10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

beberapa waktu lalu (20 Mei 2007) majalah Tempo tepat Pusat Data dan Analisis Tempo (PDAT) melakukan survey mengenai peringkat 10 besar perguruan tinggi di indonesia yg dilakukan selama desember 2006 s.d. januari 2007 kemaren. kali ini yg di survey adalah kalangan industri/kalangan dunia kerja, kira-kira bagaimana persepsi mereka terhadap kualitas alumni dari beberapa ptn/pts yg di survey oleh pdat. hasil nya adalah sbb :

ui, itb, ugm, ipb, its, unair, trisakti, unpad, atmajaya, undip

Kenapa 10 PT ini dipilih dunia kerja..? -> karena lulusannya memiliki karakter

Karakter seperti apa yg dinilai penting oleh Dunia Kerja..?

10 karakter yg dinilai berdasarkan ranking :
1.Mau bekerja keras
2.Kepercayaan diri tinggi
3.Mempunyai Visi kedepan
4.Bisa bekerja dalam Tim
5.Memiliki kepercayaan matang
6.Mampu berpikir analitis
7.Mudah beradaptasi
8.Mampu bekerja dalam tekanan
9.Cakap berbahasa Inggris
10.Mampu mengorganisasi pekerjaan

Bagaiman agar lulus PT dengan berkwalitas. .?

6 Tips dari dunia kerja berdasarkan rangkingnya :
1.Aktif berorganisasi
2.Mengasah bahasa Inggris
3.Tekun belajar
4.Mengikuti perkembangan informasi
5.Memiliki pergaulan luas
6.Mempelajari aplikasi komputer

Bagaiman Dunia kerja menjaring pekerjanya.. ?

Inilah 8 syarat yg harus dipenuhi (berdasarkan rangking):
1.Indek prestasi komulatif
2.Kemampuan bahasa Inggris
3.Kesesuaian program studi dengan posisi kerja
4.Nama besar Perguruan Tinggi
5.Pengalaman kerja/magang
6.Kemampuan aplikasi komputer
7.Pengalaman organisasi
8.Rekomendasi

sumber : Majalah mingguan Tempo, 20 Mei 2007

About these ads

146 Komentar

Filed under pendidikan

146 responses to “10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

  1. semua perguruan tinggi d atas ga ada apa2 nya d banding dengan politeknik manufaktur negeri bandung (politeknik mekanik swiss)

    boleh di adu

  2. cepiar

    hahahahaha….. Saya suka koment Anda yang penuh percaya diri :) setidaknya Anda sudah mempunyai karakter no.2 dari 10 karakter penting seorang manusia di mata tim penguji.

    Ide Anda untuk mengadakan kompetisi kualitas keren juga tuch…..

    pada dasarnya saya sepakat kalau sebaiknya diadakan kompetisi yang meliputi segala aspek dan bidang ilmu bagi setiap mahasiswa dan warga Perguruan Tinggi.

    Sukses Selalu buat Anda….

  3. MauJadi

    Ya rata-rata otak yang perguruan tinggi lebih lemot daripada yang ga sekolah sama sekali….Mengapa?

    rata -rata yang kuliah di perguruan tinggi ternama, apa yang mereka pikirkan setelah tamat perkuliahan?

    Jawab
    Pasti Dikepala mereka dapat bekerja di tempat yang empuk dengan gaji yang lebih tinggi. yang ini yang saya katakan lemot. mengapa? ya bisa anda lihat Jaman sekarang. Rata -rata yang tidak tamat sekolah yang menjadi pemilik atau memiliki usaha karena di awal mereka tidak pernah memiliki rasa malu yang tebal atau gengsi. berbeda dengan anak dengan embel-embel yang hanya ingin di gaji dengan bayaran besar dan tidak capai-capai. seharusnya yang punya embel – embel lebih mudah membuat suatu lapangan pekerjaan.

    Maap bila saya terlalu berlebihan. namun itu kenyataan yang harus dilalui.

    Thanks
    ***ketika bahagia saya bisa melakukan apapun!***

  4. wongbanten

    yang penting setelah lulus perguruan tinggi manapun, harus memiliki kemampuan dan punya komitmen Normatif “EMAS” =
    Etika ditegakkan
    Motivasi & Kompetisi diciptakan
    Amanah dilaksanakan
    Sukses prestasi menjadi Tujuan

    • inha alonzo

      betul sekali,kebanyakan lulusan dari universitas yg grade nya UP biasanya cenderung “tinggi hati” dahulu karena mereka berpikir. mereka lulusan PT bagus harus gaji besar dan mendapatkan kursi yg bagus pula. DAN mereka lebih memilih prestige

  5. Cah Jogja

    sebenarnya IPK bukanlah patokan. karena pada intinya IPK diperoleh dari ujian akhir yg intinya adalh teori, smentara di dunia kaerja kita nga butuh teori tapi praktek. sya yg termasuk mahasiswa dari 10 PTN di atas memiliki teman dengan IPK nyaris 4 namun hingga saat ini skripsinnya terbengkalai karena tidak dapat menggunakan software untuk pengerjaan skripsinya. apakah IPK bagi kalangan pengusaha dan Industri masih menjadi patokan?

  6. fauzi

    POLBAN (Politeknik Negeri Bandung ) is the best

  7. pencari ilmu

    akh yang paling bagus itu klo lulusan pesantren… insya allah masuk surga… heeheheheh

  8. cepiar

    pesantren yg mana dulu?

    klo pesantrennya meragukan atau bohongan, nanti masuk sorga bohongan juga :) :) :)

  9. agronomi unhas is my live

  10. bim

    Saya setuju dengan komentar Cah Jogja….Sebaiknya perusahaan jangan hanya melihat IP saja di dalam menentukan / memilih calon karyawan yang akan di rekrut.

  11. PERGURUAN TINGGI TERBAIK KOMPUTER DI ASIA TENGGARA ADALAH STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.OK?

