SERTIFIKAT TANAH TERSEBUT ATAS NAMA SAYA

  18. Fakhrizal Husin

    Gmana jika ada kasus pemecahan sertifikat yg akan dijual

  19. WAHYU WIRATOMO

    PAK SAYA BELI TANAH DI KALISARI , PASAR REBO, JAKARTA TIMUR,SURAT TANAH TERSEBUT HANYA BERUPA AKTE JUAL BELI ORANG YANG PERTAMA JADI BELUM BERUPA SERTIFIKAT,BAGAIMANA CARA PENGURUSAN SERTIFIKAT MENJADI ATAS NAMA SAYA,SEDANGKAN AJB TERSEBUT MASIH NAMA PEMILIK TANAH YANG PERTAMA

  20. RYAN

    pak saya mau tanya?
    saya beli rumah pada si A,dan si a sudah menjual sebagian rumah pada si B,trus bagaimana memecah sertifikat tsb? smentera sertifikat asli ada di saya,

  21. RYAN

    pak saya mau tanya?
    saya beli rumah pada si A,dan si a sudah menjual sebagian rumah pada si B,trus bagaimana memecah sertifikat tsb? smentera sertifikat asli ada di saya,saya tunggu komentar nya

  22. Saya mau membeli tanah,,,apa sajakah hal yang harus saya perhatikan,
    Surat2 apa saja yang perlu nanti saya minta ke Penjual,,,,,dan surat yang harus nantinya saya buat..Terima kasih sebelumnya

    EDi S Tarigan

  23. Arif

    Saya baru beli tanah gunung d pinggir jalan besar yg d tanami phn jati. Apa bisa saya buat sertifikat utk tanah gunung / lereng?

  24. singgih

    lau bwt surat jual beli tanah berapa kira” habis y pk??

  25. Ping-balik: Cara Jual Beli Tanah (RESMI / LEGAL) « Hasbi Kelayan

  26. ari agus

    oya iya gan….. skalian saya mau tanya bgaimana kalau tanah tersebut berstatus absente. Bagaimana saya mengurusnya. Apa saja dta yang saya butuhkan untuk balik namatanah yang terkena absente tersebut. Ditunggu infonya gan thanks…

  27. farid

    Pak,,, saya punya sebidang tanah,,, n dulu aktana ada,,, n kmaren dah kemakan rayap jdi pada hancur semua,,!
    Gimana tu pak??? Kmana saya harus melaporkanna?? Dan msh bisa dibuat lagi gak ya??
    Tolong dijawab ya pak,,, thax

  28. reffi

    alhamdulillah, artikel ini sangat membantu saya. trims

  29. Pakary

    Mau tanya, …
    Benarkah untuk membuat AJB yang sudah ada bangunannya dikenakan biaya 10% ?

  30. sy punya akta tanah dr thn 85,itupun d serahkan oleh org tua thn 09,tanah dibeli dr yayasan,pbb blm dibayar dr th.85 itu tanah sdh ga ke urus..apa msh bs untk jd hak milik n di urus.

  31. Agusmas

    wah…. alhamdulillah….artikel ini sangat menbantu, kebetulan lagi di pasrahin buat ngurusin jual perumahan milik boss….

Berikan Balasan