  12. zia

    Lucu kalau Universitas brawijaya masuk urutan 15 besar di urutan 12 kalah sama its, trisakti, unpad, atmajaya, undip tapi kalau kita lihat versi kelas dunia maupun prestasi and lulusannya sekarang lucu banget kalau ub tidak masuk 10 besar.
    Menurut survei THE-QS World University Rankings 2008 oktober
    UI
    UGM
    ITB
    UNAIR
    IPB
    UNIBRAW
    UNDIP

    Menurut Versi Webometrics 2008
    UGM
    ITB
    UI
    UNIBRAW
    IPB

    Pimnas 200/2008
    UNIBRAW
    UGM
    Universitas negri malang

    KRI 2008
    PEN_ITS,Perlu di inget ini politeknik
    UNIBRAW,PTN
    ITS,PTN.
    jadi kalau berdasarkan PTN UNIBRAW juara no1.

    kebanyakan survei di indonesia baik itu lewat Majalah,Koran maupun lewat Web,kurang di terima oleh masyarakatl.kebanyakan memilih mengambil keuntungan dari survei yang dilakukan and alumni yang bekerjai di instansi tersebut.

    kita lihat tahun depan.oke

  13. sutos

    sekolah gak penting. ipk gak jelas. perjuangan semu. gak ada nilai dan karakter yang dibangun dan teruji secara nyata. setelah lulus mulai dari nol lagi. bener2 buang waktu, tenaga, dan duit. kasihan orang indo dibodohi sama penjajah. gak ada pendidikan yang paling efektif, efsien, dan berdampak kecuali terjun langsung…

  14. Ly

    sy pikir pringkat universitas tidak terlalu banyak memberi manfaat, klau tidak ada skill yang memadai,….

    sekarang ini di butuhkan mimpi yang terencana dan ingin di laksanakan…….

    walaupun kuliah di PT terbaik kalau orangnya goblok ya tetep goblok….

    jangan tertipu oleh nama besar

  15. cepiar

    tulisan gak bermutu

  16. kalau menurut saya perguruan tingi terbaik Ipb.soalnya IPb itu sangat sesuai dengan dunia kerja kita dan hampir setiap tahun mahasiswa terbaik dari Ipb

  17. Ass.
    kenyataan adalah ketidak pastian
    hanya kualitas yang perlu di adu.

  18. dudung

    ya apapun itu, anda2 lah yang bisa mengukur teman2 anda di dunia kerja masing2, dengan tolak ukur se-obyektif mungkin n gak narsis..

  19. jaka tingkir

    rangking atau peringkat itu menipu, hati-hati.
    Perguruan Tinggi terbaik adalah yang paling banyak berkontribusi bagi perkembangan bangsa.

    Pergutruan Tinggi Swasta untuk saat ini masih suram, hampir semuanya berkualitas rendah, kalaupun Tempo pernah memasukan Perguruan Tinggi Swasta menjadi terpilih itu karena TEMPO mungkin kongkalikong dengan Perguruan Tinggi Swasta. Perguruan Tinggi Swasta orientasi pungutan liar dan morotin duit mahasiswanya

  20. Anak mandiri

    Klo mnurut gw,smuany itu bulshit..Ash hole!!!Mw ptn ny “ternama” kek,mw pts “terbæk” kek,,klo mhsiswa ny cuman nyusahin ortu prcuma,sory mksd gw pke biaya ortu,,pola pikirny cuman bs mengemis duit ma ortu,,ya mungkin silakan aja klo ortu ny kaya ato pjabat yg kerjany cuman MOLOR ma KORUPTOR,its no problem..
    Gw mank kuliah d prguruan tinggi gak terkenal dan itu jg kagak nyusahin ortu alias pke duit gw sndri,,tp apa blh buat rezki dah ad yg ngatur..Dan skg gw dah kerja dprshaan asing ternama,dan skg gw kerj brdampingan ma ank ITB,,
    dan gw mulai pnasaran gmn seh Lulusan ITB tuh.. Ya mungkin karna dr dlu ny cuman bs ngemis duit ma ortu,pola pikirny childish,Gak spt gw swkt kuliah mesti banting tulang bwt cr duit hany ingin skedar kuliah..Pola pikir gw bs lbh dewasa,,karna hal itu bg yg kul ptn ato pts “terbæk”kagak usah blagu n mrasa paling bruntung,,karna rezki tuh dah ad yg ngatur..Yaitu Allah smata.. Peace..Sowry klo gw mnulis kurang brkenan,,krn gw mnulis brdasarkan fakta.,,

  21. willy

    belum tentu, unhas juga memiliki alumni-alumni yang berkualitas.

  22. Thinker

    Perguruan tinggi (PT) terbaik gak bisa diukur dari alumninya. Gimana kalo dasarnya lemot kuliah di PT terbaik? Hasilnya pasti NOL! Kalo dasarnya punya bakat cerdas, tekun, mau belajar, ya kuliah di PT abal-abal pun tetap punya nilai jual tinggi. Intinya yg mau gw sampein, pinter itu output tapi caranya jadi pinter itu yg perlu direview & diukur. Kalo PT terbaik itu cuman fasilitas doang, gak jamin lulusannya pinter semua kan? Gak pantas kalo ada yg bilang lulusan PT bukan ternama gak bisa bersaing. Salah besar! Rangking hasil survey itu buat referensi doang, bukan utk nentuin standar. Kalo populasinya disampling secara random, hasilnya gak valid. Untuk ngeliat kemungkinan, ok lah. Untuk publikasi, no way!

    • ivana christy =)

      kalo untuk PTN mungkin sedikit beda dgn PTS
      kl PTN jelas la sedikit di atas PTS krn ada ujian masuknya..jadi yang kuliah di PTN itu yang terseleksi
      kalo PTS kan jarang yg ada ujian masuknya..

  23. cah malang

    aq setuju banget ama cah jogja…g perlu IPK bgus yang penting skill…

    • ivana christy =)

      coba mikir dulu baru berkomentar
      kenapa orang bisa dapai IP tinggi?
      kita gak bahas yang beli IP..kita bahas yang berusaha sndiri buat dapai IP
      coba lakukan penelitian..rata2 yang dapat IP tinggi dengan ushanya sendiri itu yang mau bekerja keras, jujur, gigih, dll
      kriteria itu dibutuhkan perusahaan
      krn itu IP masih jd syarat

  24. ternyata semua karakter yg disebut di atas dibutuhkan kalau kita ingin menjadi PEGAWAI, tapi kalau mau menjadi PENGUSAHA (baca: yang mempekerjakan PEGAWAI) maka perlu ditambah dikit: memiliki jiwa wirausaha, kreatif (pegawai jg butuh tapi dikit “beda”), pantang mundur dan siap rugi tapi segera bangkit lagi :)

  25. Engineer

    Maaf bos! klo di dunia perusahaan, anak politeknik lebih dibutuhkan. Soalnya anak politeknik berkarakter dinamis, ga kaya anak universitas yang statis, paling prakteknya cuman di lab doang.. PEACE AH! (engineer POLBAN)

  26. juanfirmansyah

    oh gtu yaaaaaaaaa semua kriteria di atas ada sama gue

  27. Sekarang jangan banyak komentar saja,tapi buktikan dengan fakta bahwa seluruh PTN maupun PTS di indonesia is the best.Mari kita saling bahu membahu bangun negeri Indonesia menjadi lebih baik di mata dunia.Kalau kita sebagai mahasiswa bisanya cuma ngomong doang ,itu percuma saja.Jangan dilihat orang itu lulusan mana,tapi lihatlah orang itu dari skill,dan kualitasnya.Percuma kalo lulusan 10 PTN terbaik di indonesia,kalau nanti lulusannya jadi “KORUPTOR” kelas kakap.

  28. Krisna Adhitya

    Buset dah, poltek dibandingin ama program reguler sarjana universitas, loe gila kali ya?, yang dipelajarin juga beda kali, loe kaya mbandingin padi ama sapi, sama2 makhluk hidup tapi beda kelompok, gak usah banyak gaya dah anak poltek, gua saranin loe liat dulu kurikulum pendidikanloe, loe liat tuh struktur kuliahnya, apa coba bacanya : U-N-T-U-K S-I-A-P K-E-R-J-A, loe tuh dari awal kuliahloe udah diajarin praktek langsung ama cara kerja ini itu karena loe langsung diterjunin, kalo anak sarjana kagak, mereka dituntut untuk ngembangin bidang ilmunya, siapa coba sekarang yang kekanak2an?

    Buat yang ngerasa anak2 S1 childish, pikir dulu sebelum ngomong bung, hidup memang tidak adil, anda tidak suka, ke laut aja, tapi tidak semua seperti itu, jadilah orang bijaksana….

    Salam

  29. Me_Me

    Yang jadi masalah tuh org Indonesia masih terpengaruh sama “BRAND”. kebanyakan org berfikir UI itu bagus. Lulusannya dapet kerja semua, dll.
    kalau menurut saya seharusnya kita kuliah bukan untuk MENDAPATKAN pekerjaan tapi MENCIPTAKAN lapangan pekerjaan.
    Saran saya sih kalo mau kerja mulai saja dari sekarang jangan tunggu sampai lulus kuliah. RUGI!!!

  30. Dennis

    salam kenal bagi kalian semua..
    setalah gw baca2 perdebatan kalian..
    gw ketawa sendiri..
    mnrt gw..
    kalian hanya berpendapat ria..
    kalian belum pernah kan kuliah di perguruan tinggi yg berkualitas yg masuk 10 besar??
    jadi kalian belum merasakan sendiri..
    dan parahnya kalian hanya beragumen ria..
    lihat dulu kenyataan baru berpendapat..
    daripada kalian salah ngomong di luar sana n di ketawain org…

    thanks

  31. arta

    PTN terbaik masih dipengang :
    1.UI
    2.ITB
    3.UGM
    4.UNIBRAW
    5.IPB

    Kenapa ku nyebutin 5 PTN negri ini terbaik,Soalnya lihat Kiprah PTN ini selalu ada di urutan atas berdasarkan survey PTN di indonesia:

    #Menurut survei paling populer dunia THE-QS World University Rankings 2008 oktober:
    UI
    UGM
    ITB
    UNAIR
    IPB
    UNIBRAW,(unibraw menggeser UNDIP , ITS tidak masuk survei THE-QS World University Rankings kali ini)
    UNDIP

    #3 Besar Universitas and Istitute Menurut Versi Webometrics 2009.
    tingkat PTN (universitas)
    UGM
    UI
    UNIBRAW
    tingkat PTN (institute)
    ITB
    IPB
    ITS

    #Pimnas 2007/2008
    UNIBRAW (menggeser UGM )
    UGM
    Universitas negri malang (bisa menggeser UNAIR,IPB and UI)

    #KRI 2008
    PEN_ITS,Perlu di inget ini politeknik
    UNIBRAW,PTN (menggeser ITS)
    ITS,PTN.

    #DARI hasil akreditas BAN-PT TERAKREDITASI A:
    UI
    UGM
    ITB
    IPB
    UNIBRAW
    ITS
    UNAIR

    Jadi berdasarkan Survey di atas dapat kita simpulkan 5 PT Terbaik 2009:
    1.UI (Universitas Indonesia)
    2.ITB (institute teknologi bandung)
    3.UGM (Universitas GajahMada)
    4.UNIBRAW (Universitas Brawijaya)
    5.IPB (institute Pertanian Bogor)

  32. Untuk mendapatkan pekerjaan layak, aku rasa faktor IPK yang bagus atau sekalipun lulusan dari salah satu 10 perguruan tinggi terbaik spt tersebut diatas tidak terlalu pengaruh banget. TERGANTUNG NASIB ORANGNYA JUGA. Yang penting jangan pernah putus asa untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Amiiin………….

  33. Gw setuju ma Adhitya, hanya orang GILA alias orang kerdil yg mbandingin poltek ama universitas, lucu. . Ibarat bumi ama langit, tentu poltek yg jd buminya n univ. jadi langit.

  34. tekbat

    ya…ya…ya… orang laen dah ke “bulan”, ente pada ribut kayak anak kecil rebutan es krim.

    Pikirin gimana jadi orang yg berguna bagi diri, keluarga dan masyarakat.

    Jangan OMDO doang!!!!!!!

  35. mahasiswa_ sekarat

    Hahahahahahahaha……. menurut mahasiswa yang goblok kayak aq yang paling bagus adalah PTN yang paling murah :D kayak kampus ku bro….. :D yang penting negri bro……. :D

  36. agit

    aku mau bilang nih,perusahaan tu klau nyari pegawai jangan liat nilai ip nya dulu.kan bisa saja kalau nilai tu beli.lihat dari kwalitas,semangat,cara kerja,kreatifitasnya………………………………..d;)

  37. agit

    aku mau bilang nih,perusahaan tu klau nyari pegawai jangan liat nilai ip nya dulu.kan bisa saja kalau nilai tu beli.lihat dari kwalitas,semangat,cara kerja,kreatifitasnya………………………………..d;) SMKN 3 TULUNGAGUNG. JATIM. OTMOTIF

  38. Masalah peringkat itu ga usah diperdebatkan, jadikan semua itu untuk dapat meningkatkan kualitas kita yg sdh jadi mahasiswa/alumninya. sehingga kita secara bersama-sama dapat meningkat dan maju. Jangan cuma sakit hati dan tidak terima saja dalam menanggapi hasil survey atau dan lainnya. Mari terus berjuang meningkatkan kualitas hidup kita, insya alloh berdampak bagus bagi kampus dan negara kita ini. Bravo next generation.

  39. uzi kajur

    ga usah belagu deh…,,,,,,

    anak politeknik tuh kalah ma anak smk tau…,,,,,

    bego tuh anak poltek!!

  40. ma onah

    wah….kalo mau saling men-judge mah jangan kayak gitu…langsung aja buktikan!!!

    jangan cuman bisa ngomong doang lah…,,,,,,,,
    hehe

    lagian unikom yang terbaik di indonesia!!!

    hidup unikom!

  41. paling bagus ya PENS ITS lah..hahaha

  42. maeami

    wah kenapa seh pada saling mengunggulkan almamaterna masing2??!!
    c0ba kalian pikirkan itu kan secara keseluruhan,,
    terbaik atau tidak itu bergantung pada masing2 individu yang mnjalaninya,,,
    percuma dy kul d univ yg diktakan nomor 1 kalo dy tdk bs menunjukkan ke “Nomor 1″ annya itu,,,

    tergantung oleh pribadi masing2…
    maw dia berasal dari UI, UNAIR, UNIBRAW atw swasta…maupun poltek
    bagaimana mereka menyikapi hidup n menjalaninya itu yg menentukan baik ketika dy dalam kehidupan kuliah atau setelah kul
    g sedikit kok sarjana dr lulusan univ yg dibangga2kan tp jadi pengangguran

    orang sukses tidak bs semata2 dilihat dari mana dia berasal atau bersekolah
    tp dilihat dari proses ketika dy bersekolah dan apa saja yang berhasil didapatnya ketika dy sekolah,,,
    terserah dy maw SMK, SMA ataw malah ga sekolah..
    atau PTN, PTS, POltek

    kepandaian itu bkn ssuatu yg patut dbanggakan..
    kara mnurutku Tuhan itu membagi sama rata kemmapuan intelegensi stiap individunya…
    perbedaanya hanya pd letak dmn dia dapat mengmbangkan potensi kepndaiannya tersebut,,,,

  43. nubuwi

    pembuatan rangking itu cuma propaganda pihak yg jelas kurang siap berkompetisi secara maksimal, sehingga butuh modal awal seperti rangking tersebut.
    gw pikir itu gak adil, soalnya ada universitas atau institut yg :
    1. udah berdiri lama (sehingga wajar lebih bagus)
    2. biaya kuliahnya lebih mahal (sehingga tentu dalam mengembangkan kampusnya lebih mudah dan cepat)
    3. alumninya yg tua-tua dan memiliki sentimen almamater super tinggi itu telah memiliki jabatan tinggi di suatu instansi atau perusahaan sehingga tentu adik-adik kelasnya dpt dgn mudah masuk perusahaan itu.
    jd kalo mau membuat peringkat yah harus dgn univ/institut yg berdiri pd thun yg berdekatan dan biaya kuliah sama-sama mahal, yah seperti ketika kita sekolah kan rangkingnya dibuat dalam 1 kelas dimana siswa dlm 1 kelas itu memperoleh perlakuan sama dr gurunya.

  44. daku

    Trims IPB, walaupun IPK 2,.. tetap terbaik.

  45. smart worker

    anak2… pada ngomong apa nih??
    belajar sana, besok ujian!!!!!

  46. PoLmaN-Bdg(NAk'zz)

    Cepiar xxxx%$!?&%$ Bgt….
    Kata siapa anak Politeknik cmn ngerti pake msein dan gk ngerti pemahaman tentang mesin itu sendiri…
    jangan salah bosss….di Polman kita gk belajar dari satu sisi tapi dari smua sisi…
    masa cmn ngerti pengoperasian alat dan gk ngerti to paham ilmu pengaplikasian mesin itu…
    buat apa disini ada GTM(gambar teknik mesin),sampe yang skrg ini pembuatan mesin itu sendiri oleh mahasiswa yang dibantu oleh dosen yang bersangkutan…..
    Boleh diadu ama 15 perguruan tinggi diatas bosss…!!!!Gk takut…!!!politeknik bukan berarti cmn bisa ngerti alat..!!!

  47. agung babe

    salam kenal, menurut gw tidak terlalu penting bagi lulusan2 dr mana aja, terkenal atau tidak ,masuk peringkat atau tidak,yg udah ksh coment itu dah ruar biasa krn dah memanfaatkan teknologi. yg penting sebenanya dr universitas/institut/poltek atau sekolah tinggi y hrs ber lomba2 utk menjadi y terbaik kenapa? krn proyek2 besar akan turun ke universitas y terbaik so! qt terus berusaha mencapai y terbaik utk keluarga,bangsa & agama.ingat berusaha,berdoa dan tawakal.sampai jumpa.tx

  48. Ki Joko Bodo

    hahahahha :P

    anak muda jaman sekarang cuma bisa berdebat, embah percaya sama kalian semua…

    sama anak Politeknik yang keren2 embah percaya
    sama anak Universitas juga embah percaya
    sama anak Institut juga embah percaya
    tapi embah gak percaya sama diri embah sendiri…
    Hidup Politeknik

  49. guplak

    lah pada ribut. lu semua pada bisa kuliah duwit dari mna? bokap? nahhhhhhh
    ini yg jadi ukurannnnn
    sumbernya duluuuu
    kalau dwit halalllllll insya allah buat biaya kuliah kalian pada bisa barokahhhhhhh (padai /goblog)
    bukan ukuran suksesnya orang nuntut ilmu
    tapi ilmu yg bisa bermanfaat bagi orang banyakkkk
    bukan ilmu yg bisa memanfaatkan orang banyak (ngakal-ngakalin)

  50. Anak politeknik

    woooyyyyyyyy kawan

    POLMAN atw politeknik lainnya jga harus masuk itungan!!!

    d polman kita gak belajar untuk menjadi operatoRR tapi Director

    kita jga bljr seluk beluk mesin itu sendiri. mengupgrade mesin.buat mesin.buatkontrolnya dan lain – lain.

    hidup politeknik!!!!!!!!!

    anak politeknik ama anak universitas?institiut
    diaduin donk biar tau yang bagus

  51. tetet

    Hehhee…. ngapain terbaik tapi gak bisa jadi duit. orang pinter kebanyakan dibodohi orang bodoh loh.

  52. fikri

    UPI mna coy?UPI kan top 10, hmmm…sy bangga sbg alumni UPI, hidup UPI

  53. BukanAnakPTN

    ALAH kayaknya pada berusaha mencari kesalahan-kesalahan untuk menyudutkan PTN “khususnya PTN favorit”
    gw aja anak PTS.tapi gw respect berat sama mahasiswa-mahasiswa UI,ITB.
    mereka pada umumnya emang sudah terbukti lebih unggul dari segi kualitas SDM.
    dan pada intinya gw gak keberatan sekali dari hasil survey ini !…
    gak dapat dipungkiri sama sekali bahwa bersaing untuk masuk PTN itu tidak mudah.

    dan gw akan mengikuti seleksi PTN lagi tahun depan !

  54. UB'98

    ga usah kakean cangkem, sing penting makaryo sing bermanfaat, sukur2 iso makarya’no uwong2…
    salam satu jiwa

  55. bakul krupuk

    ini pada ngemeng apa…,
    saya ga kul, ga ada biaya…awanya down juga lihat temen2 kul,
    tapi sekarang saya bisa kipas-kipas…,lihat itu temen2 yg dari lulus kul trus kerj di perusahaan, pagi brangkat – malam baru pulang, sabtu minggu ga ada off nya…, mau ngumpul2 sama keluarga waktunya ga ada…,

    masih mending saya..tiap hari bisa lihat anak istri, walaupun baru dikit..tapi dah punya karyawan sendiri…

    kalo kul trus kerja emang punya penghasilan tetap..maksudnya tetap segitu terus..

    kalo usaha sendiri..tetap berpenghasilan… kalo dihitung brapa jumlahnya ya..rata-rata 3 sd 4x anak kul s1 negeri IPK nyris 4 kayaknya….,

    suwun…

  56. bagas

    hai w bagas dri kedokteran unair,,,jgn menyombongkan stiap kampuzzz,,cz kita sndiri yang mnentkan nasib kita setiap kampuz sama bagusnya,jd jgan prnah merasa diatas,,,

  57. waduh,koq pada ngunggulin kampus nya masing2 ni.seharusnya kita ni mikirin masalah bangsa kita,nyelesainnya bersama-sama untuk cari solusinya,bukan banggain almamater kita masing2.kita tu jangan cuma berani di negara sendiri bersaingnya,coba dengan negara lain,kita tu jauh ketinggalan…renungkan tu smua wahai mahasiswa/i indonesia,kita harus bersatu,membangun negara kita.walaupun kita berbeda perguruan tinggi,tetapi kita tetap satu dalam membangun bangsa kita yang tercinta,yaitu indonesia…

  58. azis

    waah..
    smuanya kalem..
    Maap bknny sok nasehatin, soalny sy mah MaBa,
    kita smw kudu introspeksi ni..
    klau pmikiran kita msh kecampur ego sama idealisme..
    itu bisa mecah kita bro, mahasiswa indonesia!
    Itu almamater yg sbenernya, yg lupa ga kita banggain..
    HIDUP MAHASISWA INDONESIA!!!

  59. bean Taro

    mungkin Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah solusinya.

  60. gw

    ah…
    sok tau…
    polman tuh masuk 10 besar tau!
    polban jg!
    stt telkom jg!
    bosen kaleee itb,ui,ugm lagi…
    yu ah!

  61. Waduh knp bgtu bnyak argumen yg dilontarkan?
    apa kalian udh punya tanggung jawab smpe semua bs saling ber argumen?
    jgn cmn ber argumen yg tak bertanggung jawab….
    jgnlah berfokus pada salah satu hal saja yg bs membuat kalian semua terpecah….
    yg benar kita semua ORANG INDONESIA, itu yg jelas….
    apapun yg kalian hasilkan,kalian dapatkan,kalian ciptakan,kalian persembahkan,kalian usahakan semua hanya akan jadi omong kosong jika kita tdk berdiri di tanah tercinta kita INDONESIA….
    kita semua berasal dr ribuan suku,budaya,adat,dan pulau yg berbeda2 tetapi kita harus tetap satu berjiwa INDONESIA…
    disini kita bukan berlomba2 untuk jd yg paling pintar,paling istimewa,paling bisa, paling hebat!!!
    percuma kita pintar seujung langit jika kita tak berguna bagi bangsa………
    walaupun kita tdk pinta ataupun tdk kuliah tp kita punya semngat cinta INDONESIA,ITU JAUHHHHHHH lebih pntng bwt kita sebagai generasi INDONESIA yg baru….
    LOGO KITA ADALAH…
    CIPTAKAN INDONESIA BERSATU YG AMAN TENTRAM SEJAHTERA DAN DIHORMATI OLEH NEGARA LAIN!!!!
    CIPTKAKAN NEGARA YG KUAT,BERSIH,JUJUR,DAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS APAPUN ITU……..
    KARENA KITA ADALAH NEGARA YG HARUS SLALU DPT DIBANGGAKAN………
    SEMANGAT PARA GENERASI INDONESIAAAAAAAAAAAAA!!!!!!

  62. barudak polman

    yg pasti, dmn qt bljar.. pazti yang terbaik buat kita semua..
    bener g???

  63. lala

    Yang benar kalau bicara soal ranking itu,kalian waspada dengan politeknik kota malang…

    Poltekom,ada di urutan nomer 2 dunia bersaing dengan Harvard University….

  64. andi

    kalah semua sama politeknik negeri bandung (poltek ITB), ITB aja kalah jauh soalnya kalau praktikum di polban.hahahhahha

  65. cepiar

    aduh2 masa sich ITB kalah ma Polban??? Mas Andi bisa ditimpuk anak ITB loh, ati2 kalo mampir ke ITB ya…. :)

  66. Jgn terlalu bnyk comment, sebaiknya buktikan saja langsung dan implementasikan apa yg kalian dapat dari perguruan tinggi supaya bs bermanfaat bg bangsa dan negara. Jgn bsnya cuman comment/adu pendapat, krg pntg. Yg lbh pntg ilmu kalian bnr2 bermanfaat bg semua.

  67. mas Mas

    yang jelas fresh graduate ITB paling mahal harganya, paling kenceng karirnya.maklum, masuk dan lulusanya juga paling susah. Yang jadi bos2 juga banyak alumni ITB.Tapi semua kembali ke masing2 individu.ini pandangan umum aza.

  68. arisfadillah

    Menrut ku Kita Bisa Mengatakan Pengurua Tinggi Kita Yg Terbaik Asalkan Kita Bisa Buktikan. Yang Penting Tempat Penguruan Tinggi Yang Baek Bukan Jamin Kita Akan Sukses. kuliah ditmpt bagus tp mlz percuma jg. n Be Optimis Aja Perguruan Kita Masing. Yg Penting Hargai Pendapat Orang n Slu berpikir positif kedepan

  69. Hana

    Mending jg masuk poltek dl biar ngebangun skill dan teori. Nah kl udh dapet skill dan teori,tinggal ngembangin bagian teori nya di s1 dengan masuk universitas atau institut. bakalan lebih ok tuh lulusannya setuju ngga?hehe

    Pokonya Polman Bandung yg terbaik!

  70. jusuf

    wongbanten..saya stuju dgn pendapat anda,banyak sekarang kuliah d PTN,tp otaknya tdk ada,buktinya banyakn mhsiswa yag kuliah d swasta lebih pintar dari org yang kuliah d PTN…

  71. o.jaw (orang jawa)

    POLBAN IS THE BEST,, BERANI NGADU? HAYOH>>>>

  72. NDA

    Siiip. aq stuju.. POLBAN alias Politeknik Negeri Bandung is the best… Teu aya deui perguruan tinggi nu sae iwal POLBAN,,, Hidup POLBAN,,,

  73. yang penting kuliah seng bener,seng pinter,rajin,g usah gengsi,ipk bagus,banyak berdoa ama yang kuasa..sukses dunia akhirat,,itu aja kuncine..bny doa k yang kuasa…
    yang bukaknya jalan y Allah..
    sukses selalu teman2

  74. Iwan

    Memperhatikan banyak pendapat walaupun ada fakta disana, jadi ada pencerahan.
    terima kasih unutk semuanya.
    Mudah-mudahan kita semua diberikan kekuatan untuk saling berintrospeksi masing2 diri kita.

  75. ridho

    tempat kuliah dimana saja tuch sama saja,,entah di PTN maupun diPTS..tidak di 10 besar PTN favorit juga tidak masalah. yang penting bagaimana kita bisa mengatur dan bekerja dengan semangat tinggi,,belum tentu juga kuliah kita menang nama perguruan tinggi besar,tapi setelah lulus,,tidak bisa bekerja,,saingan setelah lulus kuliah berat coy..jangan anggap remeh lulusan PTS maupun PTS tidak masuk 10 besar..tetap semangat…

  76. nuii ajah

    kalo menurut saya Perguruan Tinggi terbaik UPI Bandung dong pastinyaa ..
    soal’y UPI salah satu perguruan tinggi negeri yang sudah banyak lulusannya memiliki kemampuan untuk menjadi orang yang berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain ..
    alumni UPI menjadi seorang pekerja keras dengan julukan “tanpa tanda jasa” .
    hehehe ..
    I Love UPI Bandung ..
    (PD bangetkan saya???)
    hihihihii ..

  77. aan

    Semua perguruan tinggi baik, kalo gw masih favorit sama Universitas Negeri Malang alias UM, alumninya banyak yang berkarakter dalam dunia kerja dan terjun di masyarakat tidak canggung. Banyak yang telah menjadi pemimpin dan pelopor dalam pembangunan masyrakat dan bangsa. I Love UM.., maju tertus dan jangan kecil hati, kami akan terus mengawal Mu ?!

  78. Aaaahhh… Sorry s’mua…
    anak politeknik terbaik di dunia….
    wabil khusus anak Polban…

  79. Hamba ALLAH,D3 Vokasi UGM

    Assalamu’alaikum…
    Hidup..Indonesia,,
    aq justru bangga pada kalian semua yg tlh mberikan komentar,
    kalian telah mngutarakan pndapat msing2 & brlatih beragumen dgn demokratis,,
    it jstru mbuktikan Semua prguruan tinggi di INDONESIA baik PTN,PTS,INSTITUT,POLTEK,SEKOLAH TINGGI ato pun yg lain nya smuanya brkualitas trgntung individunya saja,
    hal yg dpt dibanggakan adlh kesuksesan AKHIRAT & DUNIA,,(bukan hnya DUNIA saja),,
    mhsiswa ato org sukses tp jrang ibadah itu percuma saja,
    selalu beribadah tp tak da semangat utk sukses it jg kurang lengkap,,
    So Seimbangkanlah,,
    Sukses kgem kito sdoyo…Amin,,

  80. tjah jogja

    dari pada ribut mari sama2 benerin indonesia ne,,,,,

    jgn cm bsa ngmng dsini,,,,ayooooooo!!!!!!!!!!

  81. ZHI hui

    waduh…yg merasa pernah dan sedang kuliah di PT terbaik, tentunya bangga dong yah…tp jgn sombong, survey ini kan ada krn memang dilihat dr mutu lulusannya juga. maka jangan mempermalukan nama almamater.

    yang gak masuk jangan berkecil hati, harus lebih ditingkatkan lagi.

    yang gak kuliah, jangan menghina, memang bisa jd mandiri dan usahawan…tapi kalo semua pemikirannya kaya ente semua…wahhh gampang dibodohi dan dipropokasi sama bangsa lain dong !!!

  82. skrang tuh gk perlu ngbanggain PT ataw PTS taw yng lain..bkan brarti klu dia kuliah di tmpat yng trkenal,dia pintar dan bkalan diterima kerja dimna dia mau.TIDAK !! itu smua butuh proses yg rumit,dan tdak instan..jga skrng bnyak orang yg masuk PT taw PTS yng trkenal krna UANG ,(bsa dblang nyogok gtuu)..dan jga mgkin dya byar mahal biar bsa msuk kesana agar dia mnjadi bangga mnjadi slah satu mhasiswa dsana!!
    ttapi pada inti nya ,smua itu kmbali kpda orang nya sndri .bgaimana dia mlkukan itu smua ,bgaimna dia mnjalankan nya,bgaimana dia mnyusun strategi ,bgaimana dia mmpersiapkan diri nya mnghadapi Dunia nya. .
    smua kmbali kpda diri sndri..
    jadi ingat,,klian jngan brgantung kpda orng lain.klian gk slama nya bgitu.tapi,brusaha lah smaksimal mgkin.yakinlah,pasti Tuhan mnunjukkan yg trbaik bag umat nya..
    trima ksih buat para komen” nya..keren abis smua. .hahahah. .
    sukses slalu buat klian smua. .

  83. Saeful m

    Menurut saya kaliyan smuwa be your self aja lh . . . Kaliyan yang tau diri kaliyan sendiri. Semuanya akan lebih bagus bila kita be’introspeksi . Jangan saling memojokan . . . . ‘n bagi yg bkan pt unggulan jgn berkecil hati . . . Ga da yg smpurna kecuwali yg kuwasa

    By: the way

  84. Besth

    semua orang tanpa terkecuali, jangan pernah menyombongkan apa yang kalian raih karena semua itu adalah pemberian TUHAN, jangan pernah menyesali akan apa yang terjadi karena semua itu telah diatur oleh TUHAN, jangan pernah beranggapan bahwa segala hal yang salah didalam kehidupan ini terjadi karena semua itu adalah hal yang perlu kita luruskan dan dapat menjadikan kita sebagai manusia yang dikehendaki oleh TUHAN.
    tak ada yang sia-sia,semua untuk kebaikan kita bersama.
    dunia ini hanya sementara dan itu yang menjadikan kita sebagai pribadi yang matang.
    SELAMA HIDUPMU,PERBUATLAH YANG TERBAIK..

  85. dina

    setuju sama the way… ga jarang melihat temen2 alumni ptn unggulan (bandung) yang ketika membuat konsep, mereka jagonya. tapi ketika dalam prakteknya….ampun dehh…
    bahkan manager HRD salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia sempet ngomong, males terima mereka karena attitudenya yg ga banget….
    au ah gelap…

  86. binsar

    kalau kami dr universitas sumatera utara…..secara akademisi mungkin tdk masuk 5 besar atau 10 besar tapi kehadiran para alumninya pasti sangat anda rasakan dilingkungan anda .. mereka dikenal dgn pekerja keras dan bermental baja…

  87. perguruan tinggi terbaik tetap empat besar ini..yaitu UGM,UI,ITB,IPB…karena ke empat PT ini adalah Perguruan Tinggi Perintis..dan hasil risetnya banyak menyumbang kemajuan negara,,,jadi jika ada yg bilang UNIBRAW menggeser IPB itu salah itu hanya akal-akalan mereka saja,,,,kenyataannya bisa dibuktikan,,ketika lomba Teknologi Pangan di Chicago USA Mei 2010 kemarin juara 1 dan juara 2 diraih oleh IPB,kemudian Unibraw menyusul dijuara 3,,jadi jangan maksain dech Unibraw berada di atas IPB…!!

  88. kalau bagi sya sekolah mana pun juga bagus yang penting adanya kemauan belajar

  89. yang penting mengahasilkan mahasiswa yang berkualitas dan bisa membangun negara menjadi labih baik dan maju sangat pesat

  90. tri ripianto

    semua juga yang terbaik, tergantung nmau liat dari man. setiap tempat pendidikan mempunyai kelebihan masing2, kalo mau di uji antar mahsiswa politeknik, universitas dan institut harus menggunakan standar yang sam, jangan hanya satu sissi saja, setelah itu baru koita tahu man yang lebih unggul.

  91. Lc

    hemm.. sudahlah,semuanya ada karena alasan yaitu tujuan.
    politeknik vs univ: politeknik dcptkan utk mendidik mahasiswa lulus siap kerja sesuai bidang. univ dciptkn utk mendidik mhsswa tdk hanya skill yg tingi,tp jg bgmana cr mengembngkan ilmu yg ada.
    utk IPK,smuanya tergantg orangnya kredibilitasnya. alangkah lbh baikny IPK tinggi disertai tanggung jawab atas ilmu yg diperoleh.
    PTN ats dilirik dunia kerja, orangpun akn plh yg pasti2 sja

  92. kiki

    eh , difikir kampusku yang paling bagus (itb) ternyata masih kalah sama universitas yaaa , hehehe :D

    • lulusan itb

      hahaha..sama..kirain itb paling bagus..ternyata belom ya??.. apa daya udah terlanjur kuliah 4tahun..udah bikin paper nasional..dan udah kerja enak..dan semua pake nama itb, ternyata itb bukan yang paling baik..sayang..

  93. Indira

    Sudahlah kawan…

    Apapun PTnya, yang penting bisa dapet kerjaan yang layak dan halal untuk memenuhi kebutuhan hidup keluargamu.

    Gak perlu kuliahpun, kalo bisa langsung kerja kan gak papa.
    Biasanya yang jadi kendala cuma GENGSI GAK KULIAH.

    Tujuan utama kita kan kerja. Dan semua orang pasti pengen dapet kerjaan yang bagus. Tapi kerjaan yang bagus gak harus keluaran PT yang bagus juga kok. Asalkan kita mau berusaha buat memenuhi syarat kerja disitu.

    Dan ingat niat juga men. Kalo niatnya bagus, insyaAllah didukung.

  94. RM!

    Daritadi gw baca isinya kalo ga brklahi mngenai tmpat kuliah masing2 ato ga ngelerai yg td brklahi..

    Daripada kalian saling ngejatuhin tmpat kuliah (gw bilangnya ni aja daripada ada yang protes lah) masing2 yang ada di Indonesia napa kalian ga mikir pengen brbuat apa di tmpat kuliah kalian?
    Kalian malu ga? Jadi mahasiswa krjaanya cuma maki2 tmpat kuliah orang lain tapi sndirinya ga punya karya nyata buat ngemajuin Indonesia..

    Kalian berdebat tapi isinya kosong smua.. Kalo kalian bner2 orang yang hebat, kalian ga bakalan ngejatuhin yang lain, tapi ngebangun orang lain buat ngemajuin Indonesia..

    Mikir ga sampe sana?

  95. rund

    halah,
    masalah kampus aja diributin,
    kuliah di kampus2 yg tertera namanya di atas ga jaminan bisa jadi orang hebat,
    mau kuliah dimana jg kalo karakternya buruk mpe kapanpun juga ga akan bisa jadi orang,
    kalian berada di link ini aja uda ketauan klo kalian itu org yg egois,mau menang sendri,merasa paling benar,
    ngapaaaaaain coba?????
    mending tuh urusin negara tetangga yang mulai menginjak2 bangsa kita!!!

  96. raven

    Peringkat pt tuh hanya omong kosong…yg pnting output yg dihasilkan…..brkualitas apa tidak…ptn jga smakin komersil..tdak lg pro rakyat…jatah snmptn trus dkurangi….hanya mengandalkan nama besar semakin elitis…hmpr smua yg kuliah di ptn trnama orang yg brduit..negeri apanya kalo ga pro rakyat..lbh baik hapus saja embel2 “negeri”…….hahaha..peace..

    • anak kaya..

      iya tuh…kan jadi keenakan anak yang kayak saya, udah lewat jaur itb yang mahal.. kuliah di itb juga dapet ip lumayan… abis wisuda langsung kerja..sekarang malah udah pindah ke tempat yang lebih enak lagi…kan saya jadi disirikin ma banyak orang :D…

      Peace…kadang rezeki g kemana..orang kaya juga karena usah :D

  97. febri

    bagus sih emang membanggakan almamater sendiri, tapi yaa, jangan menjatohkan yang lain dong.
    kalo kalian disini menjatohkan yang lain, menurut saya itu malah terlihat seperti membodohi diri sendiri. orang yang membaca akan berfikir bahwa kalianlah yang masih berfikir kekanak kanakan.

    menurut saya, semua perguruan tinggi itu bagus, kalo masalah urutan terbaik, pasti setiap versi mempunyai pendapat yang BERBEDA. intinya mah, dimana pun kalian kuliah atau menuntut ilmu, yang menentukan paling bagus atau tidaknya, ya kalian sendiri. percuma kalo kalian membanggakan almamater tapi dari diri kalian sendiri masih belum bisa melakukan yang terbaik.

    oh iya, temen temen semuanya, jangan saling menjatohkan, apalagi bawa2 almamaternya masing2, meskipun ada versi yang mengatakan perguruan tinggi kalian BAGUS. saya akui, memang perguruan tinggi yang disebutkan semua di atas bagus bagus, tapi saya masih menyayangkan mahasiswa2 nya yang berkomentar di atas yang belum berfikir secara dewasa.

    mending saling mendukung daripada saling menjatohkan, ya ga? itu akan menambah nilai positif di mata orang (apalagi kalian bawa2 almamater kalian)

    OKEE ! SEBAGAI PELAJAR MARI KITA BEKERJASAMA UNTUK MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA ! JANGAN MEMBEDA2KAN ALMAMATER, KITA SAMA SAMA BELAJAR!! HANYA BERBEDA LOKASI BELAJAR SAJA, MUTU ATAUPUN KUALITAS, ITU TERGANTUNG DARI PRIBADI MASING MASING

  98. winerry

    bkn jaminan kita kuliah di PTN terbaik atau PTS terbaik bakal jadi org sukses/berinteligensi tinggi..semua kembali pda diri individu masing2..
    bsa mengolah EQ dan IQ dan selebihnya ESQ sbgaimana kita mjd pewaris peradaban..

    cayoo.. mahasiswa anti kemapanan…

  99. o… yang di survey kalangan kerja/bisnis..
    jadi yang dibutuhkan dalam dunia kerja itu..
    klo yang survey perguruan tinggi terbaik yang menghasilkan entrepreneur ada gak ya? :)

  100. kalian bleh bangga dengan prstasi prgruan tggi kalian….tapi tad yg menglahkan slah stu prstsi di perguruan,,,,yaitu byarannya yg mhal skali,,,,ums(universitas mahal sekali)

  101. siip

    mending kuliah ke luar negeri, malez liat sombongnya orang Indonesia….

  102. kalian pada ribut sendiri,,,,,,

  103. yg penting tu:
    3D, (duit, dekeng, doa,,,,,,,)
    ha,,,,,,,,,,,,,betul ga,,,
    pinter,,ga da duit mn bisa kuliah di ptn yg terkenal, sekarang jangan munafik perguruan2 tinggi di indonesia bayarannya selangit,,,,
    ya untung klo dapt beasiswa,,,tp jarang, klo ga da dekengan,,,,paleng cuma doa,,jalan terakhir,,,,

  104. krisna

    silahkan anda berlomba2 mencapai IPK terbaik buat cari kerjaan. kalau saya ngga usah repot2. kuliah yang penting itu niat belajarnya, bukan favorit2 nya.
    anda berlomba2 cari kerjaan?? saya berlomba2 bikin pekerjaan buat kalian lhoo!!! hahahahahahahahaha.

  105. dwiy

    Hmmm….apa bener analisa di atas….
    Bukannya sirik ato apa…cuma lihat sekeliling kita…
    Secara akademis..ga ada yang salah dengan mereka…tapi…banyak fakta kok…mereka kalah dari temen2 yang cuma lulus sma atau smk…

    Mungkin….mungkin lho….
    Motivasi kita yang salah…..kita belajar di skolah atau di kampus..untuk bekerja….untuk bekerja….

    Apakah bukan lebih baik jika..jika lho….Belajar di sekolah atau di Kampus..itu untuk membuat pekerjaan ( produknya bisa barang atau jasa…)

  106. PTN atw PTS terkenal bukanlah menjamin masa depan kita untuk bekerja,skrng yg diperlukan skill dan ketrampilan kita,banyak mahasiswa PT Terkenal bekerja sbagai tukang ojek,becak karna dia gak punya ketrampilan,jadi jangan terlalu banggalah klu kita kliah PT Terkenal

  107. Masak UI no.1,
    Seharusnya ITB dong.
    Masak UNIBRAW gk msuk, UNIBRAW kan lebih berkualitas dari pada UNPAD, UNAIR..

  108. Muhammed

    Why are students in Indonesia in noisy for trivial things, how will progress if students own mocking each other, I was wrong to choose to study in Indonesia

  109. skary

    skolah dimanapun trgantung diri kita ny sendiri, mw stinggi apapun, klo diri kita ny tidak ada niat untuk maju dan sukses dan hanya gengsi2an, smua.a akan sia2

    trims

  110. Elang

    geje smw!
    g ush pd sombong!
    kampus Indonesia msh d kalahkn sm kampus luar negeri!
    mkx g ush arogansi kampus!
    d atas langit msh ada langit tau…..!!!!!!

  111. halo agan2, saya Lulusan SMA 2011 SMA di klaten
    sewaktu dapet briefing dari PTN, dari diplomasi n penyampaiannya uda bisa ditebak, mana PT yang berkwalitas and yang tidak.
    menurut saya memang ui, itb, ugm patut diunggulkan,,

    kalo mslh kerja, emang rejeki tuh uda ada yang ngatur,, mungkin ada lulusan UI, ITB, UGM yg malah kalah saingan sama PTS..

    kalo menurutku kita hidup di indonesia gan, dimana pendidikan masih ada yang mengalahkan, yaitu koneksi dan relasi..

    mending cari sekolah yang temen2nya anak2 pengusaha kaya,sekaligus mencari koneksi sebanyak-banyaknya..

  112. Rix

    Melihat dari karakter-karakter yang Anda sebut diatas, itu merupakan poin-poin yang umum. Dan bisa dilihat, mengenai daftar nama-nama universitas di Indonesia yang Anda tulis itu hanya sebagai opini untuk menulis tambahan artikel yang ingin Anda papangkan.

    Spekulasi yang Anda suguhkan bisa sangat mudah di bantah, mengapa demikian? melihat semua yang ada sebutkan adalah opini umum mengenai “Universitas Terbaik”, itu mengacu bahwa “Mahasiswa didalamnya baik”, kemudian kita bisa berspekulasi bahwa “seluruh mahasiswa yang kuliah di PTN itu memiliki poin-poin yang Anda sebutkan”. Realita itu “nol”. You just want to publish what you want. BAnya mahasiswa-mahasiswa yang memang matang dalam edukasinya, namun moral itu kosong, saudara.

    YAng terbaik sekarang adalah, kembali dari diri Anda, apakah Anda memang sudah menjadi mahasisiwa yang tertera pada karakter diatas atau Anda hanya ingin memperlihatkan ego Anda.

    Terima Kasih (RiX)

  113. andi

    semoga teman2 bukan hanya menyebutkan teori2 saja,tapi bukti bahwa teman2 memang berguna bagi masyarakat,

    terserah mau sekolahnya dimana,tetap akhlak yang baik paling utama….
    tetap cinta INDONESIA

  114. Awan-P47

    Haduh…
    Masalah gini aja kok repot…
    Sebenrnya yang dimaksud “terbaik” itu dlihat dari apanya sih…???
    Yaaa…
    Pokoknya semuanya terbaiklah….
    Tergantung masing2 terbaiknya…
    Soalnya dari sekian bnyak yang akan diserap kerja…
    “Terbaik” di sisi yg diperlukan perusahaanlah yg akan diterima kerja dan dengan gaji yg ditawarkn perusahaan…
    Gak masuk akal orang punya skill “terbaik” di bidang bertani tapi akan memiliki skill “Terbaik” saat kerja dalam bidang Pemrograman…
    Jadi…
    Gak usah ribut2 mana yg terbaik…Yg terbaik itu yg bisa menempatkan sisi terbaiknya pada tempatnya…

  115. hari kris giantoro

    kami juga anak politek CWE tapi kami boleh di adu DALAM BIDANG PERKEBUNAN KELAPA SAWIT sama fakultas yang lain” lulusan kami jga di serap 100% kerja “kampus lmi bertempat di bekasi””’

  116. tahir

    hahahahha,, dari 142 komentar gak ada satu pun anak ITS.. lagi pada sibuk pengkaderan mungkin yaaah..

  117. Ping-balik: Ciptakan Lapangan Kerja Bni Terbaik Se Asia Tenggara | Informasi Pemerintahan dan Pendidikan

  118. AGUS MUHAMAD ZAMIL

    ha… 10 univ diatas psti klh skill kalo dbndingkan dg politeknik, karena d politeknik itu menghslkn lu2san yg siap kerja hidup POLITEKNIK NEGERI BANDUNG (POLBAN)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s